LA LIGA SPANYOL

Santi Cazorla ganggu laju kebangkitan Madrid

Pemain Villarreal, Santi Cazorla (kiri), berusaha melepaskan diri dari kawalan pemain Real Madrid, Luka Modric, dalam pertandingan La Liga Spanyol di Estadio de la Ceramica, Villarreal, Jumat (4/1/2019) dini hari WIB. Cazorla memborong dua gol untuk bermain 2-2.
Pemain Villarreal, Santi Cazorla (kiri), berusaha melepaskan diri dari kawalan pemain Real Madrid, Luka Modric, dalam pertandingan La Liga Spanyol di Estadio de la Ceramica, Villarreal, Jumat (4/1/2019) dini hari WIB. Cazorla memborong dua gol untuk bermain 2-2. | Domenech Castello /EPA-EFE

Tahun baru semestinya berisi awal yang positif, tapi tidak bagi Real Madrid. Menjalani lanjutan La Liga Spanyol usai jeda Natal dan Tahun Baru, Jumat (4/1/2019) dini hari WIB, Madrid dipaksa bermain imbang 2-2 oleh tuan rumah Villarreal.

Bermain di Estadio de la Ceramica, Villarreal, Madrid tak kuasa menghentikan kehebatan Santi Cazorla yang memborong semua gol tuan rumah. Adapun gol Madrid disumbang oleh dua pemain asal Prancis, Karim Benzema dan Raphael Varane.

Bagi Madrid, hasil 2-2 merupakan gangguan bagi laju kebangkitan mereka bersama pelatih Santiago Solari. Selain hasil imbang pertama dalam empat laga, dua gol Cazorla adalah edisi pertama yang bersarang di gawang Thibaut Courtois setelah tiga laga terdahulu selalu cleansheet.

Madrid pun masih tertahan di posisi empat klasemen La Liga dengan nilai 30. Mereka tertinggal tujuh poin dari rival abadi Barcelona yang menduduki posisi puncak.

Adapun Villarreal menempati posisi 17, hanya unggul produktivitas gol dari Athletic Bilbao yang berada di zona degradasi pertama (urutan 18).

Cazorla langsung menebar ancaman ketika laga baru berlangsung, Pada menit keempat, bekas pemain Arsenal ini sudah mencetak gol.

Namun, tiga menit kemudian, Benzema menyamakan kedudukan melalui sundulan kepala. Lantas pada menit ke-20, Varane membawa Madrid berbalik unggul.

Tetapi kemenangan Madrid di depan mata hilang seketika saat laga tersisa delapan menit. Cazorla mencetak gol keduanya dalam satu laga untuk pertama kali pada La Liga sejak 12 September 2011 ketika membela Malaga.

Cazorla memang tampil gemilang dalam laga ini. Pemain 34 tahun ini begitu bersemangat usai pulih dari cedera otot Achilles selama dua tahun yang membutuhkan 11 kali operasi.

Pelatih Villarreal, Luis Garcia, mengatakan Cazorla adalah pemain fenomenal. Padahal dia jarang bermain pada musim ini akibat pemulihan cederanya.

"Santi begitu fenomenal. Dia tak main dalam dua laga awal saya sebagai pelatih, tapi dia bisa menjadi contoh. Saya pikir dia akan semakin baik," tutur Garcia dalam Football Espana.

Soal hasil imbang ini, Garcia menyatakan menjadi modal berharga bagi timnya untuk menyelamatkan diri dari ancaman degradasi. "Saya membayangkan sejak saat ini semua pertandingan adalah peperangan, semoga kami bisa melaluinya," tukas Garcia yang baru merebut dua poin dari dua laga sejak menggantikan Javi Calleja pada Desember 2018.

Di sisi lain, Madrid tampil loyo. Maklum, mereka hanya punya waktu enam hari untuk beristirahat usai menjuarai turnamen Piala Dunia AntarKlub pada akhir 2018.

Tanda-tanda kelelahan terlihat pada pemain depan Gareth Bale. Pemain asal Wales ini harus berhenti bermain pada masa istirahat akibat cedera betis dan digantikan oleh Isco.

Bale pun menjadi pemain La Liga yang paling sering diganti dalam semua kompetisi musim ini. Jumlah mencapai 15 kali dan seluruhnya akibat cedera.

Praktis Madrid hanya sanggup bermain pada babak pertama. Menurut laporan BBC, mereka tak sanggup menandingi Villarreal selepas turun minum. Beruntung mereka tidak berakhir dengan kekalahan.

Menurut Solari, kehilangan Bale pun membuat ketajaman timnya menurun. Meski demikian, pelatih yang masuk menggantikan Julen Lopetegui pada Oktober 2018 ini mengakui bahwa serangan timnya memang perlu ditingkatkan lagi.

"Saya hanya bisa bilang ini adalah hasil yang cukup fair. Kami ingin menang, tapi Villarreal menekan kami karena bermain di kandang. Mereka juga mengejar poin (demi menghindari degradasi)," kata pelatih 42 tahun ini dikutip The Guardian.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR