PIALA ASIA

Iran dan Irak terlalu tangguh, Arab melaju ke 16 besar

Pemain Iran, Sardar Azmoun (warna putih) tengah beraksi kala timnya menghadapi Vietnam di pertandingan kedua Grup D melawan Vietnam, Sabtu (12/1/2019). Iran menang 2-0.
Pemain Iran, Sardar Azmoun (warna putih) tengah beraksi kala timnya menghadapi Vietnam di pertandingan kedua Grup D melawan Vietnam, Sabtu (12/1/2019). Iran menang 2-0. | Ali Haider /EPA-EFE

Tiga tim berhasil memastikan diri melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2019 pada Sabtu (12/1/2019). Di Grup D, Iran dan Iraq berhasil melaju ke fase gugur setelah mengalahkan masing-masing lawannya di laga kedua grup. Sedangkan Arab Saudi menjadi tim pertama yang lolos dari Grup E.

Pertarungan di Grup D sepertinya tak memiliki kejutan. Tidak seperti di Grup A dan B misalnya, di mana masing-masing unggulan sempat tertahan atau kalah sehingga baru satu tim yang lolos sejauh ini, Grup D cenderung berlangsung biasa saja.

Iran dan Iraq, unggulan pertama dan kedua berdasarkan pot saat undian, melaju mulus. Teranyar, Iran menghajar Vietnam dengan skor 2-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Al Nahyan, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dua gol Shiran-e Pars (julukan Iran yang berarti Singa Persia) dicetak Sardar Azmoun pada menit ke-38 dan 69. Sedangkan Iraq, menang telak 3-0 atas Yaman lewat gol yang dibuat Mohanad Ali Kadhim Al-Shammari menit 9, Bashar Resan (11), dan Alaa Abbas Abdulnabi Al-Fartoosi (90+1).

Baik Iran maupun Irak, memang tampil sangat dominan sepanjang kejuaraan. Jumlah gol memasukkan-kemasukkan pun terhitung superior. Iran kini plus 7 (memasukkan 7 dan belum kebobolan) dan Iran plus 4 (6-2).

Jika Anda melihat capaian sejauh ini di masing-masing grup, tak ada tim lain dengan catatan jumlah memasukkan-kemasukkan sebaik kedua tim tersebut, khususnya Iran.

Meski demikian, pelatih Iran, Carlos Queiroz, kurang begitu suka dalam hasil melawan Vietnam kemarin. Pasalnya, menurut Queiroz, timnya mampu menghasilkan lebih dari 2 gol.

"Penampilan yang cukup disayangkan karena kami tak dapat mencetak beberapa gol lagi," ucap pelatih berpaspor Portugal tersebut dalam Channel News Asia. "Namun, kemenangan adalah obat di sepak bola."

Pendapat yang sama dikemukakan pelatih Irak, Srecko Katanec. Katanec memang senang dengan hasil timnya melawan Yaman. Namun, menurut pelatih asal Slovakia tersebut, timnya masih bisa tampil lebih baik lagi.

"Kami benar-benar harus berkembang lebih baik lagi," ucap Katanec dalam AFP (H/TThenational.ae) "Penampilan tim melawan Yaman bagus, tapi juga ingin memenangi kejuaraan, kami harus lebih baik lagi."

Kini, kedua tim telah menatap pertandingan terakhir. Dan mereka tak ingin kecolongan hingga menyebabkan kekalahan di akhir laga. Dan, untuk itu, Queiroz meminta timnya untuk tidak lengah sedikit pun.

"Mulai sekarang, kami akan konsentrasi untuk laga melawan Irak. Tiap pertandingan di turnamen ini adalah laga final bagi kami," kata Queiroz dalam Tehrantimes.com. "Irak adalah tim kuat dan mereka adalah salah satu favorit juara."

Bukan hanya Iran dan Irak saja yang berhasil lolos dari babak grup pada Sabtu (12/1) kemarin. Demikian juga dengan Arab Saudi. Kemenangan 2-0 atas Libanon di pertandingan kedua, membuat mereka mengumpulkan nilai 6--alias tak mungkin tersingkir di babak grup.

Adalah gol dari Fahad Mosaed Al-Muwallad Al-Harbi pada menit ke-12 dan Housain Ali Al-Mogahwi (67) pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Al-Maktoum, Dubai, UEA, yang membuat Arab lolos ke 16 besar.

Sebagai tim unggulan teratas di Grup E, Arab sepertinya memang belum menemui adangan berarti. Catatan selisih gol pun terhitung dominan, enam kali membobol gawang lawan dan belum pernah kebobolan.

Pada laga terakhir, Arab akan menghadapi Qatar. Hingga saat ini, Qatar berada di peringkat kedua Grup E, dengan tiga poin hasil dari sekali tanding. Jika Arab menjadi unggulan pertama grup, Qatar merupakan unggulan kedua.

Para pemain Arab tengah merayakan keberhasilannya melangkah ke babak 16 besar AFC Asian Cup 2019. Hal itu tak lepas dari kemenangan 2-0 atas Libanon pada Sabtu (12/1/2019).
Para pemain Arab tengah merayakan keberhasilannya melangkah ke babak 16 besar AFC Asian Cup 2019. Hal itu tak lepas dari kemenangan 2-0 atas Libanon pada Sabtu (12/1/2019). | Ali Haider /EPA-EFE
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR