LIGA 1 INDONESIA

5 catatan dari pekan perdana Liga 1

Penyerang PSM Makassar M. Rahmat (kiri) menyumbang satu gol untuk kemenangan 3-0 atas Persela Lamongan dalam laga pertama Go-Jek Traveloka Liga 1 di Stadion Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (16/4/2017).
Penyerang PSM Makassar M. Rahmat (kiri) menyumbang satu gol untuk kemenangan 3-0 atas Persela Lamongan dalam laga pertama Go-Jek Traveloka Liga 1 di Stadion Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (16/4/2017). | Sahrul Manda Tikupadang /Antara Foto

Sejatinya agak sulit untuk memetakan pekan perdana Go-Jek Traveloka Liga 1 lantaran nyaris tidak ada jeda dari minggu ke minggu. Pertandingan berlangsung hampir satu pekan penuh.

Bahkan saat tulisan ini disusun, Senin (17/4/2017), PS TNI sedang bersiap menjamu Borneo FC di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Namun mari kita anggap bahwa lima laga awal pada Sabtu-Minggu (15-16/4) adalah pekan pertama.

Apalagi sejumlah kejadian menarik bisa dicatat dari lima laga tersebut. Berikut intisarinya.

PSM memimpin klasemen

PSM Makassar untuk sementara berhasil memimpin klasemen berkat kemenangan 3-1 atas Persela Lamongan. Seluruh PSM dalam pertandingan di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, itu dicetak pada babak pertama.

Penyerang asal Australia, Reinaldo Do Santos Silva, mencetak gol pertama pada menit pertama. Bahkan Reinaldo menjadi pemain pertama pada Liga 1 yang mencetak gol tercepat, detik ke-50 setelah kick-off.

Menit ke-22; PSM menggandakan keunggulan berkat gol pengatur serangan asal Belanda, Willem Pluim. Sementara gol dicetak gelandang sayap M. Rahmat ketika laga tersisa tiga menit.

Gol Rahmat tak lepas dari umpan matang Reinaldo. Alhasil, Reinaldo menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak satu gol dan satu assist dalam satu pertandingan Liga 1.

Persela kemudian berhasil mencetak gol hiburan melalui Ivan Carlos pada menit 89. Pelatih Persela, Herry Kiswanto, mengakui keunggulan PSM dan akan melakukan sejumlah perbaikan.

"Kita harus bangkit dari kekalahan malam ini," katanya dikutip Detiksport.

Banjir kartu

Namun kemenangan PSM diwarnai kartu merah yang semestinya tak perlu. Pemain depan Ferdinand Sinaga harus rela diusir wasit setelah memukul kepala Carlos pada menit 84.

Kartu merah untuk Ferdinand patut disayangkan. Pertama, PSM dalam kondisi unggul tiga gol. Kedua, pemain 29 tahun ini masuk kategori senior dan berstatus pemain tim nasional.

Ferdinand pun terancam absen dalam dua pertandingan dan bahkan berpeluang mendapat hukuman tambahan bila komisi disiplin PSSI memproses tindakan tak terpujinya itu. Sejauh ini pelatih PSM Robert Rene Alberts enggan berkomentar dan berkilah tidak melihat insiden termaksud.

Namun bukan hanya Ferdinand yang menuai kartu merah pada laga ini. Persela lebih dulu kehilangan pemain ketika Aang Suparman menuai kartu kuning kedua pada menit 61 lantaran menjegal pemain PSM, Asnawi.

Secara keseluruhan dalam lima laga awal, hadir 28 kartu kuning. Pada laga Persib Bandung vs. Arema FC yang berakhir tanpa gol, Sabtu, dua pemain muda U-23 menerima kartu kuning. Keduanya adalah pemain Arema; Hanif Sjahbandi dan M. Nasir.

Aksi penyerang Madura United Peter Odemwingie (kanan) saat menghadapi Bali United di Stadion Gelora Pamelingan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (16/4/2017).
Aksi penyerang Madura United Peter Odemwingie (kanan) saat menghadapi Bali United di Stadion Gelora Pamelingan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (16/4/2017). | Saiful Bahri /Antara Foto

Odemwingie ungguli pemain marquee lain

Pada Minggu, Madura United mengoptimalkan laga kandang untuk meraih tiga poin dengan mengalahkan Bali United 2-0. Dua gol dicetak Bayu Gatra pada babak pertama dan Peter Odemwingie melalui tendangan penalti.

Alhasil Odemwingie menjadi pemain marquee pertama yang berhasil mencetak gol di Liga 1. "Aku senang bisa mencetak gol di laga perdana. Saya berharap akan banyak lagi pertandingan yang seperti ini (Madura United menang)," ujar pemain asal Nigeria itu dalam Goal Indonesia.

Tak pelak Odemwingie bersinar lebih terang dibanding pemain marquee lain. Di Persib, duo marquee Michael Essien dan Carlton Cole belum mampu berbuat lebih banyak.

Essien hanya bermain selama 70 menit dan Cole dimainkan sebagai cadangan. Dikabarkan Bola.net, pelatih Djajang Nurjaman mengatakan dua pemain impornya itu belum cukup stamina untuk bermain penuh dan maksimal.

Sebenarnya Pluim dari PSM bisa juga disebut sebagai pemain marquee yang mencetak gol pada laga perdananya di Liga 1. Namun pemain ini pada awalnya tidak berstatus marquee karena direkrut sejak sebelum Indonesia Soccer Championship digelar setahun silam.

Namun lantaran pernah bermain di kompetisi Eredivisie Belanda pada kurun 2008-2013; pemain yang pernah memperkuat Vitesse Arnhem, Roda JC, Zwolle, dan Willem II Tilburg ini naik status menjadi marquee player.

Persija menang di kandang lawan

Dari lima laga yang telah digelar, empat tim berhasil memetik poin sempurna. PSM berada di urutan teratas diikuti Madura United, Persija Jakarta, dan Barito Putera. Posisi mereka hanya dibedakan oleh selisih mencetak gol dan kemasukan.

Namun kemenangan 2-0 Persija lebih istimewa karena dipetik di kandang lawan, Persiba Balikpapan. Sebagai informasi, Persiba memainkan laga kandang di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur, lantaran Stadion Batakan --menurut Super Skor-- masih menjalani pembangunan.

Pelatih Persiba, Timo Scheunemann, dilansir CNN Indonesia, mengatakan Persija lebih baik dari timnya. Apalagi para pemainnya gagal menjalankan rencana taktik dan bermain di bawah standarnya.

Belum ada pergantian lima pemain

Meski Liga 1 mengizinkan pergantian lima pemain dalam satu pertandingan, namun belum ada satu pun tim yang memaksimalkan kuota pergantian itu. Sejauh ini Barito dan Persija masing-masing hanya mengganti empat pemain dalam 90 menit.

Adapun Persib, Persija, PSM, Madura United, dan Mitra Kukar hanya mengganti maksimal tiga pemain. Sedangkan Persela dan Bali United cuma mengganti dua pemain, sementara Persija hanya mengganti satu pemain.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR