PIALA INDONESIA

Sambutan semenjana untuk 64 Besar Piala Indonesia

Para pemain Persija Jakarta merayakan gelar juara Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (9/12/2018). Persija tak bisa berpesta terlalu lama karena harus bersiap untuk Piala Indonesia.
Para pemain Persija Jakarta merayakan gelar juara Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (9/12/2018). Persija tak bisa berpesta terlalu lama karena harus bersiap untuk Piala Indonesia. | Akbar Nugroho Gumay /Antara Foto

Persija Jakarta tak bisa berpesta terlalu lama. Juara Liga 1 2018 ini harus bersiap untuk melakoni 64 Besar atau fase kedua Piala Indonesia dengan menghadapi Bogor FC, Rabu (12/12/2018).

Ini memang anomali. Kompetisi liga sudah berakhir, tapi masih ada kompetisi lain yang masih bergulir -- bahkan fasenya pun masih awal.

Pelatih Persija, Stefano "Teco" Cugurra, pun menilai momen Piala Indonesia kurang tepat karena tidak digelar beriringan dengan Liga 1. Praktik normal di banyak negara memang menggelarnya secara simultan dalam satu musim.

"Kalender pertandingan tahun ini tidak terlalu bagus. Mungkin banyak pemain yang hilang konsentrasi," ucap Teco dikutip Tempo.co seusai mengalahkan Mitra Kukar dalam laga pamungkas Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (9/12).

Teco pun kesulitan berkonsentrasi. Para pemain Persija pun sebagian meminta libur sebelum bertolak ke Gianyar, Bali, untuk menghadapi Bogor FC dalam Zona 3.

Kesulitan. Hanya itu yang dihadapi para klub Liga 1 menyambut 64 Besar Piala Indonesia. Persija masih beruntung karena tampil tiga hari setelah memainkan partai terakhir Liga 1.

PS Tira, yang baru mengamankan tiket aman berkat kemenangan 3-1 atas tuan rumah Borneo FC di Samarinda (Kalimantan Timur) dalam Liga 1 pada Minggu (9/12), bahkan langsung bermain melawan PSIM Yogyakarta dalam Zona 4 di Bantul pada hari ini, Selasa (11/12).

Itu sebabnya, PS Tira yang baru memulai laga saat artikel ini diterbitkan, mengalami kelelahan hebat. Asisten pelatih PS Tira, Maruzar Nasution, mengatakan bakal menurunkan para pemain pelapis karena sejumlah pilar terkendala fisik dan stamina.

PSIM pun senada. Dalam Goal Indonesia, pelatih Bona Simanjuntak menegaskan para pemain utama yang sempat mengarungi Liga 2 tak akan main karena habis kontrak. PSIM sekarang hanya memiliki 16 pemain.

"Kondisi fisik pemain menurun setelah diliburkan, itu terlihat dalam uji coba beberapa hari lalu. Saya hanya berharap pemain tampil enjoy dan menikmati pertandingan," katanya.

Selain soal jadwal yang terlalu berdekatan dan setelah Liga 1 berakhir, ada pula kendala lain. PSM Makassar, runners up Liga 1, misalnya, tak akan bisa menurunkan empat pemain asingnya karena liburan Natal dan Tahun Baru sehingga pulang ke negara masing-masing.

Dilansir Tribun-Timur.com, Senin (10/12); PSM tidak akan diperkuat Marc Klok, William Jan Pluim, Steven Paulle, dan Alessandro Ferreira saat melawat ke kandang Persiter Ternate pada Sabtu (22/12).

Pelatih Robert Rene Alberts mengatakan para pemain asing memang tidak direncanakan bermain dalam Piala Indonesia. Pelatih asal Belanda ini mengatakan Piala Indonesia tak ada dalam kalender PSSI dan hanya akan dijadikan ajang latihan PSM.

"Saya tentu akan tetap meminta agar pemain bisa menang di turnamen itu (Piala Indonesia 2018)," ujar Robert.

Resmi atau tidak resmi, kenyataannya Piala Indonesia adalah turnamen yang sangat besar karena melibatkan seluruh klub dari tiga divisi kompetisi sepak bola di negeri ini. Konsepnya mirip Piala FA di Inggris, turnamen antarklub tertua di dunia.

Kalender Piala Indonesia yang tidak seiring dengan Liga 1 serta Liga 2 dan Liga 3 tak lepas dari keraguan pada awal. Wacana bergulir sejak akhir 2017 dan baru bisa diketok pada 2018 -- saat kompetisi Liga 1 berjalan.

Fase 64 Besar dipecah menjadi delapan zona yang masing-masing berisi empat klub dari wilayah berdekatan. Pertandingan digelar satu kali, di kandang tim divisi lebih rendah.

Dari fase 64 Besar, sejauh ini sudah ada lima klub Liga 1 yang lolos ke 32 Besar. Mereka adalah Persib Bandung, Arema FC, PSIS Semarang, Madura United, dan Borneo FC.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR