40 tahun Cinta Pertama

Slamet Rahardjo dan Christine Hakim dalam film Cinta Pertama
Slamet Rahardjo dan Christine Hakim dalam film Cinta Pertama
© Filmindonesia.or.id

Tahun ini film kedua Teguh Karya, Cinta Pertama (1973), genap 40 tahun. Film yang melahirkan pasangan romantis Slamet Rahardjo dan Christine Hakim itu bisa dibilang pemicu tren dan popularitas drama percintaan remaja yang tumbuh subur sampai era Ada Apa dengan Cinta? (Rudi Soedjarwo, 2001) dan sekarang.

Inilah penampilan pertama Christine Hakim, yang aslinya bernama Herlina Natalia Christine. Perempuan yang sehari-hari masih berseragam SMA tersebut ditemukan di kawasan Bendungan Hilir, Jakpus, oleh Teguh Karya yang memiliki sanggar Teater Populer tak seberapa jauh dari sana.

Produser sebetulnya menolak Christine yang berbadan ceking dengan dada rata ala Twiggy (model terkenal yang menjadi ikon budaya Inggris 1960-an karena tubuhnya yang kurus), tapi akhirnya menyerah pada kehendak sang sutradara. Christine kemudian membayar lunas kepercayaan Teguh dengan meraih Piala Citra Aktris Utama Terbaik FFI 1974. Di tahun yang sama ia juga menjadi Runner Up Pemilihan Best Actor & Best Actress versi PWI Jaya. Setelah itu sepanjang kariernya ia memenangi lima Piala Citra lagi, yang sampai sekarang belum tersaingi oleh aktris lain.

Selain untuk Christine, film yang mendapat sembilan nominasi FFI 1974 itu juga mendapat tiga Piala Citra lain (sutradara, tara kamera, tata musik). Film itu sendiri mendapat predikat Film Terbaik dengan Penghargaan, berdampingan dengan Si Mamad (Sjuman Djaya) sebagai Film Terbaik dengan Pujian yang mendapat Piala Citra.

BACA JUGA

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.