LIGA NEGARA UEFA

Italia turunkan kasta Polandia

Pemain Polandia, Bartosz Bereszynski (kiri), gagal mengadang pemain Italia, Christiano Biraghi (kanan), yang akhirnya mencetak gol kemenangan 1-0 dalam laga UEFA Nations League di Chorzow, Polandia, Minggu (14/10/2018).
Pemain Polandia, Bartosz Bereszynski (kiri), gagal mengadang pemain Italia, Christiano Biraghi (kanan), yang akhirnya mencetak gol kemenangan 1-0 dalam laga UEFA Nations League di Chorzow, Polandia, Minggu (14/10/2018). | Andrzej Grygiel /EPA-EFE

Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, sempat mengatakan bahwa Gli Azzurri tidak menganggap Liga Negara UEFA (UEFA Nations League) sebagai prioritas. "Target kami adalah bersiap untuk Euro 2020," tuturnya pada Sabtu (13/10/2018).

Namun, ketika bukan prioritas, Italia pun masih bisa menang. Pada Minggu (14/10) di Chorzow, Polandia, Italia mengalahkan tuan rumah 1-0.

Kemenangan yang ditentukan oleh gol Christiano Biraghi pada masa akhir laga itu membuat Polandia harus turun kasta alias degradasi dari Liga A Grup 3. Polandia harus rela turun ke Liga B karena menjadi juru kunci dengan nilai satu dari tiga kali bertanding.

Sementara Italia berada di posisi dua dengan nilai empat dari tiga kali main (masing-masing sekali menang, kalah, dan draw). Adapun puncak klasemen tiga negara ini dikuasai Portugal yang belum pernah kalah dalam dua laga.

Laman UEFA menyebut Italia masih bisa melaju ke putaran final dan melewati Portugal. Tentu saja, syaratnya tak lagi kalah dari laga berikut dengan melawan Portugal.

Italia punya syarat untuk itu. Reuters (h/t ESPN) mengatakan Italia memang pantas menang karena bermain bagus. Bahkan permainan Italia kali ini disebut edisi terbaik dalam dua-tiga tahun terakhir.

Italia menguasai pertandingan dan menciptakan peluang lebih banyak dibanding Polandia. Statistik laman Livescore menunjukkan Italia unggul 66 persen dibanding Polandia dan melepas 15 tembakan.

Dari jumlah tembakan itu, dua kali mengenai mistar gawang pada babak pertama -- melalui Jorginho dan Lorenzo Insigne. Sementara lima tembakan lain on target.

Lantaran permainan yang bagus itu, BBC menilai klaim Mancini yang tak peduli pada Liga Negara UEFA ini hanya lips service. Melihat aksinya yang begitu gembira menyambut gol Biraghi, Mancini disebut peduli pada ajang ini.

"Kami mendominasi dan seharusnya mencetak gol lebih dini. Tidak adil jika hasilnya 0-0. Anak-anak sudah memberi yang terbaik. Kami tahu ini butuh waktu, tapi kemenangan ini sungguh indah. Kami bisa membaik, tapi mesti sabar," ujar Mancini kepada Rai Sport (h/t Football Italia) seusai laga.

Di sisi lain, Biraghi mempersempahkan golnya untuk mendiang Davide Astori. Kebetulan Biraghi adalah pemain Fiorentina dan Astori yang meninggal dunia karena serangan jantung pada 4 Maret 2018 adalah bekas kapten klub berjuluk La Viola tersebut.

"Astori adalah bagian hidup saya, seperti juga seluruh rekan setim Fiorentina dan siapapun yang pernah bermain bersama dia. Bertemu dia secara langsung memberi pengaruh terbesar bagi kami. Ini gol untuk dia sebab saya ada di sini karena dia," tutur pemain 26 tahun ini.

Rusia promosi

Sementara pelatih Polandia, Jerzy Brzeczek, tak bisa menyembunyikan kekecewaan melihat timnya harus degradasi dari divisi teratas. "Ini momen sulit bagi kami. Sebagai pemain, saya juga pernah mengalaminya. Tetapi saya yakin kami bisa mengambil pelajaran untuk masa depan," tukas pelatih 47 tahun ini.

Polandia adalah tim pertama yang menemui nasib degradasi. Ada tiga tim lain yang akan mengikuti langkahnya. Sementara Rusia menjadi tim pertama dari Liga B yang meraih tiket promosi.

Sistem promosi dan degradasi hanya berlaku pada tim teratas dan terbawah. Empat tim terbawah pada Liga A akan turun kasta dan empat tim teratas pada Liga B naik level.

Memainkan laga Grup 2 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, tuan rumah mengalahkan Turki 2-0. Gol pertama dicetak Roman Neustaedter pada menit 20 dan Denis Cheryshev pada menit 78.

Alhasil Rusia mengumpulkan nilai tujuh dari tiga kali bermain, hasil menang dua kali dan imbang satu kali. Sementara Turki berada di posisi kedua dengan nilai tiga.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR