RINGKASAN SEPEKAN

Ezra Walian, bonus Hendra/Ahsan, hingga pulangnya Zidane

Ezra Walian, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, hingga Zinedine Zidane.
Ezra Walian, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, hingga Zinedine Zidane. | Robotorial /Antara Foto, EPA-EFE

Tim nasional Indonesia U-23 yang mengikuti babak kualifikasi Piala Asia (AFC) U-23 2020 di Hanoi, Vietnam, menjadi sorotan utama para pembaca Beritagar.id sepanjang pekan lalu. Khususnya soal kepastian apakah pemain naturalisasi Ezra Walian bisa membela timnas U-23 dalam kejuaraan itu.

Masih dari sepak bola, kabar kepulangan Zidane ke Real Madrid serta kekalahan pertama Juventus di Serie A juga menjadi berita yang menarik perhatian.

Dari bulu tangkis, ada kabar gembira untuk ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang baru saja menjuarai All England. Kedua pemain mendapat bonus besar dari klub masing-masing, yaitu PB Djarum dan PB Jaya Raya.

Berikut adalah ringkasan 6 berita populer dalam sepekan terakhir (17-22/3/2019):

Timnas U-23 tiba di Hanoi dengan penuh optimisme

Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Marinus Wanewar (atas) berebut bola dengan pesepak bola Bali United Haudi Abdillah (bawah) saat pertandingan uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (17/3/2019). Timnas U-23 Indonesia berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 3-0.
Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Marinus Wanewar (atas) berebut bola dengan pesepak bola Bali United Haudi Abdillah (bawah) saat pertandingan uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (17/3/2019). Timnas U-23 Indonesia berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 3-0. | Fikri Yusuf /Antara Foto

Tim nasional Indonesia U-23 telah tiba di Hanoi, Vietnam, pada Senin (18/3/2019) malam untuk menghadapi penyisihan Piala Asia (AFC) U-23 2020. Pelatih Indra Sjafri optimistis pasukan muda yang dibawanya telah siap untuk mencapai target lolos ke putaran final.

Pada babak penyisihan ini Garuda Muda tergabung dalam Grup K, bersama tuan rumah Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam. Thailand akan menjadi lawan pertama pada Jumat (22/3), disusul Vietnam pada Minggu (24/3), dan ditutup dengan pertandingan melawan Brunei pada Selasa (26/3).

Semua pertandingan tersebut berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi. Juara grup dan empat runner up (peringkat kedua) terbaik dari 11 grup dipastikan mendapat tiket ke putaran final yang bakal berlangsung di Thailand pada 8-26 Januari 2020.

Baca selengkapnya di sini.

Indonesia U-23 hampir pasti tanpa Ezra Walian

Para pemain Indonesia U-23 sedang melakukan pemanasan sebelum latihan di Stadion I Wayap Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (15/3/2019). Indonesia U-23 akan menghadapi Thailand, Jumat (21/3) malam.
Para pemain Indonesia U-23 sedang melakukan pemanasan sebelum latihan di Stadion I Wayap Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (15/3/2019). Indonesia U-23 akan menghadapi Thailand, Jumat (21/3) malam. | Nyoman Budhiana /Antara Foto

Timnas Indonesia U-23 bisa dipastikan mustahil memainkan penyerang Ezra Walian saat menghadapi Thailand dalam laga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Hanoi, Vietnam, petang ini (22/3/2019) WIB.

Ezra disertakan pelatih Indra Sjafri ke dalam 23 daftar pemainnya. Namun, pemain klub RKC Waalwijk ini terganjal regulasi FIFA.

Ezra pernah membela timnas Belanda U-17 dua kali di pentas Piala Eropa. Sedangkan menurut pasal 5 ayat 2 Statuta FIFA, seorang pemain yang pernah membela timnas sebuah negara dalam kompetisi resmi tidak boleh membela timnas negara lain. Hal senada ditegaskan Pasal 8 dalam regulasi yang sama.

Baca selengkapnya disini.

Kembalinya Zidane diawali dengan kemenangan

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (kanan), memberi instruksi kepada Karim Benzema pada pertandingan La Liga Spanyol melawan Celta Vigo di Santiago Bernabeu, Madrid (16/3/2019).
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (kanan), memberi instruksi kepada Karim Benzema pada pertandingan La Liga Spanyol melawan Celta Vigo di Santiago Bernabeu, Madrid (16/3/2019). | Rodrigo Jimenez /EPA-EFE

Setelah tiga kekalahan di kandang dan tersingkir dari dua kejuaraan dalam jangka waktu sepekan, Real Madrid bisa sedikit bernapas lega. Mereka menang 2-0 pada pertandingan La Liga Spanyol melawan Celta Vigo di Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (16/3/2019).

