CHINA OPEN

Kevin/Marcus balas dendam pada Choi/Seo di Changzhou

Foto ilustrasi: Kevin Sanjaya Sukamuljo melompat untuk mensmes kok pada pertandingan semifinal Piala Sudirman melawan Jepang di Nanning, Tiongkok (25/5/2019).
Foto ilustrasi: Kevin Sanjaya Sukamuljo melompat untuk mensmes kok pada pertandingan semifinal Piala Sudirman melawan Jepang di Nanning, Tiongkok (25/5/2019). |

Walau penuh peluh, dendam itu terbalas. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil menundukkan Choi Solgyu/Seo Seung Jae di babak kedua Victor China Open 2019 di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, Kamis (19/9/2019).

Butuh waktu tepat satu jam bagi unggulan pertama ganda putra asal Indonesia itu untuk menang rubber game, 22-20, 18-21, 23-21 atas lawan dari Korea Selatan yang menyingkirkan mereka di babak kedua Kejuaraan Dunia 2019 bulan lalu. The Minions--julukan Kevin/Marcus--pun maju ke babak delapan besar.

Kevin memuji Choi/Seo yang disebutnya bermain amat bagus dan bisa meluncurkan serangan tajam. "Kami sering berada di bawah tekanan," katanya kepada Badmintonindonesia.org, situs resmi PBSI.

"Hari ini kami banyak dapat lucky point di akhir-akhir. Memang tidak mudah melawan mereka, poinnya pun hampir mirip dengan di pertemuan sebelumnya," tambah Marcus.

Pada pertandingan di Kejuaraan Dunia 2019 di Basel, Swiss, Kevin/Marcus kalah 21-16, 14-21, 21-23 dari peringkat ke-14 dunia itu. Dengan demikian kini rekor pertemuan kedua ganda putra itu menjadi imbang 1-1.

Berikutnya pada perempat final The Minions akan menghadapi perebut medali perak Olimpiade 2006, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Kevin/Marcus telah menang empat kali dalam lima pertemuan dengan andalan Malaysia itu.

Juara dunia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga dipaksa bermain tiga gim untuk bisa menang 18-21, 21-17, 21-16 atas Takuto Inoue/Yuki Kaneko. Pada perempat final, ganda Jepang lainnya, unggulan ke-5 Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, telah menanti mereka.

Ganda putra ketiga yang lolos ke perempat final turnamen BWF World Tour Super 1000 itu adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Mereka menang 21-19, 21-19 atas ganda Taiwan Lu Ching Yao/Yang Po Han.

Di babak perempat final, Fajar/Rian akan bertemu dengan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dari Jepang. Saat ini rekor pertemuan 5-3 untuk keunggulan Kamura/Sonoda.

"Pemain Jepang itu ulet, nggak gampang mati sendiri. Kami harus siapkan fisik, mental dan stamina. Kalau permainan, tergantung di lapangan, yang harus disiapkan itu fokusnya dan lebih sabarnya," jelas Fajar.

Sementara, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso tak bisa mempertahankan keunggulan saat menghadapi unggulan ketiga dari Tiongkok, Li Jun Hui/Liu Yu Chen. Ganda Indonesia itu menyerah 21-19, 14-21, 13-21.

Tinggal Anthony di tunggal putra

Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang tersisa di nomor tunggal putra. Dia maju ke perempat final setelah mengalahkan pemain India, Parupalli Kashyap, 23-21, 15-21, 21-12, dalam pertarungan yang berjalan 70 menit.

Anthony, juara China Open 2018, akan berebut tiket ke semifinal dengan Sai Praneeth, juga dari India.

Dua tunggal putra Indonesia lainnya tersingkir. Tommy Sugiarto ditaklukkan unggulan teratas Kento Momota dari Jepang, 10-21, 11-21, sementara Shesar Hiren Rhustavito tunduk 10-21, 10-21 pada pemain Hong Kong, Ng Ka Long Angus.

Wakil lain Indonesia di babak perempat final adalah satu ganda putri dan campuran. Pada ganda putri, unggulan kelima Apriyani Rahayu/Greysia Polii berhasil menyingkirkan ganda Denmark Maiken Fruergaard/Sara Thygesen, 21-14, 15-21, 21-18.

Sementara pada ganda campuran, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow, menaklukkan unggulan kelima asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, juga setelah melalui pertarungan tiga gim, 17-21, 23-21, 21-18.

Tantangan berat kembali menanti Tontowi/Winny di babak perempat final. Mereka sudah ditunggu unggulan kedua, Wang Yilyu/Huang Dongping.

"Mereka cukup kuat, tapi sebenarnya kalau bisa menerapkan pola yang benar, kami bisa. Kami harus optimis," kata Tontowi.

Ganda campuran lainnya, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, kalah 15-21, 18-21 dari unggulan ketujuh asal Korea, Seo Seung Jae/Chae Yujung.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR