TIMNAS U-22

Indra Sjafri belum puas pada permainan timnas U-22

Pemain tim nasional Indonesia U-22, Billy (kanan) berusaha mengadang pemain Bhayangkara FC Vendri Mofu (kiri) dalam laga persahabatan yang berakhir 2-2 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/2/2019).
Pemain tim nasional Indonesia U-22, Billy (kanan) berusaha mengadang pemain Bhayangkara FC Vendri Mofu (kiri) dalam laga persahabatan yang berakhir 2-2 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/2/2019). | Risky Andrianto /Antara Foto

Tim nasional (timnas) Indonesia U-22 melakoni latih tanding pertama dengan menghadapi Bhayangkara FC sebagai persiapan menuju Piala AFF U-22 2019 di Kamboja pada 17 Februari hingga 2 Maret. Laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/2/2019), itu berakhir 2-2.

Pelatih Indra Sjafri mengaku belum puas. Indra menilai para pemainnya masih gugup dan kurang tenang dalam melakukan serangan balik.

Dalam laporan Antara (h/t Republika.co.id), Kamis (7/2), Indra menilai skema serangan balik masih menjadi pekerjaan rumah. "...keluar dari tekanan kurang smooth saya bilang," katanya.

Bekas pelatih timnas U-19 ini memakai dua strategi dalam pertandingan lalu. Pada babak pertama, Witan Sulaeman dkk. menggunakan strategi menyerang dan menguasai bola lebih sering.

Dengan strategi ini, timnas U-19 bisa unggul dua gol kendati terjadi pada awal babak kedua. Andy Setyo mencetak gol pertama pada menit ke-58 dan Gian Zola menyumbang gol kedua dari titik penalti pada menit ke-66.

Namun setelah unggul dua gol, strategi serangan balik timnas U-22 tak berkembang. Alhasil Bhayangkara berhasil menyamakan kedudukan melalui upaya Ilham Udin Armayn pada menit ke-73 dan Mahir Radja memastikan skor 2-2 pada menit ke-83.

"...transisi lambat dan cenderung menunggu saat dalam situasi bertahan," kata Indra soal permainan timnas U-22 pada babak kedua.

Permainan Indonesia yang belum memuaskan, menurut Indra, pun tak lepas dari absennya dua pemain sayap utama. Indonesia kehilangan pemain sayap kanan Saddil Ramdani dan sayap kiri Osvaldo Haay.

Saddil bahkan bakal absen dalam Piala AFF U-22 2019 karena Pahang FA (Malaysia) tidak memberi izin. Sedangkan Osvaldo saat ini masih menjalani sesi trial bersama klub kasta kedua Liga Spanyol, CD Numancia.

Namun begitu, Indra tak mau disebut mengandalkan individu. Absennya dua pemain itu memang berpengaruh, tapi ia menegaskan kolektivitas permainan tim.

"Permainan tidak tergantung satu-dua pemain. Filosofi saya tetap menyerang dengan umpan cepat dan ball possession agresif. Bukan berarti tidak boleh counter attack juga, tetapi tetap berusaha menguasai bola secara terus menerus," ujarnya.

Di sisi lain, kehilangan dua pemain di atas serta Egy Maulana Vikri yang sedang bermain di Polandia, membuat Indra harus menunda keputusan mencoret pemain. Sebelumnya Indra mencoret lima pemain karena dinilai gagal memenuhi kriteria.

Indra mengatakan pencoretan lanjutan pasti ada, tapi berapa pemain dan kapan belum ditentukan. waktunya belum ditentukan. Maklum, skuatnya juga belum bisa diperkuat Muhammad Rafli yang masih cedera.

"(Jumlah pemain yang dicoret) sedang kami diskusikan berapa orangnya. Memang ada beberapa posisi yang terlalu banyak (pemain)," katanya dikutip Viva.

Namun, Indra tetap mengeluarkan pujian untuk sejumlah pemain. Selain dua pencetak gol di atas, bekas pelatih Bali United ini memuji tiga pemain baru; Rifal Lastori (Borneo FC), Beni Oktaviansyah (Persiba Balikpapan), dan Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara).

"Saya terkejut dengan penampilan beberapa pemain baru. Contohnya Rifal Lastori, Beni, dan Sani. Kami patut bersyukur dengan permainan mereka," kata Indra dilansir Bolalob.

Sedangkan besok, Sabtu (9/2), timnas U-22 akan melakoni latih tanding kedua dengan menghadapi tuan rumah Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Timnas U-22 terus bersiap demi Piala AFF U-22 2019. Indonesia tergabung di Grup B dan akan mulai bertanding pada 18 Februari dengan melawan Myanmar. Lalu, Indonesia menghadapi Singapura (20/2), Malaysia (24/2), dan tuan rumah Kamboja (26/2).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR