Hubungan Milomir Seslija dan Persib cuma sekadar gosip

Sosok pelatih Milomir Seslija (kiri) saat masih menukangi Arema FC pada 2016.
Sosok pelatih Milomir Seslija (kiri) saat masih menukangi Arema FC pada 2016.
© Akbar Nugroho Gumay /Antara Foto

Sepeninggalan Djadjang Nurdjaman sejak Minggu (16/7/2017), Persib Bandung belum punya pelatih tetap. Belakangan nama Milomir Seslija menjadi kandidat terkuat.

Bahkan sehari terakhir, Selasa (1/8), pelatih asal Bosnia itu dikabarkan sudah menjadi pelatih baru Persib. Hal itu diungkap Manajer Tim, Umuh Muchtar, dalam Indosport.

"...setelah keputusan bersama kita putuskan Milo," ujar Umuh.

Sementara ditulis Bola.com, Umuh mengatakan pelatih baru Persib mengarah ke sosok Milo --sapaan akrab Seslija. Namun belum diketahui kapan Milo bakal merapat karena manajemen Persib masih membahasnya.

Namun pada Selasa malam, Milo -yang pernah melatih Arema FC-- justru menyampaikan masih menjabat pelatih Persiba Balikpapan. Lewat Twitter, pelatih 53 tahun itu menyatakan kabar di media masih sebatas gosip.

Persiba juga melontarkan klarifikasi. Akun Instagram Jamal Alrasyid, Direktur Persiba, menegaskan bahwa Milo tetap pelatih mereka.

Jamal menunjukkan foto bahwa Milo ada di Jakarta untuk menghadiri Technical Study Group yang dipandu Direktur Teknik PSSI, Danurwindo. Bantahan juga disampaikan Manajer Persiba, Bambang Suhendro.

"Tidak benar itu, karena dia kontraknya sampai akhir musim ini," tukas Bambang. Adapun kabar yang dilansir Umuh juga tak ada di situs resmi Persib.

Insyaa Allah Pelatih Persiba Balikpapan MILO SESLIJA tetap di Persiba Balikpapan - berita ini untuk meluruskan berita yg berkembang serta simpang siur krn adanya Klub liga 1 yg mengklaim SEPIHAK terkait posisi Milo di Persiba dan kebetulan saya sudah berkomunikasi dengan Coach Milo - Insyaa Allah aman - semoga tidak terjadi GEMPA TEKTONIK susulan. . Selasa, 1 Agustus pelatih Persiba Balikpapan MILO SESLIJA mengikuti kegiatan Technical Study Group di Hotel Sultan Jakarta. Kegiatan ini dipandu oleh Direktur Teknik PSSI, Danurwindo - dalam kegiatan ini masing-masing pelatih terbagi dalam beberapa group - dan pelatih Persiba Milo tergabung dengan pelatih PSM, Mitra Kukar, Borneo serta Persipura ..... kegiatan akan berlanjut sampai Rabu . Jadi ketidak hadiran MILO SESLIJA dalam latihan sore tadi karena yg bersangkutan mengikuti kegiatan ini bersama seluruh PELATIH LIGA 1 . Ini Komentar Pelatih Persiba Milo terkait claim dari petinggi Klub Liga 1 Persib Bandung ; " Just want to say that I am still Coach at Persiba Balikpapan all of the infos going trough the media is a RUMOR ( 1 Agt 17 - 22:31 Wita) . . . #persiba #persibabalikpapan #kotabalikpapan #infobalikpapan #stadionbatakan #balikpapantl #balistik #pfc #pengamatsepakbola #ragamsuporter #bolanet #bolagila #sepakbolaid #infobolaindo #dailyfootballindonesia #boladepakbola #bertasepakbola #onesoccernews #seputarbola #ligagojek #liga1indonesia #ligaindonesia2017 #ligasuperindonesia #ligagojektraveloka

A post shared by Jamal Al Rasyid (@jamal_alrasyid) on

Karena ada bantahan dari Persiba, Umuh pun bersikap realistis. Dilansir CNN Indonesia, Rabu (2/8), Umuh mengatakan harus menghormati kontrak Milo di Persiba dan yang bersangkutan juga punya komitmen tetap menangani tim berjuluk "Beruang Madu" itu.

Umuh pun bercerita bahwa minat Persib berasal dari penawaran seorang agen ditambah informasi bahwa Persiba kemungkinan tidak memperpanjang kontrak Milo. Namun setelah muncul bantahan, Umuh pun siap mengganti target.

"Kami tidak ingin disebut membajak pelatih dari klub lain," imbuh Umuh. Yang jelas, Umuh menegaskan sejumlah agen masih menawarkan beberapa nama pelatih asing dan lokal.

Meski mengaku punya sejumlah nama, belum ada nama selain Milo yang beredar. Eks pelatih Persib, Indra Tohir, pun menilai Persib seperti terburu-buru mencari pelatih baru sebelum putaran dua Go-Jek Traveloka Liga 1 bergulir, Jumat (4/8).

Indra, yang pernah membawa Persib juara kompetisi perserikatan dan Liga Indonesia, mengatakan bahwa Persib tak perlu mencari pelatih baru karena tak ada waktu untuk beradaptasi, termasuk pada kultur "Maung Bandung".

Itu sebabnya Indra menyarankan Herrie Setyawan tetap dipertahankan di kursi pelatih. Apalagi Herrie bukan orang baru dan tahu persis kondisi tim.

Dan itu menjadi poin penting untuk mengangkat posisi Persib dari papan bawah Liga 1 saat ini. "Saya sangat optimistis Persib bisa bangkit asalkan tim bersatu, mulai dari pemain, jajaran pelatih, dan seluruh manajemen...," katanya dikutip Kompas.com.

Poin utama yang disampaikan Indra adalah soal pelatih asing. Maklum Persib belum pernah berprestasi dengan pelatih asing.

Menurut data Viking Persib, ada tujuh pelatih asing yang menangani Persib sejak 2000. Dan seluruhnya gagal. Bahkan Daniel Darko Jankovic yang melatih Persib pada 2010 hanya mampu bertahan sebelum kompetisi kala itu dimulai.

Satu hal lain, tak sekali pun dari tujuh pelatih asing itu yang bekerja di Persib hingga habis kontrak, tetapi dipecat atau mundur di tengah jalan. Dejan Antonic, misalnya, mundur di tengah kompetisi Indonesia Soccer Championship pada Juni 2016.

x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.