LA LIGA SPANYOL

Kebangkitan perlahan Madrid dan harapan mengejar Barcelona

Pemain tengah Real Madrid, Casemiro, tengah merayakan golnya ke gawang Atletico Madrid di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Minggu (10/2/2019) dini hari WIB. Madrid menang 3-1.
Pemain tengah Real Madrid, Casemiro, tengah merayakan golnya ke gawang Atletico Madrid di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Minggu (10/2/2019) dini hari WIB. Madrid menang 3-1. | Juanjo Martin /EPA-EFE

Perlahan tapi pasti, Real Madrid mulai menunjukkan diri sebagai salah satu kandidat kuat peraih mahkota La Liga musim 2018-19. Dalam 10 pertandingan terakhir di ajang tersebut, mereka beroleh hasil delapan kemenangan, satu imbang, dan satu kali kalah.

Teranyar, Si Putih menghajar tuan rumah sekaligus rival sekota mereka, Atletico Madrid, dengan skor 3-1 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, pada Minggu (10/2/2019) dini hari WIB.

Tiga gol Madrid dicetak oleh Casemiro pada ke-16, penalti Sergio Ramos (42), dan Gareth Bale (74). Sedangkan satu gol Atletico dibuat penyerang andalan mereka, Antoine Griezmann pada menit ke-25.

Kemenangan ini bukan hanya membuat Madrid berhasil meraih tiga poin dan menempel pemuncak klasemen La Liga, Barcelona. Namun, hasil dini hari tadi mungkin akan dicatat dalam buku sejarah Stadion Wanda Metropolitano.

Pasalnya, sejak pertama Atletico menggunakan stadion tersebut pada 17 September 2017, baru kali ini ada tim yang mampu mencetak dua gol di babak pertama. Setidaknya, itulah yang dicatat Opta Jose.

Hasil ini jelas membuat bahagia pendukung Madrid. Menurut sang pelatih, Santiago Solari, pertandingan melawan Atletico merupakan laga terbaik yang dimiliki Madrid sejak Desember 2018.

"Itu adalah penampilan yang sangat baik. Hanya dengan cara itulah kami dapat meraih poin penuh di kandang tim yang semakin bagus dari tahun ke tahun," ucap Solari dalam laman resmi Madrid.

Dalam penilaian Solari, para pemain belakang Madrid tampil sangat baik, tak pernah lelah menekan lawan, dan solid dalam menjaga set-pieces lawan. "Lini serang juga sama baiknya. Kami pulang ke rumah dengan kepala tegak," kata Solari.

Memang, jika melihat catatan statistik pertandingan, Madrid unggul atas atas Atletico. Dari sisi penguasaan bola, mereka unggul hingga 58 persen, berbanding 42 persen punya Atetico. Pun demikian dengan jumlah tembakan.

"Ini adalah tim pemenang. Tak ada cara lain untuk memenangi laga di sini selain menunjukkan soliditas permainan dan kompetitif di tiap sisi," ucap Solari.

Dengan hasil ini, Madrid pun sedikit demi sedikit merangkak ka papan atas klasemen. Jika pada pekan ke-10 mereka terpaku di posisi kesembilan La Liga, saat ini, alias pekan ke-23, mereka duduk di posisi kedua--menggusur Atletico ke peringkat ketiga.

Jarak dengan pimpinan klasemen La Liga, Barcelona, memang masih cukup jauh. Madrid kini mengoleksi 45 poin dari 23 laga. Sedangkan Barcelona, dari 22 laga, berhasil mengumpulkan 50 poin.

Meski demikian, hasil apik yang diraih Madrid beberapa hari terakhir, khususnya kemenangan atas Atletico dan keberhasilan menahan Barcelona di Piala Raja Spanyol, membuat Ramos dkk. membuat mereka percaya diri mampu mengejar Blaugrana.

"Mahkota La Liga masih terbuka," ucap Ramos dalam BeIN Sport (H/T Goal.com). "Masih banyak poin yang tersedia dan tim mana pun dapat menyulitkan siapa pun dalam tiap pertandingan."

Ramos menambahkan, timnya akan terus berharap dan berjuang untuk memenangi gelar La Liga yang gagal di pertahankan pada musim 2017-18. "Kami akan menyulitkan Barcelona meski pun mereka memiliki keunggulan yang sangat penting (poin)," ucap Ramos.

Kedua tim akan bertemu di La Liga pada awal Maret mendatang. Namun, sebelumnya, yakni 27 Februari, Madrid dan Barcelona akan bertemu juga di laga kedua Piala Raja.

Pelatih Atletico Diego Simeone, mengakui bahwa Madrid lebih unggul. Ia enggan mempermasalahkan gol timnya yang dicetak Alvaro Morata, yang dianulir wasit lewat bantuan Video Assistant Referee (VAR).

"Saya harap keputusan (menganulir gol) adalah benar. Saya benar-benar tidak percaya kami kalah karena VAR," ucap Simeone dalam Sport English. "Lawan lebih baik dibanding kami, mereka di atas kami. Selamat kepada mereka dan kami akan mempersiapkan laga ke depan."

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR