PIALA PRESIDEN 2018

Persija makin percaya diri hadapi musim baru

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) menyerahkan piala kepada pemain Persija Jakarta Bambang Pamungkas (kedua kiri) dan Ismed Sofyan (tengah) usai laga final Piala Presiden 2018 melawan Bali United di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). Persija berhasil menjadi juara setelah menang 3-0.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) menyerahkan piala kepada pemain Persija Jakarta Bambang Pamungkas (kedua kiri) dan Ismed Sofyan (tengah) usai laga final Piala Presiden 2018 melawan Bali United di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). Persija berhasil menjadi juara setelah menang 3-0. | Akbar Nugroho Gumay /Antara Foto

Macan Kemayoran mengaum keras dan memperingatkan para lawan untuk lebih berhati-hati saat menghadapi mereka ketika musim baru Liga 1 dimulai pada 10 Maret mendatang.

Pada Sabtu malam (17/2/2018), Ismed Sofyan dan kawan-kawan berhasil membawa pulang Piala Presiden 2018. Turnamen pramusim tersebut mereka juarai dengan cara amat meyakinkan, melibas Bali United 3-0 pada partai final yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Striker anyar Macan Kemayoran nan tajam, Marko Simic, mencetak dua gol dalam pertandingan tersebut. Pertama melalui sundulannya pada menit ke-20 meneruskan bola tendangan bebas Rezaldi Hehanusa.

Gol kedua striker asal Kroasia itu tampaknya bakal lama diingat oleh para penggemar sepak bola, khususnya suporter Persija, The Jakmania. Simic melakukan tendangan salto dan menjaringkan bola setelah mendapat umpan lambung dari Rohit Chand.

Novri Setiawan memastikan kemenangan Persija pada menit ke-63 melalui tendangan kerasnya setelah menerima operan bola dari Rohit.

Sepertinya inilah trofi terpenting yang berhasil direbut Persija dalam 17 tahun terakhir, usai menjuarai Liga Indonesia pada 2001. Piala Presiden 2018 juga merupakan turnamen pramusim kedua yang dijuarai Persija tahun ini setelah mengangkat trofi Boost Sports Super Fix Cup yang berlangsung di Malaysia pada Januari.

Dua trofi pramusim, tentu saja, bakal membantu meningkatkan kepercayaan diri pasukan asuhan Stefano "Teco" Cugurra menghadapi liga musim depan. Musim lalu Persija menempati peringkat keempat

Teco, pelatih asal Brasil yang menangani Persija sejak Desember 2016, mengakui bahwa para pemainnya kini lebih percaya diri.

"Kami punya pramusim bagus dan waktu kami main di Malaysia lawan Ratchaburi dan Kelantan--dua tim punya kualitas bagus, tapi kami bisa angkat piala di sana. Di Piala Presiden pemain juga sudah bisa kompak dan sudah bagus," tutur Teco usai kemenangan di SUGBK, dikutip Goal.com.

"Sekarang, kami harus fokus Piala AFC dulu, akan ada Tampines [Rovers] yang datang ke sini, ke rumah kita, harus fokus bisa ambil tiga poin."

Pada pertandingan pertama Piala AFC, Persija kalah 0-3 dari tuan rumah Johor Darul Takzim di Stadion Tan Sri Dato Hassan Yunos, Johor, Rabu (14/2). Saat itu Teco menurunkan sebagian besar pemain cadangan untuk mengistirahatkan pemain inti guna menghadapi final Piala Presiden ini.

Teco, yang masuk menggantikan M Zein Al Hadad, mengaku kini telah lebih mengenal karakter dan kemampuan anggota pasukannya, sehingga bisa mempersiapkan kesebelasan yang lebih kuat. Selain itu, para pemain asing yang baru, menurutnya, sudah semakin beradaptasi dengan rekan setim dan sepak bola Indonesia.

Optimisme yang sama diutarakan kapten tim Ismed Sofyan.

"Ini modal bagus buat menjelang kompetisi, artinya kami ada kepercayaan diri di kompetisi 2018 nanti. Saya berharap semua pemain bisa konsisten dan fokus di setiap pertandingan karena kompetisi ini panjang, kami ada liga, ada AFC, jadi saya rasa pemain butuh ekstra untuk fokus dan konsentrasi," tutur sang pemain belakang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut di SUGBK, tampak tak bisa menyembunyikan kegembiraannya menyambut kemenangan Persija.

"Mudah-mudahan ini menjadi pembuka babak baru, untuk era kemenangan Persija terus ke depannya," harap Anies, dikutip Indosport. "Dan (dengan gelar ini) semua warga Jakarta bangga, The Jakmania semua bahagia. Setelah penantian panjang, hari ini terbayar lunas."

Anies tak menjawab pertanyaan para wartawan mengenai apakah dengan kemenangan ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal segera merealisasikan pembangunan stadion baru untuk menjadi markas Macan Kemayoran.

Namun dalam keterangan tertulis yang dikirimkan kepada detikcom, Gubernur Jakarta tersebut mengisyaratkan pembangunan stadion, yang juga menjadi salah satu janji kampanye Anies dan Sandiaga Uno itu, akan dilakukan.

"Persija telah mengembalikan kebahagiaan lewat kemenangan. Selamat untuk kemenangan ini. Kami semakin bangga dengan Persija. Akan terus dukung Persija, termasuk segera siapkan stadion," tulis Anies.

Gelar terbaik Simic

Pesepak bola Persija Jakarta Marco Simic (kanan) melakukan tendangan salto untuk mencetak gol kedua pada pertandingan final Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2).
Pesepak bola Persija Jakarta Marco Simic (kanan) melakukan tendangan salto untuk mencetak gol kedua pada pertandingan final Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2). | Wahyu Putro A /Antara Foto

Piala Presiden 2018 juga menjadi ajang pembuktian Simic. Ia menunjukkan bahwa tak sia-sia Macan Kemayoran memboyongnya dari Melaka United FA.

Striker berusia 30 tahun yang menandatangani kontrak dua musim itu mencetak 11 gol di Piala Presiden, menyamai rekor Cristian Gonzales saat membawa Arema FC juara tahun lalu.

Jumlah gol tersebut membuat Simic memuncaki daftar pencetak gol terbanyak dan merebut sepatu emas. Ia juga dipilih sebagai Pemain Terbaik Piala Presiden 2018. Dua gelar tambahan itu membuatnya mengantongi total hadiah Rp350 juta.

"Ini merupakan momen terbaik dalam karier. Saya bangga, terima kasih kepada tim, pelatih, dan rekan pemain. Ini merupakan kebanggaan buat Persija dan Jakarta. Gelar ini juga saya persembahkan untuk keluarga yang menyempatkan hadir," kata Simic dalam konferensi pers sesuai pertandingan.

Pemain lain Persija yang juga bersinar sepanjang turnamen adalah bek sayap kiri Rezaldi Hehanusa. Ia pun dipilih sebagai Pemain Muda Terbaik dan mendapat hadiah Rp100 juta.

Bek sayap berusia 22 tahun yang juga dipercaya pelatih Luis Milla untuk menempati posisi yang sama di tim nasional Indonesia tersebut menyatakan penghargaan yang diraihnya itu akan menjadi dorongan untuk berkembang lebih baik lagi.

"Saya tidak mau puas dengan capaian saat ini saya ingin tetap bekerja keras dan terus berlatih lagi," kata Rezaldi kepada Kumparan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR