PIALA INDONESIA

PSM juara Piala Indonesia, turnamen terlama di dunia

Para pemain dan ofisial PSM Makassar bersorak usai keluar sebagai juara Piala Indonesia 2019, di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (6/8/2019). PSM juara setelah mengalahkan Persija Jakarta 2-1 secara agregat
Para pemain dan ofisial PSM Makassar bersorak usai keluar sebagai juara Piala Indonesia 2019, di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (6/8/2019). PSM juara setelah mengalahkan Persija Jakarta 2-1 secara agregat | Abriawan Abhe /Antara Foto

Turnamen sepak bola terlama di dunia, Piala Indonesia, akhirnya selesai. PSM Makassar menjadi juara setelah mengalahkan Persija Jakarta 2-1 secara agregat.

PSM kalah 0-1 dari Persija pada final leg pertama di Jakarta pada 21 Juli lalu. Sementara kemarin (6/8/2019) di di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, "Juku Eja" unggul 2-0 dalam leg kedua.

Tampil di depan publiknya sendiri, PSM langsung menggebrak dengan mencetak gol pada menit keempat. Bola penjuru Wiljan Pluim berhasil disundul Aaron Evans ke gawang Persija.

Gol itu memicu kepercayaan diri PSM dan membuat Persija berada dalam tekanan hebat. Bahkan kiper Persija Andritany Ardhiyasa harus melakukan penyelamatan dua kali beruntun agar PSM tak lekas meraih gol susulan.

Upaya Persija untuk mengejar ketinggalan diganggu kartu merah untuk Sandi Sute pada menit ke-32. Kartu merah dari kartu kuning kedua itu diraih Sandi usai melanggar Pluim.

Pelatih Persija, Julio Banuelos, menarik keluar penyerang Bruno Matos dan menggantinya dengan pemain belakang Maman Abdurahman. Maman mengisi celah yang ditinggalkan Sandi.

Namun, upaya Banuelos gagal. PSM berhasil memperbesar keunggulan saat babak kedua baru berlangsung dua menit. Kembali gol sundulan tercipta ketika Zulham Zamrun menyambar bola penjuru Evans.

Persija yang kerap berada di bawah tekanan karena kalah jumlah pemain, baru bisa mendapat peluang dalam 20 menit akhir. Misalnya tembakan penyerang gaek Bambang "BP" Pamungkas pada menit ke-80 yang diblok pemain PSM dan bola sundulan striker Marko Simic yang dimentahkan kiper PSM Rivky Mokodompit dua menit berselang.

"Selamat atas PSM. Ini pertandingan di mana kedua tim tampil menyerang, tampil baik dan semua mencari kemenangan. Dan sangat disayangkan kartu merah yang terlalu cepat," ujar Banuelos dilansir laman Liga Indonesia.

BP sebagai pemain senior pun memberi ucapan selamat. Ia menilai ini gelar juara yang pantas untuk PSM.

Bagi PSM, ini adalah penutup puasa gelar selama 19 tahun. Mereka meraih trofi kampiun terdahulu ketika menjuarai Divisi Utama Liga Indonesia musim 1999-2000.

"Saya bangga bisa menjadi bagian dari PSM yang akhirnya kembali juara setelah 19 tahun menunggu. Sukses ini merupakan keberhasilan seluruh elemen tim dan suporter PSM," kata pelatih PSM, Darije Kalezic dalam jumpa pers yang ditulis Bola.com.

Sapu bersih penghargaan

PSM bukan cuma juara. Mereka memenangi hadiah uang total Rp3,8 miliar dan menyapu seluruh penghargaan individu, serta mengantongi tiket untuk berlaga di kompetisi regional AFC Cup pada 2020.

Zulham Zamrun memborong dua gelar sekaligus; top scorer dan pemain terbaik. Ia menjadi top scorer dengan 10 gol bersama pemain Persebaya Surabaya, Amido Balde.

Sementara gelar pemain terbaik diraih Zulham dengan menyisihkan lima kandidat lain; Tony Sucipto, Riko Simanjuntak, Ismed Sofyan, Rahmat, dan Rasyid Bakrie.

Sedangkan gelar pemain muda terbaik diraih pemain PSM Asnawi Mangkualam. Anggota skuat timnas junior Indonesia ini menyisihkan dua pemain Borneo FC, Terens Puhiri dan Abrizal Umanailo.

Zulham dan Asnawi mendapat hadiah uang masing-masing Rp75 juta.

Laga PSM versus Persija ini adalah partai tunda setelah jadwal terdahulu pada Minggu (28/7) di Makassar batal digelar karena tim tamu meragukan keamanan dan keselamatannya. Persija meminta jadwal baru karena bus mereka sempat diserang sejumlah suporter PSM usai berlatih di stadion sehari sebelum pertandingan.

PSSI kemudian menetapkan jadwal baru pada Selasa (6/8) dan PSM tetap harus menjadi tuan rumah di Stadion Andi Mattalatta. Jadwal baru ini pun menegaskan betapa Piala Indonesia adalah turnamen yang akrab dengan jadwal tunda.

Turnamen Piala Indonesia dimulai pada 8 Mei 2018 dan dijadwalkan selesai pada 7 Juli 2019. Namun faktanya, pertandingan demi pertandingan harus ditunda.

Setidaknya, turnamen yang diikuti oleh 128 tim dari Liga 1 hingga Liga 3 ini sudah berlangsung selama lebih dari 426 hari. Tak ada turnamen single lain di dunia yang berlangsung selama satu tahun lebih.

Tidak heran, Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria menyambut gembira selesainya turnamen ini. "Pertandingan berjalan lancar dan sangat baik dari sisi penyelenggaraan," kata Tisha dipetik BolaSport.com.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR