SINGAPORE OPEN 2019

7 Wakil Indonesia berlaga di perempat final

Senyum ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto setelah menang 22-20, 21-17, atas Chooi Kah Ming/Low Juan Shen dari Malaysia pada babak kedua Singapore Open 2019 di Singapore Indoor Stadium (11/4/2019).
Senyum ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto setelah menang 22-20, 21-17, atas Chooi Kah Ming/Low Juan Shen dari Malaysia pada babak kedua Singapore Open 2019 di Singapore Indoor Stadium (11/4/2019). | BadmintonIndonesia.org /PBSI

Singapore Open 2019 memasuki babak perempat final hari ini, Jumat (12/4), dan tujuh wakil Indonesia ikut bertarung. Setidaknya satu tempat semifinal sudah bisa dipastikan bakal didapat pada nomor ganda putra.

Pasalnya, dua ganda putra Indonesia bakal bertarung di salah satu laga delapan besar nanti. Mereka adalah unggulan pertama Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dengan unggulan ke-8 Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Kevin/Marcus lebih dulu mendapat tiket ke perempat final dengan menaklukkan He Jiting/Tan Qiang dari Tiongkok, 21-14, 21-17 di Singapore Indoor Stadium, Kamis (11/4). Fajar/Rian menyusul kemudian setelah menang 22-20, 21-17, atas ganda Malaysia, Chooi Kah Ming/Low Juan Shen.

Pertandingan nanti akan menjadi pertemuan kelima antara dua ganda putra Indonesia tersebut dalam turnamen Internasional. Saat ini The Minions--julukan Kevin/Marcus--unggul head-to-head 3-1, tetapi Fajar/Rian menang pada pertemuan terakhir di perempat final Malaysia Open 2019 pekan lalu.

Fajar/Rian menyatakan bakal mencoba menikmati permainan dan fokus saat berhadapan dengan The Minions, bukan bermain menggebu-gebu untuk mengejar kemenangan cepat.

"Kalau saya mau enjoy saja. Menikmati permainan, jangan terlalu menggebu-gebu. Dan juga coba main seperti melawan pasangan lainnya. Sama fokusnya dijaga," kata Fajar kepada Badmintonindonesia.org.

Ganda putra lain yang melaju ke perempat final adalah juara All England 2019, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Duo Daddies--julukan mereka--yang menempati unggulan ke-4 itu mengalahkan ganda Korea Selatan, Kim Gi Jung/Lee Yong Dae, 21-14, 21-17.

Mereka akan berebut tempat di semifinal menghadapi ganda Malaysia Goh V Shem/Tan Wee Kiong, yang menang 21-5, 21-10 atas Tinn Isriyanet/Kittisak Namdash dari Thailand.

Hendra/Ahsan telah empat kali menang dalam lima pertemuan dengan Goh/Tan, namun kalah pada babak kedua Malaysia Masters 2019 Januari lalu.

Pada nomor tunggal putra, Indonesia akan diwakili unggulan ke-7 Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan "Jojo" Christie di perempat final.

Anthony mengalahkan Kenta Nishimoto, 21-10, 21-16, sekaligus membalas kekalahan yang dideritanya dari pemain Jepang itu pada Malaysia Open 2019.

"Saya belajar dari pertemuan kemarin. Waktu di Malaysia kemarin tipenya hampir sama, ada menang kalah angin juga. Cuma waktu di Malaysia dia bisa melakukan strategi yang tepat dibanding saya. Kalau hari ini kebalikannya," kata Anthony.

Pada babak delapan besar, ia akan berhadapan dengan Chen Long, unggulan keempat dari Tiongkok. Anthony telah delapan kali berhadapan dengan Chen Long dan meraih lima kemenangan.

"Saya tidak mau anggap remeh meskipun head to head saya unggul, karena kan itu tidak menjamin kemenangan saya," tegas Anthony.

Sementara Jojo mengalahkan Lii Zee Jia dari Malaysia, 21-13, 21-12, untuk kemudian berhadapan dengan unggulan ketiga Viktor Axelsen dari Denmark. Jojo tentu berharap hasil di Malaysia Open 2019 akan terulang. Saat itu ia menaklukkan Axelsen di perempat final.

Dua ganda campuran melengkapi tujuh wakil Indonesia pada babak delapan besar Singapore Open 2019. Mereka adalah Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Ricky Karanda Suwardi/Pia Zebadiah Bernadet.

Keduanya maju setelah mengalahkan rekan senegara. Unggulan ke-7 Hafiz/Gloria menang 21-7, 21-11 atas Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, sedangkan Ricky/Pia menaklukkan Ronal Alexander/Annisa Saufika, 12-21, 21-13, 21-16. Uniknya, kedua ganda campuran Indonesia tersebut masing-masing akan melawan ganda Malaysia di babak selanjutnya.

Hafiz/Gloria akan menghadapi unggulan ke-4 Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Mereka baru sekali berhadapan, pada BWF World Tour Finals 2018, dan pasangan Indonesia menderita kekalahan.

"Kami pernah ketemu waktu itu dan kalah, jadi kami akan belajar dari pengalaman saja. Permainan yang kemarin-kemarin jadi pembelajaran kami ke depannya," kata Hafiz.

Sementara bagi Ricky/Pia dan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing pertandingan nanti adalah pertemuan pertama mereka di turnamen internasional.

Satu ganda campuran lain, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menyerah 16-21, 13-21 dari unggulan teratas Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Tak satupun tunggal dan ganda putri Indonesia yang berhasil maju ke perempat final. Ruselli Hartawan kalah 17-21, 7-21 dari unggulan ke-7 tunggal putri asal Korea Selatan, Sung Ji Hyun.

Sedangkan pada ganda putri, Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto ditaklukkan unggulan ke-3 Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, 23-21, 21-17.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR