LIGA NEGARA UEFA

Kroasia beruntung bisa kalahkan Spanyol

Para pemain Kroasia tengah merayakan kemenangannya atas Spanyol pada lanjutan Liga Negara UEFA, Jumat (16/11/2018) dini hari WIB. Kroasia menang dramatis dengan skor akhir 3-2.
Para pemain Kroasia tengah merayakan kemenangannya atas Spanyol pada lanjutan Liga Negara UEFA, Jumat (16/11/2018) dini hari WIB. Kroasia menang dramatis dengan skor akhir 3-2. | Antonio Bat /EPA-EFE

Dramatis. Begitu sepertinya kata yang tepat untuk menggambarkan kemenangan 3-2 Kroasia atas Spanyol dalam lanjutan pertandingan Grup A4 Liga Negara UEFA. Kroasia mengaku cukup beruntung atas hasil itu.

Bagaimana tidak, hingga 90 menit waktu normal berjalan dalam laga yang berlangsung di Stadion Maksimir, Zegreb, Kroasia, pada Jumat (16/11/2018) dini hari WIB kedua tim masih imbang 2-2.

Kroasia unggul terlebih dahulu lewat tendangan Andrej Kramaric pada menit 53. Lantas tim tamu membalas melalui sontekan Dani Ceballos tiga menit setelahnya. Tuan rumah kembali unggul via sundulan Tin Jedvaj pada menit 69.

Spanyol pun kembali menyamakan kedudukan 2-2 setelah Sergio Ramos berhasil memanfaatkan tendangan penalti menit 78. Pertandingan pun nampaknya akan berakhir imbang.

Namun, pada menit ketiga injury time, Jedvaj kembali membobol gawang Spanyol yang dikawal David de Gea lewat tendangannya memanfaatkan bola muntah. Hasil ini tentu membuat publik Maksimir berpesta.

Pasalnya, tiga poin yang mereka raih menghidupkan kembali peluang untuk lolos ke babak semifinal. Sebelum pertandingan berlangsung, Kroasia menempati posisi juru kunci dengan poin 1, diikuti Inggris (poin 4), dan pemuncak A4, Spanyol (6 poin).

Kini, jumlah poin Kroasia menjadi empat. Mereka hanya butuh minimal imbang 1-1 pada laga terakhir melawan Inggris di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Minggu (18/11), agar tak terdegradsi ke Grup B (untuk lebih jelas mekanisme Liga Negara UEFA, bisa klik di sini).

Atau, jika Kroasia menang pada pertandingan tersebut, tim asuhan Zlatko Dalic bisa keluar sebagai juara grup dan ikut dalam fase gugur bersama empat juara lainnya di Grup A1, A2, dan A3.

Pasalnya, poin enam milik Spanyol sudah tak mungkin berubah. Negeri Matador sudah memainkan semua laga di Grup A4.

"Saya harus mengucapkan selamat kepada semua pemain. Itu adalah pertandingan yang luar biasa dengan lima gol tercipta. Kami bermain baik dan berhak mendapatkan 3 poin," ucap Dalic dalam laman resmi Liga Negara UEFA.

Kroasia memang bermain baik, setidaknya dalam hal memanfaatkan peluang. Sebab, Spanyol lebih menguasai pertandingan dengan penguasaan bola hingga 67 persen. Namun Kroasia menciptakan lebih banyak peluang. Itulah yang dicatat oleh BBC.

Maka, tak heran bila gelandang Krosia, Ivan Rakitic, mengatakan bahwa timnya sedikit beruntung beroleh poin tiga. "Itu adalah kenyataan bahwa kami sedikit memiliki keberuntungan. Namun, kami sangat puas," ucap gelandang asal klub Barecelona itu.

"Terlepas dari itu, kami menunjukkan pertandingan hebat. Suporter menikmati pertandingan besar ini dan kami memberikan segalanya hingga menit akhir."

Walau kalah, Spanyol memang masih memiliki kans untuk bertanding di babak gugur. Syaratnya, pertarungan Inggris vs. Kroasia dua hari lagi maksimal berakhir imbang.

Bila Inggris menang, toh Spanyol sudah tidak mungkin terdegradasi, karena jumlah poin mereka di atas Kroasia. Jadi, pada titik ini, apa pun hasil di pertandingan Minggu (18/11), tak bakal mungkin membuat Spanyol terdegradasi.

Meski demikian, hal itu bukan prestasi yang bagus untuk tim sekelas Spanyol--juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Pelatih Spanyol, Luis Enrique, menyoroti kelemahan penyelesaian akhir timnya.

"Saya cukup senang dengan pertandingan ini, tetapi hasilnya tidak pantas dan saya pikir sepak bola hari ini belum adil bagi kami," ucap Enrique. "Kami lebih baik di babak kedua, juga Kroasia. Namun, pada titik ini, kami tidak pantas kalah."

Pada dini hari tadi, bukan hanya Kroasia vs. Spanyol saja negara yang bertarung di Liga Negara UEFA. Belgia menghajar Islandia dengan skor 2-0. Dua gol dari Michy Batshuayi mengukuhkan posisi Belgia sebagai juara Grup A2 sekaligus mendegradasi Islandia ke Grup B.

Namun, Belgia belum bisa memastikan diri melaju ke babak semifinal. Bila pada pertandingan terakhir melawan Swiss mereka kalah dengan margin 2 gol, maka Swiss yang bakal lolos ke empat besar.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR