Fakta menarik lomba lari Ekiden

Infografik fakta menarik lomba lari Ekiden.
Infografik fakta menarik lomba lari Ekiden. | Fadhlan Akbar /Beritagar.id

Lomba lari Ekiden atau Relay Marathon berasal dari sebuah tradisi di masa lampau, merujuk pada sistem transportasi dan komunikasi Jepang di era 1600 sampai 1800-an. Kala itu, pola pengiriman dilakukan secara berantai, dari satu stasiun ke stasiun berikutnya.

Lomba lari Ekiden pertama kali diselenggarakan pada tahun 1917 dan disponsori harian Yomiuri Shimbun. Lomba lari estafet ini berlangsung selama tiga hari, menempuh total jarak 508 km yang membentang diantara Kyoto dan Tokyo. Lomba ini diadakan untuk memperingati momen perpindahan ibukota Jepang dari Kyoto ke Tokyo.

Sejak pertama kali diselenggarakan, Ekiden telah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Jepang. Bahkan, usai Perang Dunia II, banyak perusahaan besar membentuk tim untuk mengikuti lomba lari Ekiden guna memulihkan moral para pekerja mereka dari trauma pasca bom Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945. Ekiden menjadi olahraga pemersatu rakyat serta merupakan motor penggerak utama yang membuat Jepang cepat pulih dari tragedi tersebut.

Ekiden atau Relay Marathon untuk pertama kalinya akan dilangsungkan di Kudus, Jawa Tengah. Ajang Tiket.com Kudus Relay Marathon akan berlangsung pada 21 Oktober 2018. Informasi selengkapnya di www.tiket.com/TKRM.

Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan mitra media Tiket.com Kudus Relay Marathon.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR