TRANSFER PEMAIN

Gaji Iniesta setara seluruh pemain Vissel Kobe

Iniesta tengah berpose bersama pemilik klub sepak bola Vissel Kobe, Hiroshi Mikitani, Kamis (24/5/2018) sore waktu setempat. Iniesta menjadi rekrutan teranyar Vissel Kobe dengan gaji yang fantastis.
Iniesta tengah berpose bersama pemilik klub sepak bola Vissel Kobe, Hiroshi Mikitani, Kamis (24/5/2018) sore waktu setempat. Iniesta menjadi rekrutan teranyar Vissel Kobe dengan gaji yang fantastis. | Kimimasa Mayama /EPA-EFE

Terjawab sudah ke mana langkah kaki Andres Iniesta selepas dari Barcelona. Bukan Chinese Super League (CSL), kompetisi yang bakal menjadi lembaran baru Iniesta. El Ilusionista (Si Ilusionis) akan menuju ke J1 League, liga sepak bola tertinggi di Jepang.

Hal ini dipastikan setelah Iniesta menandatangani kontrak bersama klub Vissel Kobe pada Kamis (24/5/2018) sore waktu setempat. "Ini adalah hari spesial bagi saya. Ini adalah tantangan yang sangat penting bagi karier saya," ucap Iniesta, seperti dikutip dari Goal.

Pria berusia 34 tahun itu mengaku tertarik dengan proyek yang tengah dikembangkan Vissel Kobe--meski ia tak menjelaskan detail soal proyek tersebut. Pertimbangan inilah, yang menurut Iniesta, menjadi alasan ia memilih Vissel Kobe sebagai pelabuhan barunya.

Padahal, Iniesta mengatakan, ada sejumlah klub yang tertarik menggunakan jasanya. Salah satu yang peling ngebet adalah Chongqing Dangdai Lifan, peserta CSL. Menurut sumber ESPN, alasan Chongqing mundur adalah, besarnya permintaan gaji Iniesta.

Dilansir media yang berbasis di Amerika Serikat itu, Iniesta meminta bayaran hingga 81 juta euro (94, 7 juta dollar AS atau setara dengan Rp1,4 triliun) setelah dipotong pajak untuk tiga tahun masa kerjanya.

Jumlah yang sangat besar, bahkan bila dibanding dengan gaji dia di Barcelona sekali pun. Dalam tiga tahun terakhir, menurut Totalsportek, gaji Iniesta "hanya" berada di angka 188.000 euro per minggu di Blaugrana.

Bila jumlah tersebut diakumulasi dalam tiga tahun, totalnya "hanya" sekira 13,5 juta euro. Maka, jika informasi dari sumber ESPN tadi betul soal permintaan gaji Iniesta di Chongqing, jelas itu sangatlah tinggi--sekitar enam kali lipatnya bila dibanding di Barcelona.

Lalu, siapa yang berani membayar jumlah segitu? Ya Vissel Kobe tadi. Menurut laporan ESPN dan Daily Mail, Iniesta dikontrak 3 tahun dengan bayaran 30 juta dollar (Rp424 miliar) saban tahunnya di sana.

Jumlah tersebut tentu menjadi rekor tersendiri di Tanah Para Samurai. Jika mengacu pada data yang dilansir Statista--lembaga data berbasis di Jerman, klub Jepang yang paling royal menggaji pemain adalah Urawa Red Diamonds.

Sepanjang 2017, menurut Statista, Urawa mengeluarkan uang sekitar 37,6 juta dollar untuk gaji pemain. Di peringkat kedua, ada Vissel Kobe, dengan 30,6 juta dollar.

Maka, dengan melihat angka tersebut, artinya gaji Iniesta dalam setahun nantinya sama dengan gaji semua pemain Vissel Kobe yang berjumlah 33 pemain.

Bila dibandingkan dengan pesepak bola dunia lainnya, gaji Iniesta hanya kalah dari Neymar, yang dibayar 38 juta dollar AS tiap tahunnya oleh Paris Saint Germain.

Namun, siapa peduli dengan bayaran tinggi bila pemilik klub sudah jatuh hati dengan Iniesta. Sang pemilik adalah Hiroshi Mikitani, pemilik Vissel Kobe dan CEO Rakuten (sponsor utama Barcelona saat ini).

"Saya sangat bangga melihat hari ini tiba. Kami akan melakukan segalanya untuk membantu Iniesta selama ia tinggal di Jepang agar dapat mengeluarkan permainan cantiknya, permainan yang menginspirasi," ucap Hiroshi, seperti dikutip dari BBC.

Hiroshi percaya, pengalaman Iniesta tidak hanya akan meningkatkan standar klubnya di J1. Namun, juga persepakbolaan Negeri Matahari Terbit secara keseluruhan.

"Kedatangannya di Jepang akan meningkatkan profil sepak bola Jepang secara keseluruhan," ucapnya.

Di Vissel Kobe, Iniesta akan bahu-membahu dengan mantan pemain Arsenal asal Jerman, Lukas Podolski untuk mewujudkan target Hiroshi, menjadi klub nomor satu di Asia.

Gosip Torres ke Sagan Tosu

Setelah memastikan Iniesta bermain di Vissel Kobe, kini nama legenda sepak bola Spanyol lainnya disebut-sebut bakal menyusul ke J1 League. Dia adalah Fernando Torres, mantan bintang Atletico Madrid, Liverpool, dan Chelsea.

Sejumlah media menyebut Torres akan merapat ke Sagan Tosu, peringkat delapan J1 League musim lalu. "Torres tertarik ke Jepang dan Sagan Tosu menawarkan kontrak hingga akhir musim 2020," tulis harian olahraga Hochi Shimbun (H/T Japan Times).

Sebelum gosip ini merebak, Torres, yang pada akhir musim 2017/2018 kontraknya habis bersama Atletico, dikabarkan akan berkarier di luar liga Eropa.

Kabar yang paling santer adalah, dia bakal merapat ke Major League Soccer (sebutan Liga Amerika) bersama klub Chicago Fire atau sebuah tim asal Tiongkok. Namun, karena musim kompetisi Eropa baru saja berakhir, tujuan Torres sejauh ini masih belum diketahui.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR