LIGA CHAMPIONS ASIA

Persija menang, Persija dipuji

Para pemain Persija tengah merayakan kemenangan mereka atas Home United dalam babak  penyisihan pertama Liga Champions Asia 2019 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (5/2/2019) malam WIB. Persija menang 3-1.
Para pemain Persija tengah merayakan kemenangan mereka atas Home United dalam babak penyisihan pertama Liga Champions Asia 2019 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (5/2/2019) malam WIB. Persija menang 3-1. | Persija Jakarta

Persija Jakarta memperoleh hasil apik dalam penyisihan pertama Liga Champions Asia 2019. Bertanding di kandang Home United di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (5/2/2019) malam WIB, Macan Kemayoran menang dengan skor 3-1.

Sejumlah pihak pun memberi pujian bagi tim asuhan pelatih Ivan Kolev tersebut. "Saya hanya bersama tim selama tiga minggu, tapi menemukan bagaimana mereka sudah memiliki cara bermain yang luar biasa," ucap Kolev dalam detikcom.

Sanjungan bukan hanya dari Kolev. Pujian pun datang dari eks-pemain Home United, yang kini berprofesi pundit di sejumlah media olahraga, khususnya Fox Sport Asia, Rhysh Roshan Rai.

"Serangan balik yang indah dari Persija untuk kembali memperoleh keunggulan: cepat dan tepat. Dengan memiliki Riko (Simanjuntak), Anda selalu memiliki cara untuk membongkar (pertahanan lawan)," ucap Roshan dalam akun Twitter-nya.

Riko memang menjadi salah satu pemain yang menonjol dalam laga semalam. Mantan pemain Semen Padang tersebut berhasil membuat dua assists untuk gol Beto Goncalves dan Marko Simic.

Pada laga tersebut, gol Persija dibuat oleh bunuh diri Ho Wai Loon pada menit kesembilan. Lantas, Home United menyamakan kedudukan pada menit ke-43 via sepakan gelandang asal Korea Selatan, Song Ui-young.

Pada babak kedua, Persija tampil lebih menjanjikan. Hasilnya, Beto berhasil mengembalikan keunggulan tim tamu pada menit ke-54 sebelum dipertajam oleh Simic enam menit sebelum waktu normal babak kedua habis.

Penampilan Persija ini juga mendapat pujian dari Fox Sport Asia. Mereka memuji cara bermain Persija. Menurut mereka, sejak awal laga Persija terlihat ingin mengambil inisiatif serangan dan melakukan dominasi pada penguasaan bola.

Kondisi itu, masih dipertahankan hingga pertandingan akhir. "Macan Kemayoran mendapatkan hasil dengan memimpin kala pertandingan baru berjalan 10 menit," tulis Fox Sport Asia. "Tim asal Indonesia itu melanjutkan dominasi hingga laga berakhir."

Sejak awal pertandingan dimulai, Persija seolah "tak berniat" bermain bertahan. Pasalnya, Kolev menggunakan formasi bertipe menyerang 4-3-3 meski bermain di kandang lawan.

Di lini depan, pos penyerang diisi oleh trio Simic, Beto, dan Riko. Sedangkan lini tengah, ditempati Ramdani Lestaluhu, Fitra Ridwan, dan Sandi Darma Sute. Komposisi ini ditempuh Kolev demi ritme serangan.

Bahkan, walau kebobolan menjelang babak pertama berakhir, Kolev justru memasukkan pemain bertipe menyerang pada babak kedua. Semua pemain tengah diganti dengan para pemain bertipe menyerang, yakni Yan Nasadit, Tony Sucipto, dan Septinus Alua.

Dua nama pertama disebut, berposisi sebagai gelandang serang. Walhasil, lini serang Persija nampak cukup menjanjikan walau mereka kerap dalam tekanan Home United.

Dan, satu lagi pemain Persija yang tampil cukup apik. Dia adalah kiper Andritany Ardhiyasa. Kiper berusia 27 tahun tersebut bermain cakap dengan menghalau tembakan para pemain Home United yang diinisiasi oleh Song Ui-young.

Dengan hasil ini, Persija pun membayar kekalahan mereka pada babak semifinal Zona Asean Piala AFC 2018. Saat itu, mereka tunduk dengan agregat 3-6. "Kekalahan musim lalu seperti tidak membuat mereka terpengaruh," kata Kolev dalam Goal Indonesia.

Keberhasilan mengalahkan Home United ini membuat Persija selanjutnya tandang ke Australia untuk menghadapi Newcastle Jets di Stadion Newcastle International Sports Centre pada pekan depan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR