LIGA 1 INDONESIA

Persib kembali imbang dan kemenangan bersejarah MU

Bobotoh memberikan dukungan kepada Persib Bandung saat melawan Bali United pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/9) yang berkesudahan 0-0. Saat melawan tuan rumah Persiba Balikpapan akhir pekan lalu, Persib kembali bermain imbang.
Bobotoh memberikan dukungan kepada Persib Bandung saat melawan Bali United pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/9) yang berkesudahan 0-0. Saat melawan tuan rumah Persiba Balikpapan akhir pekan lalu, Persib kembali bermain imbang. | Fahrul Jayadiputra /Antara Foto

Kedatangan Emral Abus menggantikan Djajang "Djanur" Nurdjaman sebagai pelatih Persib Bandung pada akhir Agustus kemarin, sebenarnya diiringi banyak harapan. Pasalnya, di bawah Djanur, prestasi Persib tak kunjung membaik, tertahan di papan tengah klasemen Go-jek Traveloka Liga 1 Indonesia.

Saat pertama kali memimpin pertandingan Maung Bandung, Emral memang sempat membawa Persib menang di kandang Srwijaya FC dengan skor 4-1. Tetapi, setelahnya, tim kebanggaan Kota Bandung dan sekitarnya itu selalu beroleh seri di semua pertandingan.

Terakhir, kala bersua dengan Persiba Balikpapan di Stadion Batakan, Kalimantan Timur pada Minggu (1/10), Persib kembali bermain imbang 2-2. Ini adalah kali keempat Persib meraih hasil seri dari empat pertandingan terakhir, atau ke-12 dari 26 pekan yang telah mereka jalani.

Sebenarnya, di pertandingan terakhir tersebut, Persib sudah lebih dahulu unggul melalui Ezechiel N'Douassel (menit 20'). Namun kartu merah yang diberikan wasit Agus Fauzan Arifin kepada Febri Haryadi (57'), membuyarkan semuanya.

Dalam tempo 5 menit, Persiba mampu membalikkan keadaan lewat gol dari Bryan Cesar Ramadhan (62') dan Marlon Da Silva De Moura (67'). Beruntung Kim Jeffery Kurniawan mampu menyamakan kedudukan di menit 73'.

Hasil ini sangat disesali oleh Emral. Sebab, menurutnya, di tengah pertandingan yang ketat tersebut, kartu merah kepada Febri bakal mempengaruhi hasil akhir. "Andai Febri tidak dapat kartu merah, mungkin target (tiga poin) tercapai," kata Emral, seperti dikutip dari Tempo.co.

Kini Persib untuk sementara masih berada di papan tengah Liga 1, dengan raihan 36 poin. Sedangkan Persiba menempati peringkat 17 (dari 18 tim) dengan 20 poin.

Pada pertandingan akhir pekan kemarin, Madura United (MU) menempel ketat pemuncak liga, Bhayangkara FC. Bertanding ke kandang Persipura Jayapura, tim asuhan Wesley Gomes De Oliviera, itu menang dengan skor tipis, 1-0 lewat gol Dane Milovanovic (28').

Hasil ini cukup mengejutkan. Sebab, sejauh ini Persipura belum pernah kalah di kandang sendiri. Hasil terburuk mereka di Stadion Mandala adalah imbang, yakni kala melawan Gresik United, Perseru Serui, Persib, dan PSM Makassar.

Keganasan Persipura ini pun diakui oleh Gomes. Gomes mengatakan, dalam pertandingan tersebut, para pemain MU harus berusaha keras menahan gempuran tim "Mutiara Hitam" yang menguasai jalannya permainan.

Kalaupun para pemain Persipura tak mampu mencetak gol, hal itu dikarenakan disiplin dari MU. Hal inilah, berdasarkan keterangan Gomes kepada Antara, yang menjadi kunci kemenangan timnya di Jayapura.

"Kebersamaan tim luar biasa. Kita bisa lihat di lapangan mereka berjuang mati-matian menjaga lawan. Tak gampang menjaga pemain Persipura. Jadi itu yang buat kita menang," ucap Gomes.

Dengan hasil tersebut, kini MU mengkoleksi 51 poin (peringkat 3), atau tertinggal 5 angka dari Bhayangkara FC. Sedangkan Persipura tertahan di posisi 5 dengan 47 poin.

Sedangkan pada Sabtu (30/9), Persija Jakarta mampu menghantam PS TNI dengan skor telak, 4-1. Keempat gol Macan Kemayoran itu dibuat oleh Fitra Ridwan (13'), M. Rezaldi Hehanusa (41'), Rudi Widodo (71'), dan Novri Setiawan (83'). Sedangkan gol semata wayang PS TNI diciptakan oleh Sansan Fauzi Huseini di menit 21'.

Hasil yang bagus untuk tantang Sriwijaya FC pekan depan. Go #Persija ???? . #PersijaDay #PersijaJakarta

A post shared by Persija Jakarta (@persijajkt) on

Kemenangan telak juga dibukukan Persela Lamongan yang menang 7-1 atas Gresik United. Hasil ini disambut gembira sang pelatih, Aji Santoso.

"Saya berterima kasih pada pemain yang telah menunjukkan semangat tinggi di lapangan dan tidak menganggap enteng siapa pun lawannya," katanya, seperti dikutip dari Tribunnews.

Memang, bila melihat periode terjadinya gol, meski telah unggul 3-1 di babak pertama, Persela tetap ngotot di di paruh kedua. Mereka mampu mencuri 3 gol lagi setelah jeda pertandingan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR