Piala Presiden 2017, menunggu Jokowi hingga aturan main

Hasil pengundian grup Piala Presiden 2017 di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (24/1/2017).
Hasil pengundian grup Piala Presiden 2017 di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (24/1/2017). | Hedi Novianto /Beritagar.id

Hingga dua kali jumpa pers, jadwal detail Piala Presiden 2017 belum bisa diketahui. Direktur Event Management PSSI, Erlangga Arya, mengatakan jadwal lengkap masih menunggu konfirmasi dari istana presiden.

Maklum, ini adalah turnamen yang menggunakan tajuk presiden. Artinya, menurut Erlangga, seluruh prosesi kegiatan akan disesuaikan dengan agenda Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Itu sebabnya panitia pelaksana yang kebetulan langsung dari organik PSSI baru mengetahui bahwa Piala Presiden 2017 akan dimulai pada 4 Februari mendatang, bukan pada akhir Januari seperti rumor yang beredar.

Namun belum bisa diketahui pula di mana partai pembukaan dan final bakal digelar. Semua masih menunggu konfirmasi pihak istana lantaran Presiden Jokowi dijadwalkan hadir pada partai awal dan penutup.

"Kami tentu berusaha semaksimal mungkin agar turnamen ini berjalan lancar, apalagi membawa nama presiden. Jadi panitia pelaksana akan bekerja maksimal dengan dukungan semua pihak berkepentingan," ujar Erlangga dalam jumpa pers pasca pengundian grup di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (24/1/2017).

Hasil undian grup

Piala Presiden 2017 bakal diikuti 20 klub, dua di antaranya adalah klub Liga 2 (Divisi Utama) PSCS Cilacap dan PSS Sleman. Mereka terbagi ke dalam lima grup berisi empat klub.

Sementara dasar penunjukkan PSCS dan PSS menjadi peserta adalah status mereka sebagai juara dan runner-up turnamen Indonesia Soccer Championship B 2016.

Sedangkan pertandingan bakal digelar di lima kota sehingga lima klub menjadi tuan rumah. Lima kota itu adalah Bangkalan (Madura), Gianyar (Bali), Malang (Jawa Timur), Sleman (DI Yogyakarta), dan Bandung (Jawa Barat).

Apa dasar pemilihan lima kota itu? Erlangga menjelaskan bahwa pemilihan didasari pada kesiapan menggelar Piala Presiden.

"Bukan soal apakah venue di luar lima kota ini tidak bagus, tapi pemilihan didasari lima kota ini bisa mempersiapkan segala sesuatu dalam waktu cepat karena memang waktu menuju Piala Presiden 2017 tidak lama," imbuh Erlangga.

  • Grup 1: PSS Sleman, Persipura Jayapura, Mitra Kukar, Persegres Gresik United.
  • Grup 2: Arema FC, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, PS TNI.
  • Grup 3: Persib Bandung. PSM Makassar, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan.
  • Grup 4: Bali United, Sriwijaya FC, Pusamania Borneo FC, Barito Putera.
  • Grup 5: Madura United, Semen Padang, Perseru Serui, PSCS Cilacap.

Seluruh klub di dalam grup akan saling bertemu (setengah kompetisi). Kemudian babak 8 Besar akan diikuti seluruh juara grup dan tiga runners-up terbaik.

Mulai semifinal, menurut siaran pers yang diterima para jurnalis, pertandingan bakal digelar dengan sistem kandang-tandang (home-away). Namun panitia pelaksana belum memutuskan di mana venue-nya.

Seluruh pertandingan bakal disiarkan oleh dua stasiun televisi milik Grup Emtek (Elang Mahkota Teknologi), SCTV dan Indosiar. Dua stasiun itu akan menayangkan langsung secara bergantian setiap hari.

Indosiar akan menyiarkan pada pukul 15.00 WIB dan SCTV menayangkan pada pukul 18.30 alias pada jam utama (prime time). Mulai perempat final, semua laga bakal ditayangkan pada jam utama di Indosiar.

Para penggemar juga bisa menyaksikan semua laga melalui pengaliran daring (online streaming) di laman Bola.com dan Vidio.com. Adapun Liputan6.com yang juga bagian dari Grup Emtek akan menyediakan informasi terbaru nan rutin soal Piala Presiden 2017.

Harsiwi Achmad, Direktur Surya Citra Media (SCM), dalam jumpa jurnalis mengatakan ini adalah keterlibatan kedua di Piala Presiden. Bahkan kali ini Emtek melibatkan SCTV setelah hanya menyiarkan Piala Presiden 2015 di Indosiar.

"Saat kami menayangkan di Indosiar, ternyata animo penonton cukup besar. Separuh penonton televisi di Indonesia pada satu hari menyaksikan final Piala Presiden 2015. Ketika itu average audience mencapai 16, jadi saya yakin kali ini dalam situasi PSSI sudah normal bakal lebih meriah," ujar Harsiwi.

Perwakilan 20 klub peserta Piala Presiden 2017 berpose bersama Erlangga Arya dari PSSI (4 dari kiri depan), Harsiwi Achmad sebagai Direktur SCM (5 dari kiri depan), dan Goesnawan sebagai Managing Director PT. Torabika  Eka Semesta (enam dari kanan) di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (24/1/2017).
Perwakilan 20 klub peserta Piala Presiden 2017 berpose bersama Erlangga Arya dari PSSI (4 dari kiri depan), Harsiwi Achmad sebagai Direktur SCM (5 dari kiri depan), dan Goesnawan sebagai Managing Director PT. Torabika Eka Semesta (enam dari kanan) di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (24/1/2017). | Hedi Novianto /Beritagar.id

Berapa besar uang yang terlibat?

Secara umum, uang yang bisa diperoleh klub peserta tak berbeda dengan edisi Piala Presiden 2015. Pada edisi itu, Persib Bandung sebagai juara mendapat hadiah uang Rp3 miliar.

Angka serupa juga berlaku untuk juara Piala Presiden 2017. Adapun runner-up akan memperoleh Rp2 miliar, kemudian klub peringkat ketiga mendapat Rp1 miliar, dan klub posisi empat mengantongi Rp500 juta.

Namun Erlangga tidak mengungkap berapa hadiah uang untuk pencetak gol terbanyak (top scorer), pemain terbaik, dan bahkan wasit terbaik. Pada edisi 2015 (h/t Indosport) yang dijalankan oleh Mahaka Sport, pemain terbaik mendapat Rp200 juta dan pencetak gol terbanyak menerima Rp100 juta.

Kemudian pada edisi 2015 pula, seluruh klub pada penyisihan grup mendapat uang tampil (match fee) Rp500 juta dan biaya transportasi Rp100 juta. Sedangkan pada delapan besar, klub menerima Rp250 juta dan biaya transportasi yang sama.

"Pada Piala Presiden 2017, tuan rumah tetap mendapat Rp500 juta. Mereka bakal menanggung akomodasi dan transportasi tiga klub dalam grupnya. Namun kami masih membahas apakah dana itu perlu ditambah," kata Erlangga.

Menunggu aturan main

Selain jadwal, panitia pelaksana belum menetapkan aturan main turnamen ini --terutama soal regulasi pemain. Sekretaris Jenderal PSSI, Ade Wellington, dalam jumpa pers pertama pada Jumat (20/1) mengatakan regulasi pemain asing bakal menggunakan aturan Liga 1; yaitu 2+1 pemain asal Asia.

Artinya, Piala Presiden 2017 akan menjadi simulasi rencana aturan pemain untuk Liga 1 (nama pengganti Indonesia Super League/ISL). Namun menurut Erlangga, kepastian soal itu masih digodok dalam pembicaraan dengan 20 klub peserta alias belum pasti.

Yang jelas, lanjut Erlangga, apapun aturan nanti akan diterapkan sama kepada 20 klub --termasuk dua klub dari Liga 2. "Jadi misalkan nanti akan dibuka keran lima pemain asing, ya PSS dan PSCS juga bisa melakukannya. Tapi ini masih dibahas," tambahnya.

Manajer Madura United, Haruna Soemitro, mengatakan bahwa selayaknya Piala Presiden 2017 tidak perlu menggunakan rencana aturan Liga 1. Sebagai turnamen pramusim, ajang ini pantas dijadikan sarana klub untuk menyeleksi pemain asing sebanyak mungkin.

"Aturan pemain asing 2+1 itu mengemuka di Kongres PSSI lalu dan sudah disampaikan kepada 18 klub Liga 1. Namun hingga sekarang belum ada keputusan, jadi ya dibuat fleksibel saja. Dibuat terbuka saja karena tujuan Piala Presiden 2017 adalah demi persiapan tim menuju kompetisi liga," tutur Haruna.

Namun demikian, Haruna memastikan Madura United siap mengikuti Piala Presiden 2017. Apalagi mereka dipercaya menjadi tuan rumah sehingga harus menjaga kehormatan ini.

Sedangkan Sriwijaya FC berharap aturan pemain asing mengikuti 3+1 ala AFC. Namun Sekretaris Sriwijaya Faisal Mursyid memahami keinginan PSSI untuk menerapkan 2+1.

"Tentu nilai sponsor bakal berbeda antara aturan pemain asing 3+1 dan 2+1. Namun kami paham ini demi kepentingan tim nasional untuk keperluan SEA Games dan Asian Games. Kami mendukung sepenuhnya," ujar Faisal yang membidik gelar juara setelah hanya menjadi runner-up pada 2015.

Di sisi lain, Persipura punya sikap berbeda. Media Officer Persipura Bento Madubun mengatakan tim Mutiara Hitam tidak sepenuhnya bergantung pada pemain asing.

Bento menyatakan apapun simulasi regulasi di Piala Presiden 2017 jangan sampai berbeda dengan aturan untuk Liga 1. "Jadi harus ada ketegasan dan kejelasan," katanya.

Piala Presiden 2017 akan ditangani langsung oleh PSSI. Artinya, panitia pelaksana adalah orang-orang pilihan PSSI yang bakal bekerja sama dengan panitia lokal di tiap lima kota.

BACA JUGA