Mereka yang (diprediksi) keluar

Ekspresi Mourinho setelah Manchester United lolos ke Final dengan mengalahkan Celta di semi final Piala Eropa Kamis (11/5).
Ekspresi Mourinho setelah Manchester United lolos ke Final dengan mengalahkan Celta di semi final Piala Eropa Kamis (11/5).
© Dave Thompson / AP Photo

Musim panas merupakan waktu yang sibuk bagi para manajer atau pelatih sepak bola di mayoritas negara benua Eropa. Hal ini terkait dengan persiapan tim untuk mengarungi kompetisi pada tahun berikutnya.

Tak terkecuali tahun ini.

Ya, musim kompetisi belum juga berakhir, namun sejumlah pemain sudah ramai dibicarakan akan berpindah klub. Mulai dari Gareth Bale, Eden Hazard, hingga pemain muda Monaco -Kylian Mbappe, mulai menghiasi berbagai laman media massa.

Berikut adalah beberapa hot property yang diisukan bakal berganti klub musim mendatang.

Romelu Lukaku (Everton)

Hingga pekan ke 37, penyerang asal Belgia itu merupakan pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan torehan 24 gol. Dengan capaiannya itu, tak usah heran bila Lukaku menjadi incaran sejumlah klub.

Salah satu orang yang kesengsem dengan penampilan Lukaku ialah Antonio Conte, manajer Chelsea. Performa Lukaku di Liga Inggris memang tak bisa dianggap sebelah mata. Tiga musim terakhir, dia selalu mencetak gol di atas 10.

Lukaku sendiri, sebenarnya bukan orang baru di Chelsea. Selama 3 tahun sejak 2011, ia pernah tinggal di Stamford Bridge, sebelum didepak pada 2014.

Selain Chelsea, tim lain yang menginginkan jasa Lukaku adalah Manchester United. Lucunya, manajer MU, Jose Mourinho, adalah orang yang mentrasfer Lukaku dari Chelsea ke Everton di 2014.

Perkiraan harga: 65 juta pound. Peminat: Chelsea, MU dan Bayern Munich

Kylian Mbappe (Monaco)

Usianya masih tergolong belia, yakni 18 tahun. Tapi jangan diragukan lagi kemampuannya. Bukti paling sahihnya adalah kala dia mencetak dua gol ke gawang Manchester City di perempat final Liga Champions. Dia juga menjadi pemain paling muda yang mencetak gol di Liga Champions.

Tidak sedikit orang yang menyebut permainan Mbappe seperti Thierry Henry, penyerang andalan Prancis dekade 2000an. Kecepatan berlari dan ketenangan dalam bermain yang menjadi acuannya.

Perkiraan harga: 90 juta pound. Peminat: Real Madrid, Arsenal, MU dan Bayern Munich

James Rodriguez (Real Madrid)

Tak mendapat tempat utama di musim ini, menjadikan pemilik gol terbaik Piala Dunia 2014 itu disebut bakal keluar dari Real Madrid musim depan. Memang, sepanjang musim ini, pelatih Zinedine Zidane, lebih memilih trio Benzema, Bale, dan Ronaldo.

Hal ini dapat dilihat dari menit bermainnya. Walau Bale cedera, jumlah penampilan penyerang Wales itu lebih banyak dari James. Hingga saat ini, Bale sudah bermain sebanyak 17 kali dan James (13).

Dailymail.com mengatakan bahwa James sudah membuat kesepakatan secara personal dengan MU. Tim sekota MU, City, juga dikabarkan tertarik dengan penyerang Kolombia berusia 25 tahun itu.

Perkiraan harga: 60 juta pound. Peminat: MU dan Manchester City

Eden Hazard (Chelsea)

Bukan Real Madrid namanya bila saban tahun tidak menggelontorkan banyak uang untuk membeli pemain. Untuk musim 2017/2018, mereka menginginkan Eden Hazard.

Musim ini, Hazard memang tampil menonjol untuk membawa timnya, Chelsea, meraih juara Premier League. Untuk tim London Barat itu, Hazard sudah tampil 41 kali di semua ajang, dengan 16 gol dan 5 assists.

Kedatangan Hazard ini, dikatakan Dailymail, sebagai antisipasi bila James Rodriguez diambil MU. Masalahnya Madrid memiliki Bale, di mana posisinya hampir serupa.

Namun, menurut Mirror.co.uk, Bale kemungkinan juga bakal hengkang. Tujuannya, Premier League.

Perkiraan Harga: 80 juta pound. Peminat: Real Madrid

David De Gea (Manchester United)

Ini bukan spekulasi baru. Dalam dua tahun terakhir, nama De Gea selalu dikaitkan dengan Real Madrid. Tapi, hingga musim ini toh kiper utama timnas Spanyol itu masih menjadi bagian dari skuat Red Devil.

Namun, spekulasi ini semakin menguat karena dalam dua pertandingan terakhir MU, Mourinho memainkan Sergio Romero dan Joel Pereira.

Meski masih memiliki pertandingan final Liga Eropa melawan Ajax pekan depan, namun mencadangkan kiper utama bukan hal yang umum di dua pertandingan berturut-turut.

Perkiraan harga: 35 juta pound. Peminat: Real Madrid.

Selain nama-nama tersebut, masih banyak pemain yang diisukan bakal berganti klub musim depan. Seperti Diego Costa (Chelsea) yang disebut-sebut diminati Tianjin Quanjin (Tiongkok) atau Atletico Madrid, Alexis Sanchez dikaitkan dengan Chelsea, Bayern Munich, dan Manchester City, hingga Sergio Aguero ke Barcelona atau PSG.

Jadi, selamat datang di musim yang sibuk.

x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.