Jenderal Soedirman juga dikenang di Jepang

Upacara peletakan karangan bunga di patung Jenderal Soedirman Kementrian Pertahanan Tokyo
Upacara peletakan karangan bunga di patung Jenderal Soedirman Kementrian Pertahanan Tokyo
© KBRI Tokyo, Jepang /kbritokyo.jp

Raden Soedirman (24 Januari 1916 - 29 Januari 1950), dikenal dengan panggilan Jenderal Soedirman, merupakan panglima besar pertama Tentara Nasional Indonesia yang dihormati dan namanya dikenang sampai saat ini di Indonesia.

Soedirman pernah memimpin salah satu pertempuran yang dikenal dengan nama pertempuran Ambarawa, dan berhasil mengusir musuh dari kota kecil di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah tersebut. Karena kemenangannya, Jenderal Soedirman diangkat menjadi panglima besar.

Pada awal perjalanannya melawan penjajahan, Jenderal Soedirman bergabung bersama PETA (Pembela Tanah Air) yang disponsori Jepang. Dia merupakan figur penting dalam sejarah Indonesia-Jepang. Bahkan masyarakat Jepang ternyata juga menghormati Soedirman.

Buktinya, patung yang terbuat dari perunggu setinggi sekitar empat meter berdiri di halaman Kementerian Pertahanan Tokyo, Jepang. Patung itu merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang dipajang di Jepang.

Dilansir VIVAnews, Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Jakarta menyatakan, peresmian patung perunggu PETA (Patung Jenderal Sudirman) dilakukan di Kementerian Pertahanan Jepang di Tokyo, pada Jumat, 14 Januari 2011. Patung ini merupakan hadiah dari Kementerian Pertahanan RI kepada Kementerian Pertahanan Jepang.

Kelompok Masyarakat Jepang Pencinta Indonesia, melakukan upacara peletakan karangan bunga di depan patung tersebut saat memperingati Kemerdekaan ke-70 RI, Senin 17 Agustus 2015.

Upacara Pembukaan Selubung Patung Perunggu PETA (Patung Jenderal Sudirman), di Kementerian Pertahanan Jepang (14/1/2011)
Upacara Pembukaan Selubung Patung Perunggu PETA (Patung Jenderal Sudirman), di Kementerian Pertahanan Jepang (14/1/2011)
© Kedutaan Besar Jepang di Indonesia

Pada tanggal 10 Desember 1964, Jenderal Soedirman ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Namanya diabadikan menjadi nama sejumlah jalan, universitas, museum, dan monumen. Bahkan wajahnya juga sempat menghiasi uang kertas rupiah keluaran 1968.

Sayangnya, sosok kepahlawanan Jenderal Soedirman dinilai mulai tak dikenal di kalangan generasi muda. Berangkat dari itu, sutradara Viva Westi melakukan riset mendalam mengenai Jenderal Soedirman dan memfilmkan sang tokoh.

Film yang berjudul Jenderal Soedirman mengisahkan gerilya Jenderal Soedirman dari Yogyakarta menuju Kediri dalam keadaan sakit dengan hanya satu paru-paru yang tersisa. Film yang akan tayang di bioskop di seluruh Indonesia pada 27 Agustus 2015 ini, dibuat agar masyarakat dapat terinspirasi dan beajar dari sosok Jenderal Soedirman yang sederhana, jujur, penuh integritas, dan sangat mencintai tumpah darah Indonesia.

Catatan redaksi: Beritagar.id adalah mitra media film Jenderal Soedirman

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.