LIGA PRIMER INGGRIS

Liverpool tak mau kalah mentereng dari Man City

Kapten James Milner (kiri) dan penyerang Roberto Firmino (kanan) menyumbang gol demi kemenangan 3-1 Liverpool atas tuan rumah Burnley di Stadion Turf Moor dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Kamis (6/12/2018) dini hari WIB.
Kapten James Milner (kiri) dan penyerang Roberto Firmino (kanan) menyumbang gol demi kemenangan 3-1 Liverpool atas tuan rumah Burnley di Stadion Turf Moor dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Kamis (6/12/2018) dini hari WIB. | Neil Hall /EPA-EFE

Liverpool tak mau kalah mentereng dari Manchester City dalam catatan statistik. Bila City mendekati rekor memasukkan dan kebobolan dalam kompetisi Liga Primer Inggris (EPL) yang sudah bertahan selama 125 tahun, Liverpool punya rekor pertahanan.

Liverpool kini menjadi klub kedua Inggris yang mencapai rekor pertahanan kokoh. Usai mengalahkan tuan rumah Burnley 3-1 di Stadion Turf Moor, Burnley, Kamis (6/12/2018) dini hari WIB, dalam pertandingan ke-15, The Reds baru kebobolan enam gol.

Bahkan jumlah itu lebih sedikit dibanding rekor kemasukan City (tujuh gol) kendati catatan memasukkan Liverpool pun kalah banyak; 45 berbanding 30.

Bila dihitung hingga matchday ke-14, Liverpool hanya kalah dari rekor Chelsea yang dicatatnya pada musim 2008-2009. Ketika itu Chelsea hanya kemasukan empat gol dalam 14 laga.

Uniknya, rekor terbaru Liverpool dicatat ketika tim asuhan Jurgen Klopp ini gagal tampil apik. Mereka berada di bawah tekanan Burnley selama babak pertama kendati mengendalikan permainan.

Burnley justru mampu mencatat peluang lebih banyak walau pada akhirnya selalu gagal menjadi gol. Skuat Sean Dyche lantas mampu unggul lebih dulu pada awal babak kedua (menit -54) melalui Jack Cork.

Gol itu menyentak Liverpool. Kapten James Milner membuka jalur kemenangan lewat golnya pada menit ke-62.

Dan Milner seolah menjadi katalisator kemenangan jika mencetak gol. Pemain 32 tahun ini selalu membuat timnya tak pernah kalah dalam 49 pertandingan apabila dirinya mencetak gol.

Tujuh menit kemudian giliran Roberto Firmino mencetak gol melalui sentuhan pertamanya di lapangan usai menggantikan Divock Origi pada menit ke-66. Liverpool menutup kemenangan melalui Xherdan Shaqiri pada menit akhir setelah menerima assist dari Mohammed Salah.

Klopp mengatakan timnya memang sempat kesulitan, terutama pada babak pertama. Apalagi Klopp dipaksa mengganti pemain ketika Joe Gomez mendapat cedera pada menit ke-23.

Dengan kata lain, pelatih asal Jerman itu mengatakan bahwa timnya memang terlambat panas karena banyak pemainnya yang baru pulih dari cedera dan beberapa jarang bermain. "Alberto (Moreno) butuh waktu, Div (Origi) butuh waktu, Daniel (Stturidge) butuh waktu dan segalanya. Shaq belum benar-benar terlibat (pada permainan).

"Lalu kami harus mengganti pemain lebih dini dan sejenisnya. Jadi, babak pertama hanya permulaan," tuturnya dalam jumpa pers yang dilansir laman resmi Liverpool.

Apapun, Liverpool pun masih setia menempel City yang kokoh di puncak klasemen dengan selisih dua poin. Mereka juga masih belum terkalahkan dalam 15 laga beruntun.

Ucapan Sarri tergenapi

Pada saat bersamaan, Chelsea makin tercecer dari dua klub teratas tersebut lantaran kalah 1-2 dari tuan rumah Wolverhampton Wanderers di Stadion Molineux. Unggul lebih dulu melalui Ruben Loftus-Cheek, Chelsea tersungkur oleh gol Raul Jimenez dan Diego Jota.

Kekalahan Chelsea seolah menggenapi komentar sang pelatih, Maurizio Sarri. Sebelum melawan Wolverhampton, pelatih asal Italia itu mengakui bahwa Chelsea "tidak mungkin bisa menandingi City di jalur juara."

"Tiba-tiba kami menjadi tim semenjana," tutur Sarri setelah laga dikutip The Guardian. Maksudnya, Chelsea memang bermain buruk dan pantas kalah serta sebagian pemain "merasa kelebihan percaya diri."

Posisi Chelsea di peringkat empat pun kini terancam. Nilai 30 yang mereka miliki tertinggal dua poin dari Tottenham Hotpurs di atasnya yang saat bersamaan mengalahkan Southampton 3-1.

Chelsea juga harus mewaspadai Arsenal yang berada di posisi lima dengan jarak satu poin. Beruntung bagi Chelsea, Arsenal hanya bermain 2-2 dengan tuan rumah Manchester United di Stadion Old Trafford, Manchester.

BACA JUGA