Malam itu adalah malam pertama kembalinya Zidane setelah pada 11 Maret manajemen Real Madrid menunjuknya menggantikan Santiago Solari. Ini menjadi periode kedua Zizou--sapaan akrab Zidane--setelah kesuksesan yang dicapainya bersama Madrid pada periode awal 2016-2018.

Zidane meninggalkan Madrid, hanya lima hari setelah menjadi pelatih pertama yang merebut tiga trofi Liga Champions UEFA beruntun, karena menurutnya klub tersebut "butuh perubahan, suara lain, metodologi lain". Tetapi perubahan yang kemudian terjadi ternyata menuju pada kejatuhan.

Baca selengkapnya di sini.

Relasi unik PB Djarum dan PB Jaya Raya

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Hendra Setiawan (kiri) dan Mohammad Ahsan meluapkan kegembiraan seusai memenangi pertandingan melawan ganda putra Malaysia Aaron Chia dan Soh Wooi Yik pada babak final All England 2019 di Arena Brimingham, Inggris, Minggu (8/3/2019). Ganda Putra Hendra/Ahsan menjuarai All England 2019 setelah mengalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 11-21, 21-14, 21-12.
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Hendra Setiawan (kiri) dan Mohammad Ahsan meluapkan kegembiraan seusai memenangi pertandingan melawan ganda putra Malaysia Aaron Chia dan Soh Wooi Yik pada babak final All England 2019 di Arena Brimingham, Inggris, Minggu (8/3/2019). Ganda Putra Hendra/Ahsan menjuarai All England 2019 setelah mengalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 11-21, 21-14, 21-12. | Badmintonindonesia.org /Antara Foto

Ada relasi unik antara klub bulu tangkis PB Djarum dengan PB Jaya Raya. Dua klub sarat sejarah dan prestasi di dunia tepuk bulu Tanah Air itu kerap berseteru sengit di banyak turnamen dalam negeri, misalnya di Djarum Super Liga dan Djarum Sirkuit Nasional.

Namun, bila berurusan dengan nama negara, perpaduan di antara keduanya menghasilkan kombinasi dahsyat untuk nomor ganda. Keberhasilan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjuarai All England 2019 adalah bukti teranyar.

Hendra Setiawan merupakan ikon dari Jaya Raya. Sedangkan Ahsan, pemain sarat pengalaman di klub yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah. Ini adalah kedua kalinya Hendra/Ahsan mengibarkan Merah-Putih di turnamen bulu tangkis tertua tersebut, setelah pada 2014.

Baca selengkapnya disini.

Cuma Genoa yang bisa mengalahkan Juventus

Pemain veteran Goran Pandev (tengah) disambut dua rekannya usai mencetak gol kedua Genoa untuk mengalahkan Juventus 2-0 di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Minggu (17/3/2019).
Pemain veteran Goran Pandev (tengah) disambut dua rekannya usai mencetak gol kedua Genoa untuk mengalahkan Juventus 2-0 di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Minggu (17/3/2019). | Simone Arveda /EPA-EFE

Sudah 31 pertandingan Serie A dilalui Juventus tanpa kekalahan. Namun, Minggu (17/3/2019), Genoa menghentikan laju juara bertahan Serie A Italia ini 2-0.

Genoa adalah satu-satunya klub di Italia yang mampu mengalahkan Juventus. Cuma Genoa yang mampu mengalahkan Juventus dua kali, sejak Oktober 2015; dan 27 November 2016.

Bagi Juventus, ini adalah kekalahan pertama mereka dalam Serie A musim 2018-19. Kekalahan terdahulu terjadi pada 22 April 2018, saat ditundukkan Napoli 0-1 di Turin.

Baca selengkapnya di sini.

Target PBSI di Piala Sudirman, lolos dari babak grup

Pebulu tangkis Melati Daeva Oktavianti mengikuti latihan di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Senin (18/2/2019).
Pebulu tangkis Melati Daeva Oktavianti mengikuti latihan di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Senin (18/2/2019). | Hafidz Mubarak A /Antara Foto

Mencapai hasil yang lebih baik dari sebelumnya dengan lolos dari babak grup. Itulah target yang ditetapkan oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) pada Piala Sudirman 2019 yang akan berlangsung di Nanning, Tiongkok, pada 19-26 Mei.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi, Susi Susanti, usai pengundian grup untuk turnamen beregu campuran kelas atas yang berlangsung dua tahun sekali itu, Selasa (19/3/2019).

Indonesia, yang menempati unggulan ketiga pada kejuaraan kali ini, diundi masuk Grup 1B bersama Denmark dan Inggris, dua tim asal Eropa yang memiliki pemain-pemain berbahaya. Hanya dua tim teratas dari setiap grup yang berhak lolos ke perempat final.

Baca selengkapnya di sini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR