SUPERLIGA JUNIOR

PB Djarum dan PB Jaya Raya menang telak

Tim putri PB Djarum U-17 tengah berpose di depan GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, pada Selasa (16/10/2018) pagi WIB.
Tim putri PB Djarum U-17 tengah berpose di depan GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, pada Selasa (16/10/2018) pagi WIB. | PB Djarum

Klub PB Djarum meraih hasil apik di pertandingan pertama Blibli.com Superliga Junior 2018. Berlangsung di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, pada Selasa (16/10/2018) tim putri PB Djarum U-17 menang telak 5-0 atas PB Suryanaga Wima, Surabaya, Jawa Timur.

Meski demikian, hasil ini belum berarti apa-apa. Pasalnya, ini baru laga pertama dan masih banyak kemungkinan lain di depan. Hal itu dikatakan oleh salah seorang pelatih tim bulu tangkis putri PB Djarum, Ade Lukas.

"Secara keseluruhan lawan kami hari ini tidak terlalu menyulitkan. Dari segi teknik pun anak-anak kami masih unggul cukup jauh. Jadi dari sisi pelatih, belum kelihatan betul apa yang perlu dievaluasi," ucap Ade dalam laman resmi PB Djarum.

Memang, tim putri U-17 PB Djarum terlihat cukup tangguh dibanding PB Suryanaga Wima. Dari lima wakil yang diturunkan, Aisyah Sativa Fatetani dkk. tak pernah kehilangan satu gim pun.

Selain itu, para pemain dari klub yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah tersebut juga mampu menang dengan rata-rata durasi 20 menit. Pertandingan paling lama dilakoni Aisyah Galuh Maheswari di partai terakhir, yakni melawan Adelia Erneta Putri dengan waktu 23 menit.

Kemenangan telak tidak hanya diraih PB Djarum. Demikian pula dengan tim putri U-17 PB Jaya Raya. Klub yang bermarkas di Jakarta itu juga beroleh hasil 5-0 atas Sarwendah Badminton Club (Jakarta).

Kini, PB Djarum dan PB Jaya Raya memimpin klasemen sementara Grup Y Blibli.com Superliga Junior 2018. Pada pertandingan selanjutnya, PB Djarum akan melandeni Sarwendah Badminton Club, sedangkan PB Jaya Raya akan bersua PB Surayanaga Wima.

Peluang untuk memperoleh kemenangan atas Sarwendah Badminton Club, dirasa Lukas cukup besar, khususnya di sektor ganda.

"Kalau dari sektor ganda, kemungkinan menang dua partai. Kalau dari sektor tunggal, kurang tahu. Tapi kami optimis bisa menang untuk mengunci babak semifinal," ucap Lukas.

Bila di Grup Y dua tim bersaing ketat, tak demikian dengan Grup X. Mutiara Cardinal (Bandung) nampak cukup dominan. Mereka memimpin grup setelah menang telak 5-0 atas SGS PLN (Bandung).

Pesaing mereka, PB Exist (Jakarta), harus melakoni laga sulit. Menghadapi Daihatsu Candra Wijaya Badminton Club (Banten), PB Exist menang tipis, 3-2. Pada sore hingga malam nanti, turnamen ini akan mempertandingkan U-17 putra maupun U-19 putra-putri.

Merupakan turnamen unik

Blibli.com Superliga Junior 2018 merupakan turnamen yang cukup unik. Beda dari kejuaraan-kejuaraan selama ini yang hanya mempertandingkan nomor individu, Blibli.com Superliga Junior justru diperuntukkan bagi tim.

Formatnya pun berbeda. Kejuaraan yang menyediakan total hadiah hingga Rp610 juta tersebut menggunakan format Thomas-Uber, baik untuk kategori U-17 maupun U-19. Dalam satu pertandingan akan ada tiga nomor tunggal dan dua ganda.

Dan, pemenang pertandingan adalah tim yang mampu memperoleh minimal tiga kemenangan. Oleh karenanya, soliditas tim menjadi salah satu faktor utama seberapa jauh klub-klub peserta melangkah.

"Selain mengasah kemampuan, dalam pertandingan beregu pemain harus mampu menahan ego serta mengasah solidaritas antarpemain," ucap ketua panitia pelaksana kejuaraan, Luis Pongoh, dalam siaran berita yang Beritagar.id dapatkan.

Cukup jarang format pertandingan demikian dilaksanakan untuk kategori junior. Bila pun ada, itu sifatnya antarnegara, yakni dalam Badminton Asia Junior Championships. Sedangkan untuk level klub, sepertinya tidak ada, terlebih untuk kategori junior.

Format pertandingan grup seperti ini memang memiliki kesulitan tersendiri. Bahkan, pemain sekelas Lim Swie King mengatakan, format kejuaraan beregu lebih sulit dimenangkan ketimbang individu.

"Menurut saya, kejuaraan beregu itu lebih sulit ketimbang individu. Mengapa? Sebab di sini lah kerja sama tim dibutuhkan. Mereka (atlet) harus bahu-membahu menjaga semangat satu sama lainnya," katanya.

Sebanyak 285 atlet junior ambil bagian di Blibli.com Superliga Junior 2018. Mereka semua tersebar di 13 klub dari dalam dan luar negeri. Beberapa klub luar negeri yang ambil bagian adalah Granular dan SCG dari Thailand; Keelung High School dari Taiwan; dan Badminton Association of India.

Pada tahun ini, ketagori U-17 putra memperebutkan Piala Hariyanto Arbi dan U-17 putri Piala Yuni Kartika. Sedangkan untuk U-19 putra memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susi Susanti untuk putri U-19.

BACA JUGA