PIALA DUNIA 2018

Prancis, luar biasa!

Kapten Hugo Lloris mengangkat trofi Piala Dunia di tengah rekan setimnya yang bergembira setelah Prancis menang 4-2 atas Kroasia pada final di Stadion Luzhniki, Moskow (15/7/2018).
Kapten Hugo Lloris mengangkat trofi Piala Dunia di tengah rekan setimnya yang bergembira setelah Prancis menang 4-2 atas Kroasia pada final di Stadion Luzhniki, Moskow (15/7/2018). | Facundo Arrizabalaga /EPA-EFE

Magnifique! Luar biasa! Komentar tersebut bermunculan usai berlangsungnya final Piala Dunia 2018.

Inilah salah satu final paling seru dan produktif--juga kontroversial--dalam sejarah Piala Dunia. Prancis keluar sebagai pemenangnya setelah menaklukkan Kroasia 4-2 pada laga penutup Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018).

Terakhir kali enam gol tercipta dalam laga final terjadi ketika Inggris menjuarai Piala Dunia 1966, mengalahkan Jerman Barat juga dengan skor 4-2. Itupun setelah melalui perpanjangan waktu karena mereka imbang 2-2 pada 90 menit.

Sementara di Rusia, Les Bleus, yang dipenuhi para pemain muda, hanya butuh waktu 90 menit untuk memastikan merebut trofi kedua Piala Dunia dalam sejarah mereka setelah 1998 ketika menjadi tuan rumah.

Berbagai hal yang terjadi dalam laga final ini seperti menjadi rangkuman dari semua peristiwa yang terjadi sejak Piala Dunia Rusia 2018 dimulai pada 14 Juni. Beberapa sejarah baru juga tercipta malam itu.

Skor dibuka dengan sebuah gol bunuh diri dari striker Kroasia, Mario Mandzukic, yang menyundul masuk bola tendangan bebas Antoine Griezmann ke gawangnya sendiri pada menit ke-18. Itu adalah gol bunuh diri pertama yang terjadi dalam pertandingan final sepanjang sejarah Piala Dunia.

Lalu ada gol bantuan Video Assistant Referee (VAR) yang juga pertama kali terjadi di final Piala Dunia. Pada menit ke-38, setelah mengecek rekaman VAR, wasit Nestor Pitana menyatakan tangan Ivan Perisic menyentuh bola di kotak penalti dan menunjuk titik putih.

Banyak pengamat yang yakin tangan Perisic tak aktif saat bola menyentuhnya sehingga penalti seharusnya tak diberikan. Namun wasit berkuasa di lapangan.

VAR untuk pertama kalinya digunakan dalam Piala Dunia. Kehadirannya mengundang pro dan kontra. Ada yang menyatakan membantu wasit membuat keputusan yang adil, tak sedikit yang menyatakan keberadaan VAR menghilangkan "misteri" dari sepak bola itu sendiri.

Griezmann menjadi algojo dan Prancis kembali unggul, 2-1, setelah Perisic sempat menyamakan skor melalui tendangan kaki kirinya pada menit ke-28.

Tampak tak ingin disebut menang atas bantuan wasit, Prancis bermain lebih atraktif pada babak kedua dan gol-gol indah pun tercipta.

Paul Pogba membuktikan ia bisa menendang bola sama baiknya dengan kaki kiri maupun kanan. Bola sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti bisa diblok bek Domagoj Vida namun bola memantul kembali pada Pogba yang kemudian menendangnya dengan kaki kiri melewati kiper Danijel Subasic pada menit ke-59.

Kylian Mbappe kemudian menunjukkan mengapa ia kini dipandang sebagai calon superstar berikutnya dalam dunia sepak bola. Mirip seperti gol Pogba, pemain Paris Saint-Germain itu menendang bola menyusuri tanah dari luar kotak penalti untuk membawa Prancis unggul 4-1 pada menit ke-65.

Mbappe menambah perbendaharaan golnya menjadi 4 gol sepanjang di Rusia, sama dengan Griezmann. Dalam usia 19 tahun 207 hari, ia menjadi pemain termuda kedua setelah Pele (17 tahun 249 hari) yang bisa mencetak gol di final Piala Dunia.

Kesalahan kiper Hugo Lloris membuat Kroasia membuka sedikit peluang untuk Kroasia. Kapten Prancis itu memainkan bola terlalu lama di kotak penalti, membuat Mandzukic punya waktu untuk memotong bola sepakannya dan memantulkannya ke gawang. Skor berubah menjadi 4-2.

Prancis lalu bertahan dan tambahan waktu empat menit tak cukup bagi Kroasia untuk membuat keajaiban.

Pasukan Didier Deschamps pun berlompatan gembira begitu peluit panjang berbunyi mengakhiri pertandingan.

Hujan deras yang kemudian mengguyur Moskow tak menyurutkan kegembiraan pasukan Les Bleus ketika satu persatu maju untuk menerima medali emas, lalu mengangkat trofi yang telah mereka impikan.

Rekor Deschamps

Deschamps, kapten timnas Prancis saat menjuarai Piala Dunia 1998, mencatatkan rekor. Pelatih berusia 49 tahun itu menjadi orang ketiga yang bisa mengangkat Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih setelah Mario Zagallo dari Brasil dan legenda Jerman, Franz Beckenbauer.

Kemenangan ini, kata Deschamps, bukanlah tentang dirinya karena para pemainlah yang memenangi pertandingan.

"Ini adalah sebuah tim muda, yang berada di puncak dunia. Beberapa menjadi juara dalam usia 19 tahun," kata Deschamps, dikutip BBC.

"Kami tidak menampilkan permainan indah tetapi kami menunjukkan kualitas mental. Lagipula kami juga mencetak empat gol. ...Kami bangga menjadi orang Prancis, menjadi Bleus," sambungnya.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic menyatakan ia tidak menyalahkan wasit soal penalti yang diderita timnya, meski ia yakin seharusnya Prancis tak mendapatkan penalti tersebut.

"Selamat kepada Prancis untuk gelar juara mereka. Kami bermain bagus pada 20 menit awal, kami mengontrol pertandingan. Kemudian ada gol bunuh diri dari sebuah set play. Kami bangkit, mendominasi dan kemudian penalti dijatuhkan," papar Dalic.

Ia lalu mengucapkan selamat kepada para pemain Kroasia karena saat menghadapi Prancis telah menampilkan permainan terbaik mereka dalam turnamen ini.

"Kami mengontrol tetapi kami kemasukan. Melawan tim sekuat Prancis, Anda tidak boleh melakukan kesalahan. Kami agak sedih tetapi kami harus tetap bangga dengan apa yang telah kami lakukan," pungkas Dalic.

Mbappe terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2018, sementara kapten Kroasia, Luka Modric, bisa sedikit terhibur dengan Bola Emas yang didapatnya sebagai Pemain Terbaik Piala Dunia 2018.

Striker Inggris Harry Kane berhak atas Sepatu Emas setelah memuncaki daftar pencetak gol terbanyak dengan enam gol. Kiper Belgia, Thibaut Courtois, dianugerahi Sarung Tangan Emas.

Piala Dunia berikutnya pada 2022 akan berlangsung di Qatar, sebuah negara kaya di Timur Tengah.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR