Hanya 8 dari 65 klub yang juara di Sirnas

Suasana Djarum Sirnas Li Ning Banten Open.
Suasana Djarum Sirnas Li Ning Banten Open.
© Panita Djarum Sirnas /Djarum Sirnas

Usai sudah perhelatan kejuaraan Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) Li Ning Banten Open, pada Sabtu pekan lalu. Sekitar 550 atlet dari 65 klub nasional, telah mengakhiri turnamen yang menyediakan total hadiah hingga Rp320 juta tersebut.

Meski puluhan klub yang ambil bagian, namun yang mampu menempatkan atletnya di podium juara hanyalah delapan tim saja. Mereka adalah Djarum Kudus (4), Jaya Raya Jakarta (2), Exist Jakarta (4), Mutiara Cardinal Bandung (2), Pertamina Fastron, Jakarta (2).

Selain itu, ada CWIBC Tangerang Selatan, Berkat Abadai Sukabumi dan FIFA Badminton Club Sidoarjo masing-masing satu. Sebagai catatan, turnamen ini memiliki lima nomor di tiga kategori usia, remaja (U-17), taruna (U-19) dan dewasa. Untuk catatan, di nomor ganda, terkadang satu wakil terdiri dari dua klub.

Di U-17, bisa dibilang Djarum Kudus menguasai kategori tersebut. Sebab, dari lima nomor yang dipertandingkan, klub asal Jawa Tengah tersebut menguasai tiga di antaranya. Pertama, Syabda Perkasa berhasil mengatasi Christian Adinata di tunggal remaja putra.

Melalui pertarungan panjang selama 64 menit, tiga gim, Syabda menang 21-16, 14-21, 21-7. Syabda menyebut alasan mengapa hingga terjadi pertarungan panjang. Di gim kedua, dia terlalu bernafsu menyerang.

"Dia (Christian) pertahanannya banyak yang bolong, jadi saya bernafsu menyerang. Tapi akhirnya lawan bisa mengantisipasi hal itu," kata Syabda, seperti yang dikutip dari Pbdjarum.org.

Belajar dari hal itu, gim ketiga Syabda berusaha bermain labih sabar. Hasilnya, kemenangan telak itu tadi. "Tenaga lawan juga sepertinya sudah mulai menurun," katanya.

Di nomor ganda remaja putra, terjadi hasil yang antiklimaks. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Djarum Kudus) terlalu dominan atas lawannya, Alfa Rizki Fadlika/Andre Timotius Tololiu (Jaya Raya).

Mereka menyudahi pertandingan hanya dalam tempo 25 menit, 21-9, 21-9. "Kami berusaha fokus dan tetap yakin dengan permainan kami sendiri," ucap Leo mengenai resep kemenangannya ini.

Hasil ini memang di luar dugaan. Pasalnya, Alfa/Andre bukanlah pasangan biasa saja. di Djarum Sirnas kali ini, mereka ditempatkan sebagai unggulan kedua. Sedangkan Leo/Danie, di tempat ketiga.

Khusus untuk Leo, pemain ini bisa dibilang sebagai calon pemain masa depan Indonesia. Sebab, di tingkat remaja nasional, dia sudah berulang kali menjadi juara. Setidaknya, sepanjang 2017 ini saja, dia sudah menjadi juara lima kali.

Sedangkan Daniel, Djarum Sirnas kali ini adalah gelar pertamanya. Sebab, dia baru saja sembuh dari belitan cedera.

Pendamping mereka dalam pertandingan kali ini, Rendra Wijaya pun mengatakan, keduanya berpotensi dinaikan di kelas taruna pada kejuaraan selanjutnya. Padahal, bila melihat secara umur, tahun ini keduanya baru berusia 16 tahun.

"Nanti akan dilihat apakah mereka bisa konsisten atau tidak. Kalau bisa menjadi juara pekan depan di (Djarum Sirnas) seri Bandung, kemungkinan di seri berikutnya mereka akan dicoba diturunkan di nomor taruna," kata Rendra.

Terakhir, nomor ganda remaja campuran, Djarum Kudus kembali menempatkan wakilnya di podium teratas. Adalah Dwiki Rafian Restu/Aldira Rizki Putri yang menjadi aktornya. Mereka menghentikan wakil Exit Jakarta, Muhammad G.R. Ramadhan/Salsabila P. Haryanto.

Menurut Dwiki, Muhammad/Salsabila sempat membuat kerepotan mereka dengan permainan cepatnya. Kewalahan dengan pola demikian, Dwiki/Aldira pun berusaha memperlambat tempo melalui penempatan shuttlecock yang jauh dari jangkauan lawannya.

Hasilnya jitu. Dalam tempo 31 menit, mereka memenangi pertandingan dengan skor 21-15, 21-19. "Target kami memang juara. Dan alhamdulillah bisa," kata Dwiki. Dengan hasil ini, artinya Djarum Kudus menyapu bersih semua final mereka. (Untuk melihat hasil lengkap, silahkan klik tautan ini).

Turnamen di banten ini merupakan rangkaian ketiga dari kejuaraan Djarum Sirnas. Seri keempat akan berlangsung di Bandung, Jawa Barat.

x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.