Don Hasman, ahlinya foto jurnalistik investigasi

Don Hasman (tengah)
Don Hasman (tengah) | FotografiIndonesia.net

Don Hasman (73), adalah satu dari sedikit fotografer yang menekuni etno fotografi di Indonesia secara konsisten. Dia pula yang membawa proses investigasi ke dalam foto. 62 tahun ia berkecimpung di dunia ini, tak salah jika ia menjadi penerima penghargaan Anugerah Fotografi Indonesia (AFI) 2013 untuk kategori Dokumenter & Jurnalistik.

Ia mulai memotret sejak tahun 1980-an, saat foto antropologis mengenai daerah di pelosok Indonesia sedang populer. Dalam berkarya, pria lulusan Akademi Hubungan Internasional, Jakarta (1971) ini berkunjung ke berbagai daerah, dan selalu menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berinteraksi dengan masyarakat di daerah tersebut. Kisahnya juga bisa dilihat di sini.

Sayangnya, seperti banyak fotografer lain sezaman, Don Hasman tidak banyak mengeluarkan buku. Sepanjang karir, baru pada 2013 ia menerbitkan buku fotografi, berjudul “Urang Kanekes (Baduy People)”. Foto-foto keseharian orang Kanekes atau suku Baduy, ia tangkap dengan pendekatan etnografi, salah satu pendekatan antropologi yang mengkaji budaya lewat fotografi.

Menurut Erik Prasetya, seorang fotografer dokumenter dan pengajar di Institut Kesenian Jakarta (IKJ), foto-foto Don Hasman tidak sekadar potret, tetapi menunjukkan kedalaman tertentu atas sebuah konsep dan gagasan. Harlim Lim, fotografer dan pengajar fotografi, menggambarkan sosok Don Hasman sebagai seorang murah hati, tak sungkan berbagi pengalaman dan pengetahuannya tentang fotografi kepada siapa pun.

BACA JUGA