SERIE A ITALIA

Keberhasilan Parma dan persaingan yang belum selesai

Para pemain Parma merayakan keberhasilan bertahan dalam Serie A setelah mengalahkan Fiorentina 1-0 pada Minggu (19/5/2019).
Para pemain Parma merayakan keberhasilan bertahan dalam Serie A setelah mengalahkan Fiorentina 1-0 pada Minggu (19/5/2019). | Elisabetta Baracchi /EPA-EFE

Parma memastikan diri bertahan dalam kompetisi Liga Italia Seri A. Kepastian itu diperoleh lewat kemenangan 1-0 atas Fiorentina dalam pertandingan pekan ke-37 di Stadion Ennio Tardini, Parma, Minggu (19/5/2019).

Kemenangan akibat gol bunuh diri Gerson pada menit ke-80 itu membawa Parma naik ke posisi 12 dengan nilai 41. Dengan menyisakan satu pertandingan, nasib Parma sudah aman karena jaraknya dengan Genoa di urutan ke-18 mencapai empat poin.

Pelatih Parma, Roberto D'Aversa, menyambut lega keberhasilan timnya lolos dari ancaman degradasi. Pelatih 43 tahun ini tak terlampau ekspresif dalam merayakan keberhasilan itu.

"Saya tak bisa (larut dalam kegembiraan) karena telah menjalani musim yang melelahkan dan berat. Perjalanan kami tidak mudah, tapi anak-anak membuat saya kagum dan hanya mereka yang bisa meraih kesuksesan di tengah banyak gangguan," tuturnya kepada Radio RAI (h/t Itasportpress).

Ini menjadi "dongeng" lanjutan Parma. Pada 2015, Parma dinyatakan bangkrut sehingga degradasi ke Serie D. Namun semusim demi semusim, mereka berhasil promosi hingga sampai ke Serie A pada musim panas lalu.

Namun, menjalani Serie A pertamanya sejak 2015, Parma justru tak cukup menjanjikan. Bahkan kemenangan pun sulit diraih --termasuk dalam laga sebelum melawan Fiorentina dengan tiga kali imbang dan sekali kalah.

D'Aversa pun mengakui bahwa timnya memang tak cukup berkualitas. Namun di balik itu, timnya punya semangat dan kekompakan.

"Saya beruntung bisa menangani skuat ini, mereka kompak. Mungkin dalam hal teknis ada kesenjangan, tapi anak-anak semangat dan gigih membela Parma," katanya kepada Sky Sport Italia (h/t Tutto Mercato Web).

Bagi Parma, perjuangan mereka sudah selesai. Meski begitu, menurut D'Aversa, timnya akan tetap bermain gigih saat menantang tuan rumah AS Roma pada pekan pamungkas (26/5).

Partai ini sangat berpengaruh bagi Roma, AC Milan, Inter Milan, dan Atalanta. Mereka tengah bersaing merebut dua tiket tersisa ke Liga Champions.

Atalanta kini berada di posisi tiga dengan nilai sama seperti Inter yang kalah selisih gol, 66. Sementara Milan duduk di posisi lima dengan angka 65 dan Roma di bawahnya dengan nilai 63.

Roma masih bisa naik ke posisi empat apabila mampu menang telak 6-0 atas Parma dan Inter kalah dari Empoli. Sedangkan Atalanta diprediksi bakal mampu memukul Sassuolo sehingga memastikan tiket ke Liga Champions.

Namun, Roma masih bisa gagal ke Liga Champions dan dipaksa puas ke Liga Europa jika Milan mampu menundukkan tuan rumah SPAL pada saat bersamaan akhir pekan ini. Jika ini terjadi, termasuk Inter kalah, Milan bakal lolos ke Liga Champions.

"Kami akan tetap bermain profesional, tentu setelah beristirahat," ujar D'Aversa memberi jaminan agar persaingan di papan atas tetap terjaga.

Persaingan yang belum selesai juga terjadi di jalur degradasi. Kekalahan membuat Fiorentina harus menjalani "partai final" dengan Genoa; siapa kalah bakal degradasi.

Fiorentina yang akan bertindak sebagai tuan rumah setidaknya hanya butuh satu angka atau hasil imbang untuk selamat dari degradasi. Mereka kini berjarak tiga poin dengan Genoa.

Ini akan menjadi pertaruhan nama pelatih Vincenzo Montella. Pelatih 44 tahun ini ditunjuk menangani Fiorentina untuk kedua kali pada 11 April lalu setelah Stefano Pioli mengundurkan diri.

Namun, Montella yang pernah menangani Fiorentina pada 2012-2015 belum berhasil memberi kemenangan sejak ditunjuk menggantikan Pioli. Sempat imbang 0-0 dengan Bologna pada partai pertamanya, Fiorentina kalah lima kali beruntun hingga kemarin.

"Semuanya menjadi negatif, kami kehilangan gol dan umpan. Para pemain terlihat takut," tukasnya kepada DAZN (h/t Calciomercato.com) usai kalah dari Fiorentina.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR