TRANSFER PEMAIN

MU cari pemain belakang, Madrid buru pemain depan

Pemain depan Manchester United (MU) , Anthony Martial (tengah), merayakan golnya kala menahan imbang Arsenal 2 dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Rabu (5/12/2018).
Pemain depan Manchester United (MU) , Anthony Martial (tengah), merayakan golnya kala menahan imbang Arsenal 2 dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Rabu (5/12/2018). | Peter Powell /EPA-EFE

Bulan Januari menjadi salah satu waktu tersibuk bagi para manajemen klub sepak bola di benua Eropa. Pasalnya, masa awal tahun ini merupakan periode bursa transfer tengah musim atau biasa disebut bursa transfer musim dingin.

Bagi sejumlah klub, khususnya tim-tim besar yang memiliki performa tak apik pada awal hingga tengah musim, jendela transfer periode ini bakal dimanfaatkan betul untuk menambal skuat mereka. Misalnya, Manchester United (MU) dan Real Madrid.

Maklum, MU saat ini masih berada di posisi keenam Liga Primer Inggris (EPL) dan telah berganti pelatih dari Jose Mourinho ke Ole Gunnar Solskjaer. Sedangkan Madrid bertengger di peringkat empat La Liga Spanyol -- posisi tak lazim bagi mereka.

Namun, yang harus diingat, pembelian pemain di tengah musim ini bukan melulu dilakukan tim-tim besar yang tengah bermasalah. Pun demikian dengan tim-tim besar yang memiliki penampilan apik hingga tengah musim.

Salah satu contohnya adalah Barcelona pada musim lalu. Saat itu, Tim Catalan ini tengah menduduki posisi puncak pada Januari 2018. Toh nyatanya mereka melakukan pembelian besar dengan merekrut Philippe Coutinho dari Liverpool dengan mahar 192,7 dolar AS (sekitar Rp2,7 triliun).

Untuk musim 2018-2019, sepertinya megatransfer macam Coutinho tadi sulit terjadi. Maklum, sejauh ini tak ada tanda-tanda pembelian pemain tenar yang bakal dilakukan oleh tim-tim Eropa.

Meski demikian, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, bursa transfer musim dingin akan berlangsung cukup ramai. Dasarnya ya itu tadi, sejumlah klub besar Eropa kini berada dalam posisi yang tak baik di masing-masing liga. Berikut kami sarikan beberapa di antaranya:

Liga Primer Inggris

Sebagai tim besar, posisi keenam di EPL merupakan hal tabu bagi MU. Dengan 35 poin dari 20 laga, Setan Merah tercecer dalam perburuan mahkota liga musim ini -- beda 19 poin dari Liverpool di puncak klasemen.

Salah satu yang menjadi masalah krusial MU adalah sisi pertahanan. Mereka sudah kebobolan 32 kali, bahkan lebih buruk dari Newcastle United (peringkat ke-15) yang baru 27 kali kemasukkan gol.

Untuk mengatasinya, manajemen mengincar beberapa pemain bertahan. Dalam laporan The Guardian, Selasa (1/1/2019); MU berusaha menggaet Eder Militao dari FC Porto, Toby Alderweireld (Tottenham Hotspur), Harry Maguire (Leicester City), atau Kalidou Koulibaly (Napoli).

Nama lain yang diincar oleh MU, menurut Standard.co.uk, adalah bek tengah sekaligus kapten Newcastle, Jamaal Lascelles. Pemain bertahan lainnya adalah Milan Skriniar dari Inter Milan.

Untuk nama terakhir ini, MU sepertinya memiliki keuntungan tersendiri. Inter dikabarkan tertarik merekrut Ashley Young. Kontrak Young akan habis pada akhir musim ini, meski menurut Mirror.co.uk MU tertarik memberi kontrak baru hingga 2020.

Di sisi lain, Chelsea sepertinya berniat menambal lini tengah mereka. Saat ini, The Blues mengincar pemain Borussia Dortmund sekaligus bintang baru timnas Amerika, Christian Pulisic. Chelsea dikabarkan menyediakan uang hingga 45 juta pounds (Rp828,5 miliar).

Sedangkan Tottenham Hotspur sepertinya masih terlihat pasif dalam bursa transfer musim ini, termasuk musim panas 2018. Mereka tetap berhemat setelah membiayai proyek stadion barunya yang menghabiskan dana hingga 1 miliar pounds.

Kemungkinan, menurut sejumlah media seperti The Guardian, Spurs akan menjual salah satu pemain andalannya, Mousa Dembele. Nama terakhir ini diincar oleh salah satu klub Chinese Super League.

Serie A Italia

Aaron Ramsey sepertinya bakal menjadi salah satu properti paling menarik pada bursa transfer musim ini. Menurut BBC, ada lima klub besar yang tertarik mendapatkan tanda tangan gelandang berusia 28 tahun tersebut dari Arsenal.

Mereka adalah Juventus, Inter Milan, Bayern Munich, Paris Saint-Germain (PSG), dan Madrid. Minat mereka bisa dimaklumi, karena kontrak Ramsey di Arsenal akan habis pada akhir musim ini.

Meski demikian, menurut Times (h/t Standard), Juventus berada di pole position untuk mendapat Ramsey. Standard menyebut, Juventus siap mengontrak Ramsey selama empat tahun dengan total gaji hingga 31 juta pounds.

Jika Juventus percaya diri mendapatkan pemain incarannya, AC Milan dipaksa gigit jari. Pasalnya, pemain incaran mereka, Luis Muriel -- striker Sevilla -- akan berlabuh di Stadion Artemio Franchi bersama Fiorentina.

"Fiorentina resmi merekrut Luis Muriel dari Sevilla," tulis laman resmi klub (h/t Calciomercato). Fiorentina bakal membeli dengan opsi meminjam dan dapat dipermanenkan pada akhir musim dengan mahar 12 juta euro.

Milan bakal lebih merana jika pemain incaran lainnya, gelandang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek, bakal merapat ke AS Roma. Sejauh ini, kedua klub masih berusaha mengincar tanda tangan pemain berusia 21 tahun tersebut.

La Liga Spanyol

Dari tanah Spanyol, Barcelona dikabarkan bernafsu mendatangkan gelandang klub PSG, Adrien Rabiot. Bahkan, sejumlah media mengatakan bahwa gelandang Prancis tersebut sudah dihubungi Barcelona lewat "jalur belakang" dan akan dikontrak hingga lima tahun.

Namun, Barcelona buru-buru membantah kabar tersebut. "Menanggapi berita yang beredar, kami menyatakan tak ada pelanggaran peraturan yang dilakukan untuk mendapatkan Rabiot," tulis laman resmi Barcelona (h/t Independent.co.uk).

"Kami mengontak (PSG) pada akhir Agustus 2018 dan seminggu lalu... Barcelona selalu bekerja dengan level transparasi tinggi kepada PSG dan klub lainnya."

Kehilangan Cristiano Ronaldo pada musim panas kemarin sepertinya masih memengaruhi ketajaman Madrid hingga tengah musim ini. Hingga 16 laga berjalan, mereka baru berhasil mencetak 24 gol.

Untuk itu, demi menambal lubang pasca-Ronaldo, manajemen Los Blancos bakal aktif mencari striker pada bursa transfer musim dingin. Dalam catatan Express.co.uk, Si Putih kini mengincar lima nama striker.

Mereka adalah Mauro Icardi (Inter Milan), Timo Werner (RB Leipzig), Krzysztof Piatek (Genoa), Bas Dost (Sporting Lisbon), dan Fernando Llorente (Tottenham Hotspur). Nama pertama menjadi opsi teratas.

Menurut Calciomercato, pertukaran Icardi dan Toni Kross menjadi salah satu opsi yang bakal ditempuh Madrid.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR