SEPAK BOLA

Marc Klok, nama kejutan di skuat pelatihan timnas Indonesia

Gelandang PSM Makassar, Marc Klok, (tengah) dipanggil masuk pusat pelatihan timnas Indonesia. Klok adalah warga negara Belanda yang tengah dalam proses naturalisasi menjadi WNI.
Gelandang PSM Makassar, Marc Klok, (tengah) dipanggil masuk pusat pelatihan timnas Indonesia. Klok adalah warga negara Belanda yang tengah dalam proses naturalisasi menjadi WNI. | Hafidz Mubarak A /Antara Foto

Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia, Simon McMenemy, Selasa (22/5/2019), telah memanggil 25 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di Cikarang, Jawa Barat, menjelang dua laga persahabatan internasional melawan Yordania dan Vanuatu pada Juni.

McMenemy lalu membuat kejutan dengan memanggil satu pemain tambahan yang menggenapkan anggota skuat menjadi 26 pemain. Dia adalah gelandang PSM Makassar, Marc Klok.

Klok adalah warga negara Belanda. Namun, menurut situs resmi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), ia tengah menjalani proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

McMenemy tertarik dengan kemampuan gelandang yang telah dua tahun merumput di Indonesia tersebut dan ingin melihatnya secara langsung saat berlatih dengan timnas di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Karena ia belum jadi WNI, McMenemy memanggilnya dengan status pemain tambahan.

"Pemain akan berkumpul mulai 30 Mei, namun ada pemain yang baru bergabung di 1 Juni. Proses latihan kami mulai dari 31 Mei. Kami berencana berangkat ke Yordania pada 6 Juni mendatang. Khusus Marc Klok, kami tim pelatih ingin melihat secara langsung dia berlatih bersama dengan Timnas Indonesia," kata pelatih asal Skotlandia itu.

Perjalanan Klok untuk menjadi WNI tampaknya masih panjang. Ia baru mengajukan permohonan menjadi WNI kepada Kementerian Hukum dan HAM pada Maret lalu.

Masalah yang menghalangi adalah ia baru tinggal di wilayah Indonesia selama dua tahun. Sementara, berdasarkan pasal 9 Undang-undang No. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia, pemohon harus sudah tinggal di wilayah Indonesia paling singkat lima tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut.

Pengecualian dari syarat tersebut, menurut pasal 20 UU tersebut, hanya bisa didapat oleh mereka yang dianggap berjasa kepada Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara, atas persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.

CEO PSM, Munafri Arifuddin, melihat celah bagi pemuda kelahiran Amsterdam itu untuk mendapatkan kewarganegaraan lebih cepat (h/t detikcom). Buyut Klok, Jan Ernst Karel, adalah keturunan Indonesia.

Namun, dalam UU No 12/2006 tidak diatur mengenai kewarganegaraan untuk cucu dan cicit dari seorang WNI. Dengan demikian tampaknya sulit bagi Klok untuk bisa segera memiliki paspor Indonesia.

Walau demikian, Klok menyatakan tetap merasa bangga. Pemanggilan itu, walau sekadar untuk ikut latihan, merupakan impiannya yang jadi kenyataan. Ia juga yakin proses naturalisasi yang tengah dijalaninya bakal berbuah.

"Saya merasa bahwa ini (Indonesia, red.) adalah rumah bagi saya. Lebih dari yang saya rasakan di tempat-tempat lain," tulis Klok dalam akun Instagram resminya.

"Saya ingin sampaikan bahwa saya akan memberikan segalanya untuk negara ini. Saya harap bisa membayar itu dengan performaku," tegasnya.

Pelatih PSM, Darije Kalezic, menyatakan bahwa Klok memang layak dipanggil karena performanya yang bagus selama membela tim berjuluk Juku Eja itu. Akan tetapi, Kalezic menyatakan bakal menghubungi McMenemy karena Klok belum pulih benar dari cedera yang dialaminya.

"Saya tidak mau Klok absen nanti ketika kembali membela PSM," kata Kalezic kepada JPNN.

Timnas akan terlebih dulu tandang ke Yordania pada 11 Juni, lalu menjamu Vanuatu pada 15 Juni. Lokasi dua pertandingan tersebut masih belum ditentukan.

Daftar 25 Pemain Timnas Indonesia untuk TC Cikarang

Kiper: Andritany Ardhiyasa (Persija), Teja Paku Alam (Semen Padang), Awan Setho (Bhayangkara FC)

Belakang: Ricardo Salampessy & Yustinus Pae (Persipura), Novri Setiawan (Persija), Ruben Sanadi & Hansamu Yama (Persebaya), Ricky Fajrin (Bali United), Yanto Basna (Sukhotai FC), Achmad Jufriyanto (Persib), Rizky Pora (Barito Putera)

Tengah: Evan Dimas (Barito Putera), Zulfiandi & Andik Vermansah (Madura United), Arthur Bonai (PSIS), Rizky Pellu (PSM), Febri Hariyadi (Persib), Ramdani Lestaluhu & Riko Simanjuntak (Persija), Stefano Lilipaly (Bali United), Irfan Jaya (Persebaya)

Depan: Dedik Setiawan (Arema FC), Alberto Goncalves (Madura United), Irfan Bachdim (Bali United)

Pemain tambahan: Marc Klok (PSM Makassar)

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR