14 lagu baru Madonna kembali bocor di internet

Madonna jadi sasaran empuk pembajak
Madonna jadi sasaran empuk pembajak | Jamie McCarthy/laineygossip.com

Madonna (56) kembali kecolongan untuk ketiga kalinya dalam sebulan terakhir. Pada awal bulan ini dua lagu dari materi album baru Rebel Heart yang akan rilis 10 Maret 2015 bocor di internet, lalu 13 lagu lainnya awal pekan lalu yang oleh Madonna disebut sebagai “Demo yang belum rampung.” Kini, 14 lagu lain ikut menyusul tersebar di dunia maya.

Dilaporkan Billboard, Kamis (25/12/2014), salah satu lagu yang bocor tersebut berjudul Back That Up (Do It) yang merupakan hasil kolaborasi sang diva dengan Pharrell Williams. Antisipasi sebenarnya telah dilakukan untuk meredam aksi bocornya lagu-lagu tersebut.

Selain himbauan langsung oleh sang manajer Guy Oseary, Madonna lewat postingan di Instagram juga mengingatkan para penggemarnya yang benar-benar loyal untuk bersabar dan jangan sampai tergoda untuk mendengarkan lagu yang telah bocor tersebut.

“Akan lebih baik jika fans saya mendengarkan versi lengkap dari beberapa lagu itu, bukannya yang versi tidak lengkap seperti yang beredar sekarang,” ujarnya dilansir dalam Digital Spy.

Jelang Natal kemarin, enam lagu bahkan telah dirilis resmi oleh Madonna di iTunes. Tak jelas apakah itu merupakan kado Natal buat para penggemarnya atau sebagai langkah antisipasi terhadap lagu-lagunya yang kadung bocor duluan di dunia maya.

Perihal fenomena pembajakan atau pencurian terhadap lagu-lagunya, Madonna sadar betul bahwa itu merupakan risiko dari berkembangnya internet yang menurutnya bagai pedang bermata dua. “Ini gila. Lihatlah apa yang terjadi pada Sony Pictures. Seperti inilah dunia kita hidup sekarang. Internet bisa membantu sekaligus juga menyakiti.”

Apakah ulah pencuri ini membuat pencapaian Madonna di tangga lagu melempem? Nyatanya tidak. Tiga lagunya; Bitch I'm Madonna, Living for Love, dan Unapologetic Bitch langsung masuk dalam Billboard Hot Dance/Electronic Songs Chart karena mencetak angka penjualan yang menggembirakan dalam debut penjualannya.

Menurut Nielsen SoundScan, versi unduh legal lagu Bitch I'm Madonna yang berisi kolaborasinya dengan Nicki Minaj terjual sebanyak 12.000 salinan, disusul Living for Love (10.000), dan Unapologetic Bitch (7.000).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR