PIALA ASIA

Babak grup berakhir, Almoez dekati rekor legenda Asia

Almoez Ali Zainalabiddin Abdulla (dua kiri) tengah beraksi ketika Qatar mengalahkan Arab Saudi 2-0 dalam laga Piala Asia di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Kamis (17/1/2019).
Almoez Ali Zainalabiddin Abdulla (dua kiri) tengah beraksi ketika Qatar mengalahkan Arab Saudi 2-0 dalam laga Piala Asia di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Kamis (17/1/2019). | Ali Haider /EPA-EFE

AFC Asian Cup 2019 telah menyelesaikan fase grup, per Kamis (17/1/2019). Sebanyak 16 tim telah memastikan diri maju ke babak knock-out atau 16 Besar.

Dan, tak menutup kemungkinan, pada kejuaraan sepak bola terbesar se-Asia edisi ke-17 tersebut akan tercipta sejarah baru. Sejarah itu adalah pencetak gol terbanyak.

Dalam kategori top scorer ini, rekor masih dipegang Ali Daei. Penyerang legenda Iran berpostur jangkung (1,93 meter) itu pernah mencetak delapan gol pada Piala Asia 1996.

Rekor tersebut bukan tidak mungkin akan pecah pada edisi 2019 ini. Adalah Almoez Ali Zainalabiddin Abdulla yang berpeluang melewati catatan Daei. Saat ini, penyerang Qatar bernomor punggung 19 tersebut telah mencetak tujuh gol.

Dua dari tujuh gol tersebut dicetak pemuda berusia 22 tahun itu kala Qatar bersua Arab Saudi pada laga pamungkas Grup E di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Kamis (17/1). Gol Almoez pada menit ke-45+1 dan 80 membawa Qatar menang 2-0 dan berhak melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Penampilan Almoez pada AFC Asian Cup 2019 ini memang impresif, khususnya kala Qatar menghajar Korea Utara dengan skor 6-0. Saat itu, Almoez mencetak empat gol.

Penampilan brilian Almoez tersebut bahkan dipuji oleh Jose "Mou" Mourinho, pelatih kelas dunia dengan sederet prestasi di lemari kacanya. Menurut Mou, Almoez adalah pemain bagus yang dapat bermain di luar negeri.

"Saya harus berkata jujur. Ini (Qatar Super League) bukanlah liga yang tepat untuk membuat dia berkembang," kata Mou dalam BeiN Sport (H/T News.com.au).

Meski belum menyamai Daei, tapi kini Almoez sudah menyamai catatan gol selama ini tak dilakukan pemain lain. Pemain terakhir yang mampu mencetak tujuh gol dalam satu edisi Piala Asia adalah Behtash Fariba (Iran) dan Choi Soon-ho (Korea Selatan) -- semuanya pada edisi 1980.

Kini, peluang Almoez untuk menyamai rekor Daei terbuka lebar. Qatar masih bertahan dalam AFC Asian Cup 2019. Pada fase 16 besar, mereka akan berjumpa dengan Irak -- runners-up Grup D.

Ini bukan pekerjaan mudah bagi Almoez dan Qatar. Pasalnya, Irak merupakan salah satu unggulan kejuaraan.

Demi mempersiapkan diri dengan baik, pelatih Qatar, Carlos Queiroz, meminta anak buahnya untuk memanfaatkan libur pertandingan karena laga melawan Irak akan dilangsungkan pada Selasa (22/1).

"Yang terpenting setelah kami menjalani tiga pertandingan (babak grup) adalah istirahat yang cukup. Setelah itu, kami akan memulai kembali dengan kondisi yang segar untuk pertandingan selanjutnya," ucap Queiroz dalam Fox Sports Asia.

Meski kalah, Arab Saudi tetap lolos ke babak 16 besar. Berhasil mengumpulkan 6 poin dari tiga kali bertanding, The Green Falcon berhak menempati posisi dua Grup E. Sedangkan peringkat ketiga grup ditempati Libanon yang pada pertandingan terakhir mengalahkan Korea Utara.

Grup F loloskan tiga tim

Pada pertandingan Kamis (17/1) kemarin, bukan hanya Grup E saja yang menjalani laga. Dalam Grup F, Jepang keluar sebagai peringkat satu karena pada pertandingan terakhir berhasil menang 2-1 atas Uzbekistan.

Dua gol Jepang dibuat oleh Yoshinori Muto pada menit ke-43 dan Tsukasa Shiotani (58). Satu gol balasan Uzbekistan dibuat oleh Eldor Azamat Shomurodov pada menit ke-40.

"Dalam meraih hasil ini, para pemain memperlihatkan semua kemampuan mereka," kata pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, dalam Japantimes.co.jp. "Melihat fase knock-out, kami ingin membuat persiapan terbaik."

Pada fase babak 16 besar nanti, Jepang akan bertemu dengan Arab Saudi. Sedangkan Uzbekistan akan bersua Australia.

Dari Grup F, tim yang lolos bukan hanya Jepang dan Uzbekistan. Demikian juga dengan Oman. Kemenangan 3-1 pada laga terakhir atas Turkmenistan, membuat Oman olos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik babak grup.

Sementara itu, Asia Tenggara tenggara juga menempatkan dua negara di babak 16 besar. Mereka adalah Thailand (peringkat kedua Grup A) dan Vietnam (salah satu peringkat ketiga terbaik babak grup).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR