HONG KONG OPEN

Anthony bertemu Jojo lagi, Kevin/Marcus bersua musuh lama

Jonatan Christie (kiri) dan Anthony Ginting (kanan) berpose usai penyerahan medali ajang Asian Games 2018 nomor individu bulu tangkis di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018).
Jonatan Christie (kiri) dan Anthony Ginting (kanan) berpose usai penyerahan medali ajang Asian Games 2018 nomor individu bulu tangkis di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018). | Bagus Indahono /EPA-EFE

Untuk kali kedua dalam sekitar sepekan terakhir, Anthony Sinisuka Ginting harus bertemu kompatriotnya, Jonatan "Jojo" Christie, pada babak kedua sebuah kejuaraan. Setelah pekan lalu bertemu dalam Fuzhou China Open, kini mereka harus berduel dalam Hong Kong Open 2018.

Kondisi ini tak lepas dari pembagian undian turnamen berkategori BWF World Tour Super 500 tersebut yang menempatkan mereka dalam pool atas. Setelah mengandaskan masing-masing lawan pada babak pertama, Rabu (15/11/2018), pertemuan keduanya tak terhindarkan lagi.

Pada babak pertama yang berlangsung di Lapangan 4 Hong Kong Coliseum, Hung Hom, Hong Kong, Ginting berhasil mengalahkan pemain gaek asal India, Parupalli Kashyap, dengan cukup mudah.

Hanya butuh waktu sekitar 35 menit bagi juara Victor China Open 2018 ini untuk menundukkan Parupalli dengan skor 21-16, 21-13. Ini merupakan kemenangan kedua Anthony atas Parupalli dari dua pertemuan.

Sedangkan Jojo mampu meredam pemain Jepang, Kazumasa Sakai, pada babak pertama. Dalam durasi sekira 33 menit, Jojo menang dengan skor 21-16, 21-13. Kemenangan Jojo ini sebenarnya tak terlalu mengejutkan.

Pasalnya, dari tiga pertemuan dengan Sakai hingga saat ini, semuanya dimenangi Jojo. Sebelumnya, Jojo menang dalam Asia Badminton Championships dan Victor Korea Open 2017.

Dengan hasil tersebut, maka pertemuan dua jagoan tunggal putra Indonesia dalam babak kedua Hong Kong Open 2018 tak dapat dihindari. Sejauh ini, bila melihat dari head to head kedua pemain, Anthony sedikit lebih unggul.

Dari tiga pertemuan mereka selama ini, Anthony menang dua kali. Selain kemenangan di Fuzhou China Open kemarin, lajang asal Cimahi, Bandung, Jawa Barat, tersebut juga menang dalam Victor Korea Open 2017 lalu.

Satu kemenangan yang dikantongi Jojo terjadi pada tahun lalu di Celcom Axiata Malaysia Open. Dan, yang harus dicatat adalah, pertemuan kedua pemain ini biasanya berlangsung seru.

Dua dari tiga laga terakhir mereka usai dengan cara rubber game dan perbedaan skor tipis. Dalam Victor Korea Open, Anthony menang 21-13, 19-21, 22-20. Sedangkan pada Fuzhou China Open, Anthony kembali bersusah payah dan menang 22-20, 20-22, 21-11.

Catatan tersebut, menurut kedua pemain, tak bisa dihindari. Pasalnya, mereka sudah tahu cara bermain masing-masing.

Bila pada turnamen resmi Anthony dan Jojo baru tiga kali bertemu, saat di Cipayung--markas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia -- sudah tak terhitung saling bersemuka di lapangan.

"Kami sudah sering bertemu di latihan," kata Jonatan kepada Badmintonindonesia.org pascakekalahan di Fuzhou minggu lalu. Bila ada yang Jojo pelajari dari pertemuan tersebut adalah agresivitas.

Saat itu, menurut Jojo, kekalahannya disebabkan Anthony bermain lebih agresif. Sedangkan dari Anthony, dia mengaku kerap kehilangan konsentrasi serta masih kurangnya tenaga dan akurasi pukulan.

Kevin/Marcus bertemu duo Denmark

Sepanjang tahun lalu, ada sebuah sajian menarik dalam kejuaraan level atas dunia pada nomor ganda putra. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon memiliki pesaing yang tak main-main, yakni Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Total, lima kali mereka bertemu pada 2017 -- empat di antaranya turnamen individu dan satu di Piala Sudirman. Dari empat pertemuan dalam turnamen individu, semuanya berlangsung pada babak akhir kejuaraan -- entah semifinal atau final.

Dari lima kali pertemuan tersebut, dua kemenangan dipetik Kevin/Marcus -- sisanya Boe/Mogensen. Sedangkan pada 2018, kedua pemain itu sekali bertemu dalam babak final All England dengan kemenangan diperoleh Kevin/Marcus.

Dari catatan-catatan tersebut, tak salah bila disimpulkan bahwa Boe/Mogensen merupakan musuh bebuyutan Kevin/Marcus -- dengan berbagai drama di dalamnya. Laga menarik pun bakal tersaji pada babak kedua Hong Kong Open, Kamis (15/11).

Pada babak pertama, Kevin/Marcus berhasil mengalahkan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang) dengan skor 21-14, 21-15. Sedangkan Boe/Mogensen menundukkan pemain India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, 21-19, 23-21.

Pertarungan di Hong Kong Coliseum nanti merupakan kali kesembilan bagi kedua pemain bertemu. Sejauh ini, keduanya berbagi imbang kemenangan, 4-4.

Ganda putra Indonesia yang lolos dari babak pertama bukan hanya Kevin/Marcus. Demikian pula dengan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. The Daddies berhasil melangkah ke babak kedua setelah menang atas Min Hyuk Kang/Kim Won Ho (Korea Selatan) dengan skor 21-17, 24-22.

Selain itu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil melawati adangan Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia), untuk melangkah ke babak kedua. Fajar/Rian menang 25-23, 21-19.

Di babak kedua, Fajar/Rian bertemu Liao Min Chun/Su Ching Heng (Taiwan) yang mengalahkan mereka di babak pertama Fuzhou China Open 2018 pekan lalu.

"Kami memang belum pernah menang dari mereka dari dua pertemuan. Kami akan pelajari dan evaluasi pertemuan minggu lalu," ucap Fajar.

Hasil pertandingan lain, Rabu (14/11/2018):

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja vs Yonny Chung/Wu Yi Ting (Hong Kong): 21-18, 21-19

Ruselli Hartawan vs Chen Xiaoxin (Tiongkok): 18-21, 16-21

Dinar Dyah Ayustine vs Cheung Ngan Yi (Hong Kong): 21-18, 17-21, 13-21

Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso vs Ou Xuanyi/Ren Xiangyu (Tiongkok): 21-14, 12-21, 14-21

Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Ng Shiu Yee/Wu Yi Ting (Hong Kong): 21-14, 21-16

Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta vs Ng Tsz Yau/Yuen Sin Ying (Hong Kong): 19-21, 21-17, 21-17

Tommy Sugiarto vs Jan O Jogensen (Denmark): 21-17, 19-21, 10-21

Berry Angriawan/Hardianto vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang): 10-21, 14-21

Ihsan Maulana Mustofa vs Kanta Tsuneyama (Jepang): 21-6, 13-21, 16-21

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR