Anonymous Login Facebook demi privasi pengguna

Login anonim menggunakan Facebook ke aplikasi lain
Login anonim menggunakan Facebook ke aplikasi lain
© Facebook

Facebook baru saja meluncurkan fitur “Anonymous Login” atau login secara anonim. Tapi jangan salah sangka, ini tidak berarti pengguna Facebook bisa login ke Facebook secara anonim, melainkan login ke aplikasi buatan pihak ketiga. Fitur ini baru aktif secara terbatas, dan akan berlaku secara global dalam beberapa bulan ke depan.

Misalnya Anda ingin menggunakan aplikasi yang meminta login dengan akun Facebook. Dengan fitur baru ini, data pengguna Facebook tak akan bisa dibaca oleh aplikasi tersebut. Pengguna bisa tetap anonim, sampai ia merasa nyaman "menyerahkan" datanya kepada aplikasi tersebut.

Facebook juga memutakhirkan sistem Facebook Login, yang biasa digunakan saat mengunjungi situs tertentu. Jika belum punya akun, pengunjung diharuskan mendaftar untuk berinteraksi. Mengisi form pendaftaran bisa sangat menjengkelkan, sehingga menggunakan akun media/jejaring sosial jadi pilihan.

Sistem Facebook Login yang baru, akan memberi pilihan data mana saja yang boleh diakses. Pengguna Facebook bisa memilih, apakah data tanggal lahir atau email boleh dibagikan, atau tidak. Facebook juga mengharuskan aplikasi meminta ijin pengguna sebelum membagikan konten ke akun mereka.

Pilihan social login ke situs menggunakan akun Facebook
Pilihan social login ke situs menggunakan akun Facebook
© Facebook

BACA JUGA

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.