Rio Haryanto resmi ke F1 bersama Manor Racing

Rio Haryanto (tengah) berpose untuk para jurnalis seusai jumpa pers di Gedung Pertamax, kantor pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (18/2/2016)
Rio Haryanto (tengah) berpose untuk para jurnalis seusai jumpa pers di Gedung Pertamax, kantor pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (18/2/2016) | Hedi Novianto /Beritagar.id

Untuk pertama kali sepanjang sejarah, Indonesia memiliki pebalap Formula Satu (F1), ajang balap satu kursi (single seater) paling prestisius di dunia. Kamis (18/2/0216), tim Manor Racing mengumumkan perekrutan Rio Haryanto (23) sebagai salah seorang pebalapnya pada musim 2016. Rio akan menemani pebalap pemula lain (rookie), Pascal Werhlein, dari Jerman.

Manor mengumumkan perekrutan itu melalui laman Facebook serta Twitter, bukan web resminya. "Manor Racing memilih Rio Haryanto untuk menahkodai mobil kedua. Dia melengkapi barisan muda nan beringas kami pada 2016," demikian petikan pernyataan tim asal Inggris tersebut.

Dengan demikian Rio menjadi pebalap ke-22 atau pebalap terakhir yang diumumkan untuk musim balap 2016. "Dia punya bakat, potensi, dan yang terutama adalah dukungan penuh dari pemerintah Indonesia," ujar Dave Ryan, Racing Director Manor, lewat sambungan Skype pada jumpa pers di Gedung Pertamax, kantor pusat Pertamina, Jakarta, Kamis sore.

Manajer Rio, Piers Hunnisett, dalam jumpa pers mengatakan pebalap kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, itu adalah pay driver. Artinya Rio harus membayar "uang mahar" kepada Manor. Tetapi Hunnisett tak menyebut berapa total uang yang harus disetor kepada Manor.

Sementara Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communications PT Pertamina, mengatakan pihaknya menyediakan dana total sebesar EUR5 juta (sekitar Rp75 miliar). Artinya Pertamina tetap sponsor utama Rio yang telah dilakukan sejak 2010 saat berkarir di jenjang GP3 Series.

"Kami sudah setor EUR2 juta dan sesuai perjanjian akan melunasi sisanya setelah tiga balapan pertama. Yang pasti, Rio akan membalap untuk Manor Racing semusim penuh," katanya kepada para jurnalis seraya membantah kabar bahwa Rio akan membalap hanya maksimal tujuh seri.

Kepastian Rio masuk ke F1 ini disambut puji syukur. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, deputi Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah, dan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto senada menyampaikan ungkapan syukur.

"Ini pelajaran penting bagi kita semua bahwa apabila berusaha sekuat tenaga pasti cita-cita tercapai. Rio adalah bukti yang bisa dicontoh anak-anak Indonesia. Kepada Rio, saya titip bendera merah putih dan saya yakin merah putih bisa berdiri sejajar dengan bendera-bendera lain di dunia," ujar Imam.

Menpora Imam Nahrawi (ketiga dari kiri) menyerahkan bendera merah putih kepada Rio Haryanto (ketiga dari kanan) pada jumpa pers di Gedung Pertamax, kantor pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (18/2/2016)
Menpora Imam Nahrawi (ketiga dari kiri) menyerahkan bendera merah putih kepada Rio Haryanto (ketiga dari kanan) pada jumpa pers di Gedung Pertamax, kantor pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (18/2/2016) | Yudhi Mahatma /Antara Foto

Rio mengaku siap membawa harum nama Indonesia. Rio, yang musim lalu masuk lima besar GP2 usai menjuarai tiga seri balapan, mengaku lega setelah ditetapkan menjadi pebalap Manor Racing. Hunnisett mengatakan Rio menanti kabar krusial itu selama dua hari terakhir.

"Ini kabar menggembirakan. Terima kasih kepada dukungan yang luar biasa dari semua pihak. Terima kasih kepada Pertamina, pemerintah, media, dan masyarakat," kata bungsu dari tiga pria bersaudara ini.

Besok, Jumat (19/2), Rio akan bertolak ke Barcelona, Spanyol, untuk bersiap melakukan tes pramusim resmi di Sirkuit Catalunya. Tes pramusim yang akan diikuti seluruh tim F1 2016 (11 tim) akan berlangsung pada 22-25 Februari.

"Setelah itu saya ada break (libur) lima hari dan kemudian kembali ke Barcelona untuk tes kedua pramusim pada 1-4 Maret. Saya tak sabar untuk memulai balapan perdana di Melbourne (Australia) pada 20 Maret nanti," imbuh Rio.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR