LIGA CHAMPIONS

Ronaldo memang obat mujarab bagi Juventus

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo merayakan gol keduanya ke gawang Atletico Madrid dalam leg kedua 16 Besar Liga Champions di Stadion Allianz, Turin, Italia, Rabu (13/3/2019) dini hari WIB. Ronaldo akhirnya mencetak hat-trick demi kemenangan 3-0.
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo merayakan gol keduanya ke gawang Atletico Madrid dalam leg kedua 16 Besar Liga Champions di Stadion Allianz, Turin, Italia, Rabu (13/3/2019) dini hari WIB. Ronaldo akhirnya mencetak hat-trick demi kemenangan 3-0. | Alessandro Di Marco /EPA-EFE

Tidak salah Juventus merekrut Cristiano Ronaldo pada musim panas tahun lalu. Pemain terbaik dunia lima kali ini menjadi obat mujarab Juventus di ajang Liga Champions.

Kalah 0-2 dari Atletico Madrid pada leg pertama 16 besar bulan lalu, Juventus membalas 3-0 dalam leg kedua di Stadion Allianz, Turin, Italia, Rabu (13/3/2019) dini hari WIB.

Tiga gol diborong langsung oleh Ronaldo; masing-masing pada menit ke-27, 48, dan 68 (penalti). Bagi Juventus ini catatan hebat, tapi bagi Ronaldo ini adalah rutinitas.

Hat-trick bukan barang baru bagi Ronaldo. Bahkan pemain asal Portugal ini sebelumnya tiga kali melakukan hat-trick ke gawang Atletico --semua bersama Real Madrid.

Jadi total sudah empat kali ia mencetak hat-trick ke gawang Atletico. Dua di antaranya adalah di ajang Liga Champions, termasuk yang pertama pada 2 Mei 2017. Total ia sudah mencetak 27 gol dalam 33 pertandingan melawan Atletico.

Dan kembali kali ini Ronaldo menyisihkan Atletico sehingga Juventus lolos ke perempat final dengan skor agregat 3-2. Tiga gol ini sekaligus menghentikan rekor tidak kebobolan Atletico dalam empat laga Liga Champions --rekor pertama tim asuhan Diego Simeone yang langsung dipatahkan Ronaldo.

Pemain 34 tahun ini pun begitu lega karena mampu memenuhi ekspektasi Juventus saat merekrutnya. Apalagi, Ronaldo juga sekarang menjadi "raja" gol Juventus pada laga kandang di ajang Liga Champions.

"Juventus merekrut saya untuk membantu mereka (di ajang Liga Champions) dan saya senang kami menikmati malam magis ini," katanya dikutip Marca.

Aksi hat-trick Ronaldo dini hari tadi pun membuat pundi golnya di pentas Liga Champions menjadi 126. Ia meneruskan rekor pemain pertama yang mampu mencapai 125 gol.

Dari 125 gol tersebut, 62 gol di antaranya dicetak pada fase gugur (knockout round). Menurut catatan UEFA, jumlah itu jauh di atas koleksi Lionel Messi (Barcelona) yang "baru" mencetak 40 gol pada fase gugur.

Namun soal jumlah hat-trick selama bermain dalam Liga Champions, Ronaldo dan Messi berbagi catatan yang sama -- delapan kali. Dan hanya mereka berdua yang melakukannya karena rekor di bawahnya hanya maksimal tiga kali hat-trick.

Kini patut dinanti apakah Ronaldo mampu membawa Juventus ke puncak juara seperti dirinya tiga kali juara bersama Real Madrid. Namun, jalan menuju ke sana pun masih relatif jauh karena mesti melalui perempat final, semifinal, dan final --atau 5 laga.

"(Kemenangan setelah kalah pada leg pertama) ini adalah mentalitas Liga Champions. Kami belum juara, tapi ini adalah modal kebanggaan dan kami berada di trek yang benar," tukas Ronaldo.

Pesta gol City

Ronaldo sadar perjalanan menuju juara tentu tak mudah. Apalagi lawan pada fase berikut nanti pasti akan diikuti oleh tim-tim elite Eropa, termasuk Manchester City.

Klub juara Liga Inggris (EPL) itu juga melaju ke perempat final dengan kemenangan agregat 10-2. Setelah menang 3-2 di kandang Schalke 04 bulan lalu, City menghajar klub dari Jerman itu 7-0 di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, dini hari tadi.

Tujuh gol dicetak oleh Sergio Aguero (dua kali, satu dari titik penalti), Leroy Sane, Danilo, Raheem Sterling, Oleksandr Zinchenko, Bernardo Silva, Phil Foden, dan Gabriel Jesus. Bagi Schalke, ini adalah kekalahan terbesar yang pernah diterima klub Jerman sepanjang sejarah mengikuti Liga Champions.

Bagaimana City melakukannya? Sane mengatakan City berhasil memanfaatkan ruang di antara pemain Schalke.

"Kami bermain bagus. Kami cukup kompak sejak awal dan tahu bagaimana menemukan ruang untuk mencetak gol," katanya kepada BT Sport (h/t Manchester Evening News).

Juventus dan City menjadi tim terbaru yang mengantongi tiket perempat final Liga Champions. Empat klub pertama adalah Ajax Amsterdam, Manchester United, FC Porto dan Tottenham Hotspur.

Dua tiket lainnya masih diperebutkan oleh Barcelona vs. Olympique Lyon dan Bayern Munich vs. Liverpool pada dini hari nanti. Sedangkan UEFA akan mengundi perempat final di Nyon, Swiss, Jumat (15/3).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR