PIALA DUNIA 2018

Selamat datang di era Kylian Mbappe

Mbappe tengah mengangkat trofi pemain muda terbaik Piala Dunia 2018, di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Senin (16/7/2018) dini hari WIB.
Mbappe tengah mengangkat trofi pemain muda terbaik Piala Dunia 2018, di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Senin (16/7/2018) dini hari WIB. | Yuri Kochetkov /EPA-EFE

"Welcome to the club, Kylian (Mbappe)." Begitu cuit legenda sepak bola dunia asal Brasil, Pele, beberapa saat setelah Prancis juara Piala Dunia 2018, Minggu (15/7/2018) malam WIB. "Luar biasa rasanya memiliki teman (pemegang rekor)."

Sebelum laga final antara Prancis vs. Kroasia malam itu, hanya ada satu remaja saja yang bisa mencetak gol di laga final kompetisi sepak bola termegah di kolong langit tersebut.

Dia adalah Pele, pencetak gol ketiga dan kelima Brasil saat menghajar tuan rumah Swedia 5-2 pada final Piala Dunia 1958. Kala itu, pemilik nama lengkap Edson Arantes do Nascimento tersebut baru berusia 17 tahun 249 hari.

Kini, capaian yang belum tersentuh lebih dari setengah abad itu telah disamai oleh Kylian Mbappe, penyerang Prancis berdarah Kamerun, Afrika. Golnya pada menit ke-65, membawa Les Bleus unggul 4-1, sebelum diperkecil Mario Mandzukic menjadi 4-2.

"Jika Kylian tetap mampu menyamakan rekor saya lainnya, saya harus membersihkan debu di sepatu (bola) saya lagi," gura Pele. Salah satu rekor Pele yang belum bisa disamai pemain lainnya adalah membawa Brasil tiga kali juara dunia.

Paling tidak, dalam usia 19 tahun 207 hari pada final kemarin, Mbappe sudah mengambil langkah awal untuk mengejar rekor Pele. Dan, bila merujuk pada usia pensiun umumnya pemain sepak bola--sekitar 30 tahun--Mbappe jelas berkesempatan menyamai capaian Pele tadi.

Usia penyerang klub Paris Saint-Germain (PSG) itu baru memasuki usia 32 tahun pada 2030. Jadi, jika karier dan hidupnya berjalan lancar, masih ada tiga Piala Dunia lagi yang bisa diikutinya--2022, 2026, dan 2030.

Ingat, Ronaldo dalam usia 33 tahun saja masih bisa tampil hebat dan mencetak empat gol untuk Portugal di Rusia.

Mbappe memang menjadi sensasi tersendiri selama Piala Dunia 2018 berlangsung. Kemampuannya terlihat lebih dewasa dibanding usianya.

"Mbappe masih berusia 19 tahun, tetapi terkadang dia tampak seperti 35 tahun. Dia terlihat sangat dewasa, mampu mengontrol pertandingan, dan mampu mengambil keputusan dengan baik," ucap Ricardo Izecson dos Santos Leite, alias Kaka, legenda Brasil lainnya, dalam RT.

Cakap menguasai bola, cepat saat adu lari, dan mematikan kala berhadapan dengan penjaga gawang, menjadikan Mbappe sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia 2018. Empat golnya dalam tujuh pertandingan di Rusia, membawa Prancis meraih trofi untuk kali kedua sepanjang sejarah.

"Dia memiliki semua kemampuan pemain sepak bola," kata Vadim Vasilyev, Wakil Presiden klub AS Monaco--klub profesional pertama Mbappe--kepada CNN. "Dia bukan hanya pemain yang sangat baik. Bukan pula sekadar pemain top. Dia adalah fenomena."

Tak salah sepertinya ungkapan Vasilyev. Banyak impian seorang pesepak bola di dunia telah ia raih. Trofi Piala Dunia 2018 adalah yang teranyar. Untuk klub, dalam dua tahun terakhir, ia membantu Monaco dan PSG juara Ligue 1, liga teratas di Prancis.

Menurut Vasilyev, hidup Mbappe memang untuk sepak bola; dari bernafas hingga tidur semuanya tentang sepak bola. "Saat kami menjuarai Liga Prancis dua tahun lalu, anak-anak se-usianya berpesta. Sedangkan Mbappe, hanya pulang ke rumah," katanya.

"Dia sangat berdedikasi pada profesinya dan memiliki semangat kompetisi yang baik. Dia seperti ingin memecahkan segala rekor yang ada."

Dengan segala atribusi di atas, nama Mbappe kini tengah ditautkan dengan Real Madrid. Dikabarkan sejumlah media Spanyol (H/T Daily Star), Madrid menawar Mbappe senilai 88 juta pounds (sekitar Rp1,67 triliun) plus Casemiro.

Namun, dikabarkan PSG juga meminta Isco atau Marco Asensio sebagai alat pembayaran.

Spekulasi itu pun segera dimentahkan Mbappe. Kepada wartawan, usai kemenangan Prancis, ia mengatakan akan menghormati kontraknya dengan PSG.

Mulai 1 Juli 2018, Mbappe resmi menjadi pemain PSG, setelah musim lalu hanya "dipinjam" dari Monaco. PSG, yang mengucurkan dana 180 juta euro untuk meresmikan kepindahan tersebut, mengikatnya hingga 2022.

"Saya memiliki kontrak bersama PSG, dan saya senang dengan tim," ucapnya dalam Metro.co.uk. "Untuk saat ini, transfer tersebut sangatlah mustahil."

Piala Dunia 2018, yang banyak diikuti pemain muda, disebut-sebut menjadi penanda era baru di dunia sepak bola dan Mbappe dipandang sebagai lokomotif perubahan itu.

Kedatangan Mbappe dkk. juga bisa menjadi penanda berakhirnya dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo--ikon sepak bola satu dekade terakhir--sebagai pemain terbaik di dunia.

"Mbappe kini sudah lebih baik dari Messi dan Ronaldo untuk satu hal. Medali Piala Dunia sudah ada di sakunya. Messi dan Ronaldo mengejar medali itu sepanjang kariernya," tulis ESPN.

"Mbappe adalah seorang pemuda di mana Messi dan Ronaldo menyerahkan mahkota mereka kepadanya," kata legenda Inggris dan Manchester United, Rio Ferdinand.

Jadi, selamat datang di era Mbappe.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR