LIGA 1 INDONESIA

PSM kembali ke puncak klasemen, Persib resmi tersisih

Pemain PSM Makassar, Abdul Rahman (kiri), berupaya meloloskan diri dari kepungan para pemain Bali United dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (25/11/2018). PSM menang 4-0 (2-0).
Pemain PSM Makassar, Abdul Rahman (kiri), berupaya meloloskan diri dari kepungan para pemain Bali United dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (25/11/2018). PSM menang 4-0 (2-0). | Abriawan Abhe /Antara Foto

Persija Jakarta harus rela kembali ke peringkat kedua Liga 1 Indonesia. Posisi puncak yang didudukinya selama 24 jam sejak Sabtu (24/11/2018), kini harus diserahkan kembali kepada PSM Makassar.

PSM adalah pemimpin klasemen, tapi digusur Persija selepas mengalahkan Sriwijaya FC 3-2. Namun, pada Minggu (25/11), PSM berhasil kembali ke puncak klasemen setelah mengalahkan Bali United 4-0.

Setelah 32 pekan, PSM memimpin klasemen dengan nilai 57. Sementara Persija menguntit di belakangnya dengan perbedaan satu poin.

Bermain di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, PSM menguasai penuh pertandingan. Tidak heran, gol pun mengalir rutin.

Zulham Zamrun membuka kemenangan pada menit ke-10. Lantas Marc Klok menggandakan keunggulan dari titik penalti pada menit ke-39 setelah dirinya dilanggar kiper Wawan Hendrawan di daerah terlarang.

Bali United berusaha mengejar ketinggalan. Tapi stamina mereka tak cukup mumpuni untuk melakukan itu. Apalagi tiga peluang mereka selalu berhasil digagalkan kiper PSM, Hilman Syah.

Karena keasyikan menyerang dan stamina yang sudah melorot, pertahanan Bali United pun menyisakan lubang. Hanya dalam enam menit terakhir, gawang mereka kebobolan dua gol lagi.

Pada menit ke-84, Ferdinand Sinaga meneruskan operan dari Rizky Pellu di sayap kiri dengan elegan. Lalu pada menit ke-90, Ferdinand kembali mengelabui Wawan setelah menyundul bola kiriman M Rachmat di kotak penalti.

Menurut Kapten tim Abdul Rahman, kemenangan ini tak lepas dari kerja keras seluruh pemain dan berkat arahan pelatih Rene Robert Alberts.

"Saya tidak tahu harus bilang apa lagi dengan kemenangan kami hari ini. Pastinya kami sudah bekerja sangat keras, semua pemain memperlihatkan perjuangannya," kata Rahman dalam laman Liga 1.

Alberts pun setuju dengan sang kapten. "Pemain menunjukkan sikap dan militansi untuk memenangi pertandingan penting tadi. Saya berharap hal seperti ini kembali terlihat pada dua laga sisa," ujar pelatih asal Belanda ini dikutip Bola.com.

Kemenangan ini memang penting bagi PSM. Menyisakan dua laga, Juku Eja -- julukan PSM -- kini hanya bersaing dengan Persija.

Persib Bandung pun terlempar dari persaingan setelah PSM menang. Persib yang berada di posisi tiga dengan nilai 50 tak mungkin bisa mengejar poin PSM karena andai memenangi dua laga sisa pun koleksi nilainya hanya 56. Padahal PSM kini punya 57 poin.

Kebetulan, Persib sudah mengibarkan bendera putih tanda menyerah setelah hanya bisa bermain 2-2 dengan tim papan bawah Perseru Serui pada Jumat (23/11).

Kemenangan bagi PSM bukan cuma mendekatkan mereka dengan gelar juara. Ini adalah kemenangan pertama mereka atas Bali United.

Sejak 2017, PSM tiga kali kalah dari Bali United dan bahkan tanpa mencetak satu pun gol. Masing-masing 0-3 pada 23 Juli 2017, 0-1 pada 6 November 2017, dan 0-2 pada 11 Juli 2018.

Kemenangan 4-0 juga skor terbesar yang pernah diraih PSM pada Liga 1 Indonesia. Sebelum ini, kemenangan terbesar mereka adalah 4-2 atas Persipura Jayapura.

Selain itu , kemenangan terbaru ini disertai dengan catatan cleansheet alias tidak kebobolan. Ini adalah perbaikan menakjubkan karena PSM kebobolan 10 gol dalam empat partai sebelum melawan Bali United.

Alhasil, Alberts pun memuji sang kiper debutan. "Hilman Syah menunjukkan kemampuannya sebagai kiper berbakat. Dia berkali-kali melakukan aksi penting untuk menyelamatkan gawang PSM dari kebobolan. Ini sangat fenomenal buat kiper yang baru pertama kali tampil di Liga 1 musim ini," katanya..

Setelah ini, Minggu (2/12), PSM akan bertandang ke Jakarta untuk menghadapi tuan rumah PS Bhayangkara. Sedangkan Persija memainkan laga pada Sabtu (1/12) dengan menantang Bali United di Gianyar, Bali.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR