PIALA ITALIA

Langkah rutin Milan di Piala Italia

Giacomo Bonaventura mencetak gol penentu kemenangan 2-1 AC Milan atas Torino dalam 16 Besar Piala Italia di San Siro, Juamt dini hari (13/1/2017).
Giacomo Bonaventura mencetak gol penentu kemenangan 2-1 AC Milan atas Torino dalam 16 Besar Piala Italia di San Siro, Juamt dini hari (13/1/2017). | Antonio Calanni /AP Photo

AC Milan menyempurnakan langkah rutin mereka di Piala Italia (Coppa Italia) dengan melaju ke perempat final. Jumat dini hari WIB tadi (13/1/2017), pasukan merah-hitam menundukkan Torino 2-1 di San Siro, Milan.

Dengan demikian, sudah empat klub yang memastikan melaju ke perempat final. Milan akan bertemu Juventus dan Fiorentina bakal menghadapi Napoli.

Pekan depan, delapan klub lain --di antaranya Internazionale Milan, AS Roma, Sampdoria, dan Lazio dijadwalkan memperebutkan empat tiket tersisa ke perempat final.

Adapun pada Piala Italia musim lalu, Juventus menjadi juara dengan menundukkan Milan 1-0 melalui perpanjangan waktu. Milan kemudian membalas kekalahan itu melalui Piala Super Italia pada Desember tahun lalu.

Seperti halnya Juventus, yang lepas dari sergapan Atalanta untuk menang 3-2 kemarin, Milan senantiasa melangkah mulus hingga 16 Besar Piala Italia. Sementara dalam tujuh musim terakhir, mereka selalu berhasil mencapai perempat final.

Meski begitu Milan tidak superior di ajang ini. Mereka baru lima kali juara, sementara rekor juara masih digenggam Juventus (11 kali) dan Roma (9 kali).

Jadi, pertemuan dengan Juventus nanti bakal menarik karena Milan kerap terjegal dalam perempat final. Dalam tujuh musim terakhir, Milan empat kali gagal ke semifinal --salah satunya oleh Juventus pada musim 2012-13.

Piala Italia memang bukan ajang utama yang disenangi publik Italia. Itu sebabnya klub juga jarang menurunkan kekuatan penuh.

Namun Milan kali ini tidak begitu. Seluruh pemain terbaik diturunkan pelatih Vincenzo Montella.

Namun Torino bisa mencuri gol lebih dulu melalui Andrea Belotti pada babak pertama. Milan baru bangkit pada babak kedua dan mencetak sepasang gol dalam interval tiga menit --Juraj Kucka pada menit 60 dan Giacomo Bonaventura pada menit 63.

Gol tadi membuat Bonaventura sebagai satu-satunya pemain Milan yang telah mencetak gol dalam tiga kompetisi musim ini. Bahkan ini pertandingan kelima yang dilalui pemain 27 tahun itu dengan mencetak satu gol dan satu assist, empat pertandingan lainnya di Serie A.

"Kami memulai laga dengan lambat, aliran bola terlalu pelan. Kami kemudian bangkit dan menunjukkan kualitas pada babak kedua," ujar Bonaventura dalam laman resmi Milan.

Montella mengatakan bahwa Bonaventura adalah aset penting kesebelasannya. Pertama, Bonaventura bisa bermain di posisi manapun dalam konteks menyerang.

Kedua, dia berguna sebagai pemain sayap ketika Milan menggunakan formasi 4-4-2. "Dia selalu mau belajar, sungguh aset penting bagi Milan dan kesebelasan nasional Italia," tukas Montella dilansir ESPN FC.

Namun manajer umum Milan, Adriano Galliani, melihat timnya kekurangan pemain sayap berkualitas. Milan yang tengah melakukan regenerasi skuat punya sekelompok pemain muda berkualitas di posisi bertahan, gelandang (tengah), dan menyerang --bukan pemain sayap.

"Jadi, kami sedang mencari penyerang sayap yang bisa main di kanan atau kiri. Kehadiran dia nanti bisa membuat Suso dan Bonaventura sesekali diistirahatkan," ujar Galliani dikutip Tribal Football.

Kembali ke Piala Italia, pertemuan Milan dengan Juventus bakal terjadi pada 25 Januari nanti. Juventus tentu menjadi unggulan pertama karena sedang berada dalam performa terbaik sehingga bisa punya catatan 26 kali menang beruntun di Serie A.

Namun Juventus bukannya tanpa cela. Saat menundukkan Atalanta kemarin, gawang Neto kebobolan dua kali. Ini adalah kebobolan dua gol yang pertama bagi Juventus sejak Bayern Munchen melakukannya pada Februari 2016.

Pemain belakang Andrea Barzagli mengatakan Juventus harus belajar dari pertandingan itu. "Juventus harus bisa bereaksi cepat pada tekanan (lawan) dan merespon bola dengan cepat," kata pemain berusia 35 itu kepada laman klub.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR