PIALA PRESIDEN 2018

Target juara Persija pada pekan yang sibuk

Pemain Persija Jakarta Arthur Barrios Bonai (kanan) berusaha melewati pemain PSMS Medan Muhammad Roby (kiri) pada pertandingan semifinal leg-2 Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (12/2). Persija menang 1-0.
Pemain Persija Jakarta Arthur Barrios Bonai (kanan) berusaha melewati pemain PSMS Medan Muhammad Roby (kiri) pada pertandingan semifinal leg-2 Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (12/2). Persija menang 1-0. | Mohammad Ayudha /Antara Foto

Persija Jakarta memastikan lolos ke final Piala Presiden 2018 setelah menang 1-0 atas PSMS Medan pada leg kedua semifinal yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (12/2).

Kemenangan tersebut membuat agregat skor menjadi 5-1 karena Macan Kemayoran menang 4-1 pada leg pertama yang berlangsung Sabtu (10/2) di stadion yang sama.

Penyerang Marko Simic, yang mencetak hat-trick pada leg pertama, kembali menjadi penentu kemenangan melalui gol yang dicetaknya pada menit ke-61.

Dengan demikian, penyerang asal Kroasia yang baru dua bulan pindah ke Jakarta dari klub Malaysia Melaka United itu telah mencetak 9 gol di ajang Piala Presiden 2018.

Simic kini berpeluang untuk setidaknya menyamai rekor 11 gol yang dicetak Cristian Gonzales pada turnamen yang sama tahun lalu, jika ia bisa menambah setidaknya 2 gol pada final yang bakal berlangsung Sabtu (17/2) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Kami sangat senang, kami sangat bangga. Tinggal selangkah lagi kami mengambil gelar juara. Kami berharap bisa memenangkan laga final," ujar Simic, dikutip Goal.com

Persija kini menantikan pemenang semifinal kedua antara Bali United dan Sriwijaya FC yang berlangsung Rabu (14/2) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. Leg pertama pertandingan itu berakhir imbang 0-0.

Siapapun yang menjadi lawan di final nanti, Macan Kemayoran sudah mencanangkan target untuk menjadi juara. Demikian ditegaskan manajer tim Gede Widiade kepada Liputan6 (13/2).

Optimisme boleh tinggi, tetapi ada satu masalah yang berpotensi mengganggu target tersebut. Jadwal pertandingan yang padat.

Pada Rabu (14/2) mereka telah ditunggu klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim, untuk pertandingan pertama Grup H Piala AFC 2018 di Stadion Tan Sri Dato Hassan Yunos, Johor Baru, Malaysia.

Oleh karena itulah, hanya dua jam setelah melawan PSMS, para pemain Persija bergegas ke Bandara Adi Sucipto, Solo, untuk terbang ke Jakarta. Sampai di Jakarta, mereka langsung terbang ke Changi, Singapura.

Dari Changi, mereka melanjutkan perjalanan ke Johor menggunakan bus, yang memakan waktu sekitar 1,5 jam. Penerbangan ke Singapura dipilih karena waktu perjalanan Singapura-Johor lebih cepat ketimbang Kuala Lumpur-Johor.

Hal itu bisa dipastikan membuat pelatih Teco mesti putar otak dalam menyusun pemain dan menentukan prioritas agar tak menurunkan para pemain yang kelelahan.

"Kami nanti lihat lagi, mana yang siap buat main lawan Johor. Harus diskusi sama pemain dulu. Tadi yang main di babak kedua, mungkin akan ada yang kita mainkan di Johor," kata Teco dalam konferensi pers usai melawan PSMS Medan, dikutip detikcom.

Menilik berita yang ditulis Kompas.com (13/2), tampaknya Persija lebih memilih untuk memprioritaskan target juara Piala Presiden 2018.

Juru bicara Persija, Eko Romeo Yudhiyono, menyatakan mereka tak membawa beberapa pemain inti, termasuk Simic, Ismed Sofyan, Ramdani Lestaluhu, dan Rohit Chand, ke Johor.

"Mereka harus fit saat laga final nanti dan semuanya sudah siap. Kesempatan final ini tidak akan kami sia-siakan," kata Eko kepada Kompas.com.

Pernyataan tersebut jelas bertentangan dengan ucapan Teco menjelang leg pertama semifinal Piala Presiden.

"Lebih penting Piala AFC. Persija sudah lama tidak main di AFC (kompetisi level Asia) kan? Sudah 16 tahun. Mau tunggu waktu lebih lama lagi? Kalau saya tidak. Saya mau main bagus di Piala AFC," tutur Teco, seperti dikutip CNN Indonesia (4/2).

Selain Johor Darul Ta'zim, Grup H Piala AFC juga dihuni oleh Song Lam Nghe An dari Vietnam dan klub Singapura, Tampines Rovers.

Jadwal pertandingan yang mesti dihadapi Persija itu tampaknya lebih baik ketimbang Bali United.

Pada Selasa (13/2) pasukan Widodo Cahyono Putro itu menjamu Yangon United dari Myanmar dalam pertandingan Grup G Piala AFC 2018 di Stadion Kapten Dipta, Bali. Hanya sehari sebelum menghadapi Sriwijaya FC di stadion yang sama.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR