COPA AMERICA

Brasil dan Venezuela pastikan tempat di 8 besar

Gelandang Brasil Casemiro (tengah) menyundul bola masuk gawang Peru pada pertandingan Grup A Copa America 2019 di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil (22/6/2019). Brasil menang 5-0 dan lolos ke perempat final.
Gelandang Brasil Casemiro (tengah) menyundul bola masuk gawang Peru pada pertandingan Grup A Copa America 2019 di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil (22/6/2019). Brasil menang 5-0 dan lolos ke perempat final. | Paulo Whitaker /EPA-EFE

Brasil dan Venezuela memastikan lolos ke perempat final Copa America 2019 setelah menang atas lawan masing-masing pada pertandingan terakhir Grup A. Sementara Peru mesti menunggu apakah nilai 4 yang dikumpulkan mereka cukup untuk menempati posisi sebagai peringkat ketiga terbaik.

Tuan rumah Brasil menampilkan permainan terbaik mereka dalam beberapa tahun terakhir untuk melumat Peru 5-0 di Corinthians Arena, Sabtu (22/6/2019).

Casemiro mengawali hujan gol tersebut pada menit ke-12, disusul gol tanpa melihat gawang dari Roberto Firmino yang menarik perhatian pada menit ke-19. Everton Suares membuat Brasil unggul 3-0 saat babak pertama usai. Dua gol lagi tercipta pada babak kedua, masing-masing satu dari Dani Alves (53') dan Willian (90').

Kemenangan itu bisa saja lebih besar jika penyerang Gabriel Jesus tak gagal menjaringkan bola dari titik penalti pada menit-menit akhir.

Brasil mengakhiri kualifikasi dengan 7 poin dari tiga pertandingan dan menjadi juara Grup A. Pada babak perempat final, Selecao akan berhadapan dengan peringkat ketiga terbaik dari Grup B atau C.

Usai pertandingan, pelatih Brasil, Tite menyatakan kegembiraannya melihat permainan pasukannya. Performa mereka jauh lebih baik dibandingkan saat menang 3-0 atas Bolivia dan imbang 0-0 dengan Venezuela, yang membuat para penggemar mencemooh mereka saat laga berakhir.

"Itu adalah salah satu permainan terbaik kami. Lapangan yang bagus membantu performa jadi lebih bagus," kata Tite, dikutip Goal.com. "Kami rata-rata melepaskan 600 umpan per pertandingan, tetapi skornya rendah. Hari ini kami memperbaiki efektivitas kami."

Pelatih bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi tersebut mengingatkan para pemain untuk mempertahankan performa serupa pada laga-laga selanjutnya. Brasil telah delapan kali menjuarai Copa America, tetapi sudah 12 tahun berlalu sejak trofi terakhir berhasil mereka dapat.

"Kami di sini untuk menang dan kami ingin mempersembahkan sepak bola yang baik," tegas Tite.

Soal kegagalan Jesus dalam mengeksekusi penalti, ia menyatakan hal itu takkan memengaruhi penilaiannya terhadap performa keseluruhan sang penyerang Manchester City tersebut.

Kapten Brasil, Alves, menyatakan bahwa ia dan rekan setimnya selalu yakin bahwa cepat atau lambat bakal bisa memperbaiki performa karena mereka telah bekerja amat keras.

"Berkat kemenangan seperti ini kami bisa terhubung dengan para penggemar. Ketika semua bersatu, kami merasakan energi positif," kata Alves, menyinggung cemoohan penonton kepada mereka pada dua laga awal Grup A (h/t SuperSports).

Brasil akan berebut tiket ke semifinal di Porto Allegre pada Kamis (27/6). Lawan Selecao kemungkinan besar adalah musuh bebuyutan Argentina, yang juga belum menemukan permainan terbaik mereka sepanjang turnamen.

Sementara di Stadion Mineirao, Bello Horizonte, Venezuela memastikan langkah ke babak 8 besar dengan menang 3-1 atas Bolivia.

Striker Venezuela, Darwin Machis, merayakan gol pertamanya ke gawang Bolivia pada pertandingan Grup A Copa America 2019 di Stadion Mineirao, Bello Horizonte, Brasil (22/6/2019). Machis mencetak dua gol dan Venezuela menang 3-1.
Striker Venezuela, Darwin Machis, merayakan gol pertamanya ke gawang Bolivia pada pertandingan Grup A Copa America 2019 di Stadion Mineirao, Bello Horizonte, Brasil (22/6/2019). Machis mencetak dua gol dan Venezuela menang 3-1. | Paulo Fonseca /EPA-EFE

Striker Darwin Machis menjadi pahlawan kemenangan pada malam itu dengan dua gol yang dicetaknya pada menit ke-2 dan 55. Bolivia sempat memperkecil skor menjadi 2-1 melalui gol Lionel Justiniano Arauz pada menit ke-82, tetapi Josef Martinez memastikan kemenangan Venezuela empat menit sebelum laga usai.

Tambahan tiga angka membuat Venezuela menempati peringkat kedua Grup A dengan 5 poin. Sementara Bolivia tak beroleh poin pada Copa America kali ini karena selalu kalah dalam tiga pertandingan.

Venezuela berhasil lolos ke perempat final dalam empat penampilan terakhir mereka di Copa America. Prestasi terbaik mereka terjadi pada edisi 2011. Saat itu mereka mencapai semifinal tapi ditundukkan Paraguay dalam adu penalti.

Pada babak 8 besar nanti, La Vinotinto akan berhadapan dengan peringkat ke-2 Grup B. Ada tiga tim yang berpotensi menempati posisi itu, yakni Argentina, Qatar, atau Paraguay.

Pelatih Rafael Dudamel menyatakan siapapun lawan mereka pada perempat final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Jumat (28/6) nanti, akan menginspirasi Venezuela untuk tampil lebih baik lagi.

"Kami telah menunjukkan jati diri kami sebagai tim yang lebih komplet dalam segala aspek setiap harinya. Kami harus mempertahankan perkembangan ini; kami takkan melakukan hal yang berbeda," tandas Dudamel dalam Yahoo!News.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR