Persiapan mengikuti Ekiden

Infografik persiapan mengikuti Ekiden.
Infografik persiapan mengikuti Ekiden. | Gary /Beritagar.id

Ekiden atau Relay Marathon merupakan lomba lari estafet jarak jauh yang diikuti sejumlah pelari yang tergabung dalam sebuah tim. Lomba lari ini berasal dari Jepang.

Jarak tempuh yang jauh mewajibkan Anda untuk melakukan berbagai persiapan agar dapat mengikuti dan menyelesaikan perlombaan dengan baik. Jika Anda tertarik mengikuti Relay Marathon, berikut beberapa persiapan yang wajib Anda lakukan.

Mempersiapkan peralatan lari yang nyaman

Tim Relay Marathon umumnya beranggotakan 4 orang pelari dan masing-masing pelari dapat menempuh jarak hingga 10 km. Karena jarak tempuhnya cukup jauh, sangat penting untuk menyiapkan peralatan lari yang memadai. Gunakan pakaian yang nyaman dan cepat kering serta sepatu lari yang memadai.

Persiapan fisik dan stamina

Agar dapat menyelesaikan perlombaan dengan baik, Anda perlu mempersiapkan fisik dan stamina secara matang. Anda dapat membuat porsi latihan yang tertatur sejak jauh hari, misalnya tiga bulan sebelum perlombaan. Bagian tubuh terpenting yang perlu dilatih adalah otot paha, kaki, dan perut. Jangan terlalu memaksakan diri, porsi latihan sebaiknya dimulai dari yang ringan dan ditingkatkan secara bertahap.

Melatih kekompakan dan strategi

Ekiden merupakan lomba lari beregu yang terdiri dari 4 pelari. Agar dapat memenangkan perlombaan, tentu Anda perlu melatih kekompakan dan mempersiapkan strategi yang matang dengan anggota tim. Membuat jadwal latihan rutin bersama dapat membangun kekompakan antar anggota serta dapat menjadi kesempatan untuk menilai kemampuan masing-masing. Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan setiap anggota, Anda dapat menyusun strategi yang sesuai agar tim semakin solid.

Sudah siap mengikuti Relay Marathon? Pada 25 Agustus 2019, ajang Tiket Kudus Relay Marathon (TKRM) akan kembali dilangsungkan setelah sukses digelar tahun lalu. Dapatkan tiket Early Bird diskon 30% mulai 4 Mei pukul 00.00 WIB hingga 31 Mei 2019 pukul 23.59 WIB melalui tautan https://www.tiket.com/promo/TKRM2019.

Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan mitra media Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR