BADMINTON ASIA CHAMPIONSHIPS

Indonesia masih sempurna di Tiongkok

Angga/Rian tengah bertarung di BAC, Selasa (24/4/2018).  Di babak kualifikasi, Angga/Rian dan Hendra/Ahsan melaju mulus dengan kemenangan di bawah 30 menit.
Angga/Rian tengah bertarung di BAC, Selasa (24/4/2018). Di babak kualifikasi, Angga/Rian dan Hendra/Ahsan melaju mulus dengan kemenangan di bawah 30 menit. | Badmintonindonesia.org /PB PBSI

Para wakil Indonesia yang turun di babak kualifikasi Badminton Asia Championships (BAC) melaju mulus. Mereka adalah Angga Pratama/Rian Agung Saputro dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, di nomor ganda putra.

Tampil di Grup C dan D nomor ganda putra BAC, Selasa (24/4/2018) di Sports Center Development Zone, Wuhan, Tiongkok, dua wakil Indonesia tersebut melaju tanpa adangan berarti.

Masing-masing dari mereka menang cukup mudah dari lawan-lawannya, bahkan kurang dari 30 menit.

Tergabung di Grup C, Angga/Rian menang 21-19, 21-14 atas wakil Singapura, Danny Bawa Chrisnanta/Yong Kai Terry Hee, dan 21-16, 21-15 atas Artur Niyazov/Dmitriy Panarin (Kazakhstan). Dengan hasil tersebut, Angga/Rian pun menjadi pemuncak Grup C.

Setali tiga uang dengan Angga/Rian, Hendra/Ahsan juga memenangi dua partai kualifikasinya. Pertama, melawan Ahmad Mahyuddin Haji Abas/Mohamad Fairie Syah Ruslan (Brunei Darussalam), dengan skor 21-8, 21-15, dan kedua Dipesh Dhami/Ratnajit Tamang (Nepal), 21-9, 21-7.

Bila merujuk pada pengalaman bertanding maupun peringkat dunia, lawan dari dua wakil Indonesia tersebut memang kalah kelas. Misalnya, Ahmad Mahyuddin/Mohamad Fairie bukanlah lawan seimbang Hendra/Ahsan.

Meski baru kembali bergabung pada awal tahun ini, Hendra/Ahsan sudah berada di rangking 80 dunia. Sedangkan Ahmad Mahyuddin/Mohamad Fairie, duduk di peringkat 1.384 dunia. Dan, tahun ini saja, wakil Brunei itu baru dua kali bertanding, berbanding 21 milik Hendra/Ahsan.

Demikian juga dengan Angga/Rian, yang kini berperingkat 111 dunia. Kedua lawan mereka, peringkatnya jauh di bawah, Danny/Yong non-rangking dan Artur/Dmitriy di 377 dunia.

Walau demikian, menurut Hendra, pertarungannya di babak kualifikasi itu belum optimal. "Capek karena baru datang dan harus langsung tanding. Tetapi kami siap saja, istirahat lebih banyak dan jaga kondisi," kata Hendra, seperti disadur dari Badmintonindonesia.org.

Minimnya waktu persiapan ini juga disampaikan Angga. Ia mengungkapkan, masih butuh beradaptasi dengan lapangan. "Waktu di gim pertama, kami memang masih adaptasi," ucap Angga.

Di babak eliminasi nanti, Rabu (25/4/2018) Hendra/Ahsan akan bersua pemain Korea Selatan, Kim Won Ho/Seo Seung Jae. Kim/Seo adalah pemain muda harapan Negeri Ginseng. Usia mereka belum menginjak 24 tahun, tapi telah menempati peringkat 23 dunia.

Pada kejuaraan German Open 2018, kedua pemain tersebut melaju ke babak perempat final, sebelum dikalahkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Tipe permainan Kim/Seo, tak beda dari pemain-pemain Korsel lainnya, kuat pukulan dan stamina serta ulet.

Untuk itulah, Thomas Indratjaja, Asisten Pelatih Ganda Putra PBSI mengatakan, Hendra/Ahsan harus siap capai. "Menghadapi pasangan Korsel yang tipe mainnya keras dan kencang, jangan dilawan main keras juga. Tetapi lebih diatur," ucap Thomas.

Thomas berharap, pengalaman Hendra/Ahsan selama ini dapat meredam agresivitas Kim/Seo.

Sedangkan Angga/Rian bakal berjumpa wakil dari Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Bila dikomparasi rangking, Angga/Rian kalah jauh. Ong/Teo adalah salah satu pemain Malaysia dengan peringkat tinggi, 17 dunia.

Meski demikian, Thomas yakin Angga/Rian mampu melewati pasangan muda Negeri Jiran itu. Selain sudah lebih berpengalaman, menurut Thomas, persiapan Angga/Rian untuk turun pada kejuaraan ini cukup matang.

"Angga/Rian persiapannya cukup baik ke turnamen ini. Saya rasa seharusnya mereka bisa mendapat hasil maksimal," katanya.

Pada Rabu, bukan hanya Hendra/Ahsan dan Angga/Rian saja yang bertanding. Pun demikian dengan 13 wakil Indonesia lainnya. Indonesia memang hanya mengirim 15 wakil di kejuaraan ini. Dan, semuanya akan memulai pertandingan pada esok hari.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR