LA LIGA SPANYOL

Madrid menang, Ronaldo samai capaian Messi

Ronaldo saat mencetak gol keduanya, kala MAdrid mengalahkan Getafe, 3-1, di Santiago Bernabeu, Minggu (4/3/2018) dini hari WIB. Ini adalah gol ke 14 Ronaldo dalam delapan pertandingan terakhir, alias gol ke-300-nya di La Liga dalam sembilan musim.
Ronaldo saat mencetak gol keduanya, kala MAdrid mengalahkan Getafe, 3-1, di Santiago Bernabeu, Minggu (4/3/2018) dini hari WIB. Ini adalah gol ke 14 Ronaldo dalam delapan pertandingan terakhir, alias gol ke-300-nya di La Liga dalam sembilan musim. | Chema Moya /EPA-EFE

Real Madrid menjalani pekan ke-27 La Liga Spanyol melawan Getafe, Minggu (4/3/2018) dini hari WIB, dengan kondisi terluka. Sebab, di pertandingan sebelumnya, mereka dibenamkan tuan rumah Espanyol 0-1 di menit akhir pertandingan.

Tapi, kejadian di tengah pekan lalu itu tak terjadi saat bersua Getafe. Madrid bangkit dan memukul sang tamu dengan skor 3-1 di Stadion Santiago Bernabeu. Adalah Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo yang membuat pendukung Madrid bersorak di rumah mereka.

Bale berhasil mencetak gol pada menit ke-24. Sedangkan penyerang Portugal itu melesakkan si kulit bundar pada menit ke-45+1 dan 78. Satu gol Getafe dibuat oleh Francisco Portillo menit ke-65 lewat titik putih.

Hasil ini memang tak mengubah posisi Si Putih di papan klasemen La Liga Spanyol. Mereka tetap terpaku di peringkat ketiga dengan 54 poin. Tapi paling tidak, hasil ini juga menjadi modal bagus bagi Madrid untuk menghadapi laga tengah pekan esok.

Pasalnya, mereka harus bertamu ke markas Paris Saint-Germain dalam lanjutan babak 16 besar Liga Champions. Di pertemuan pertama pada tengah Februari lalu, armada Zinedine Zidane menang 3-1.

"Tim bermain lebih baik dibanding empat hari lalu (melawan Espanyol). Selain itu, adalah hal bagus datang ke pertandingan Selasa nanti (melawan PSG) dengan kemenangan," ucap Zidane, yang dilansir ESPN.

Getafe memang bukan lawan sepadan bagi Madrid, bahkan lebih cocok disebut sebagai laga pemanasan jelang pertandingan di Paris nanti. Menurut catatan Whoscored, Madrid berhasil menguasai 76 persen jalannya pertandingan; berbanding 24 milik Getafe.

Ronaldo dkk. pun mampu melepaskan 14 tembakan, enam di antaranya tepat sasaran. Untuk Getafe, dari empat percobaan, semuanya tepat sasaran. "Kami melihat semua pemain sangat fokus, itu adalah hal yang terpenting," ucap Zidane.

Pada pertandingan dini hari tadi, Zidane memang memang tidak ingin mencoba-coba atau menyimpan para pemainnya. Dia memilih sebelas pemain pertama dengan kekuatan penuh--minus Marcelo yang baru sembuh serta Toni Kroos dan Luka Modric yang cedera.

Di lini depan, Ronaldo diduetkan dengan Karim Benzema. Sedangkan Bale, ditempatkan di sisi kanan dalam formasi 4-4-2. Trio yang dikenal dengan sebutan BBC itu memang tak semuanya mencetak gol.

Tapi, Benzema berhasil membuat assist untuk gol pertama Ronaldo. Nama terakhir ini, sepertinya sudah mulai menemukan kembali ketajamannya. Setelah sebelumnya seret di awal musim, perlahan-lahan keran golnya kembali lancar.

Dalam delapan pertandingan terakhir, dia berhasil membuat 14 gol, di mana 12 di antaranya dibuat di La Liga. Dengan dua golnya pada dini hari tadi, Ronaldo pun berhasil membuat 30 gol di semua ajang yang dia ikuti musim ini.

Bukan hanya itu, ini adalah kali kesembilan bagi penyerang 33 tahun itu berhasil mencetak 30 gol dalam sembilan musim secara beruntun di semua ajang.

Catatan lain, yang kali ini dilansir Opta, dengan dua golnya tadi, Ronaldo berhasil mencetak 300 gol di La Liga. Jumlah itu tak mudah dibuat siapapun. Sebagai catatan, mantan Pangeran Bernabeu, Raul Gonzales, berhasil mencetak 323 gol bersama Los Marengues di semua ajang.

Sejauh ini, hanya ada seorang pemain lain yang mampu mencetak 300 gol di La Liga. Namanya, siapa lagi, kalau bukan Lionel Messi (372 gol di La Liga). Tapi, Messi mulai mentas di La Liga sejak 2004, alias kurang lebih 14 tahun lalu.

Sedangkan Ronaldo, mulai debut di panggung La Liga pada 2009. "Dia sedang menikmati penampilannya yang luar biasa. Kami harus memanfaatkan itu sebaik mungkin," ucap Zidane, di laman resmi Madrid.

Kini, Madrid bisa sedikit lebih percaya diri menghadapi PSG di Liga Champions nanti. Bila ada yang mengganjal, itu karena cedera Modric dan Kroos tadi. Tapi, Zidane tak ingin berspekulasi apakah kedua pemain itu bisa atau tidak turun melawan PSG.

"Keduanya belum berlatih dengan tim sejauh ini ... Kita harus menunggu hingga Selasa, dan masih ada dua hari tersisa. Kita akan lihat, apakah mereka akan siap sebelum Selasa," ucap Zidane.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR