PIALA AFC

Saat Bali United mementingkan Piala Presiden

Pemain Bali United Hanis Sagara Putra (tengah) berusaha melewati dua pemain Yangon United dalam pertandingan Grup G Piala AFC 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (13/2/2018).
Pemain Bali United Hanis Sagara Putra (tengah) berusaha melewati dua pemain Yangon United dalam pertandingan Grup G Piala AFC 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (13/2/2018). | Nyoman Budhiana /Antara Foto

Keputusan pelatih Widido C. Putro untuk menurunkan para pemain lapis kedua dalam partai perdana Bali United (BU) pada Grup G Piala AFC berbuah petaka. Selasa (13/2/2018), BU dipermalukan Yangon United 1-3 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Yangon, klub asal Myanmar, mencetak tiga gol dalam kurun 25 menit. Gol pertama dicetak Emmanuel Ikechukwu pada menit 15 setelah menerima operan dari Min Kyaw Khant.

Berselang tiga menit, Sekou Syllla menggandakan keunggulan Yangon setelah bola silang Maung Maung Lwin disundul ke dalam gawang I Made Wardhana. Sementara pada menit 25, giliran umpan Emmanuel diselesaikan Sylla.

BU kemudian baru bisa mencetak satu gol hiburan menjelang turun minum. Gol terjadi berkat kemelut di depan gawang Yangon dan dicetak oleh kapten I Gede Sukadana.

Yangon bermain lebih efektif dan dengan pola permainan yang jelas. Mereka menunggu BU menyerang dan kemudian merebut bola untuk memukul balik secara cepat.

Pasukan Myo Min Tun pun selalu melancarkan serangan melalui sayap. Seluruh gol dibangun dari serangan balik melalui lebar lapangan.

Ironisnya, BU seperti tak siap menjalani pertandingan ini. Mereka memang "melepas" laga perdana ini dengan alasan mementingkan Piala Presiden 2018.

Tidak heran Widodo hanya menurunkan para pemain cadangan pada laga tersebut. Selain kiper I Made Wardana; deretan pemain cadangan yang dimainkan sejak menit awal (starter) antara lain Yandi Sofyan Munawar, Feby Eka Putra, dan Agus Nova.

Ironisnya, pemain asing Kevin Brands yang dipercaya tampil mendampingi para pemain lapis kedua justru tampil melempem. Pemain 29 tahun ini sama sekali gagal menunjukkan mutunya sebagai andalan, termasuk tendangan penaltinya yang gagal menemui sasaran.

BU memang mementingkan Piala Presiden yang sudah memasuki semifinal. Bahkan laga melawan Sriwijaya FC (SFC) pada leg kedua semifinal bakal berlangsung di stadion yang sama hari ini (14/2).

Menurut Widodo, prioritas pada Piala Presiden adalah pesan pemilik klub. BU tinggal selangkah lagi untuk mencatat prestasi dan itu dibutuhkan klub berumur tiga tahun ini.

BU akan menghadapi SFC dengan kekuatan penuh untuk memaksimalkan kandang sendiri setelah menahan 0-0 di Palembang, Minggu (11/2).

Widodo tetap kecewa melihat timnya kalah dari Yangon di kandang sendiri. Pelatih 47 tahun ini pun menilai para pemain seharusnya siap untuk bermain kapan saja, apapun kondisinya bila ingin memetik hasil maksimal.

Widodo menyebut ada kesan para pemain kurang fokus dan konsentrasi. "Saya minta tolong setiap individu pemain menyiapkan diri baik fisik dan lain-lain. Paling tidak, konsentrasi dan fokus dalam kondisi apapun," katanya dikutip Goal Indonesia.

Namun gelandang Bali United, Sutanto Tan, mengatakan seluruh pemain sudah berusaha maksimal dalam pertandingan tersebut. Bahkan para pemain disebutnya sudah menjalankan arahan pelatih dan berkonsentrasi.

Pendekatan BU sebenarnya sama dengan sikap Persija Jakarta yang sudah memastikan diri lolos ke final Piala Presiden. Persija meninggalkan sejumlah pemain teras, termasuk penyerang tajam Marko Simic, untuk melawat ke Johor Darul Ta'zim demi laga Grup H Piala AFC di Malaysia hari ini (14/2).

Mementingkan Piala Presiden pun seolah kebalikan dari pernyataan pelatih Stefano "Teco" Cugurra. Pekan lalu, pelatih asal Brasil ini menyatakan Piala AFC sebagai laga resmi lebih penting dari pada Piala Presiden yang hanya turnamen pramusim.

Di sisi lain, pelatih Min Tun tak peduli kemenangan diraih atas tim lapis kedua BU. Min Tun pun menilai BU tetap berkualitas, terutama saat menyerang.

"Mungkin saja kami mendapat keuntungan dari lapis kedua yang diturunkan Bali United," tutur Min Tun dalam Viva.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR