RINGKASAN SETAHUN

Tiga tokoh terpopuler dalam berita selama Asian Games 2018

Pesta kembang Api saat Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9/2018).
Pesta kembang Api saat Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9/2018). | Akbar Nugroho Gumay /Antara Foto/Inasgoc

Indonesia sukses besar pada ajang Asian Games 2018. Bertindak sebagai tuan rumah, kontingen Merah-Putih mengakhiri pesta olahraga terbesar di Asia itu dengan memperoleh 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Jika ditotal, pada Asian Games edisi ke-18 tersebut, Indonesia berhasil mengumpulkan 98 medali alias terbanyak sejak pertama kali ikut serta pada edisi 1951 di New Delhi, India. Pada akhir kompetisi, Indonesia berada di peringkat empat, melebihi target pemerintah yang hanya mematok delapan besar.

Dengan catatan tersebut, maka tak heran bila Asian Games 2018 menjadi salah satu topik yang paling banyak diproduksi oleh media di Indonesia. Dalam catatan mesin pemantau media daring Beritagar.id, terdapat 206.112 artikel yang mengangkat tema Asian Games selama 2018.

Artinya, dalam sehari, masyarakat dijejali rata-rata 564 berita dalam jaringan (daring) soal Asian Games. Jika dijabari lebih lanjut, ada tiga sosok yang mendominasi pemberitaan seputar Asian Games 2018.

Aji motor emas hari kedua

Pesilat Indonesia Aji Bangkit Pamungkas (kanan) melakukan tendangan ke arah pesilat Singapura Sheik Ferdous Sheik Alauddin (kiri) dalam babak final kelas I putra 85-90 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (27/8/2018). Aji berhasil meraih medali emas berkat kemenangan telak 5-0.
Pesilat Indonesia Aji Bangkit Pamungkas (kanan) melakukan tendangan ke arah pesilat Singapura Sheik Ferdous Sheik Alauddin (kiri) dalam babak final kelas I putra 85-90 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (27/8/2018). Aji berhasil meraih medali emas berkat kemenangan telak 5-0. | Melvinas Priananda /Antara Foto/Inasgoc

Aji Bangkit Pamungkas menjadi lokomotif bagi kontingen pencak silat Indonesia untuk menyapu bersih emas bagi Merah-Putih pada hari kedua pertandingan. Total, pada Senin (27/8/2018), Tim Garuda meraih delapan emas.

Pada sesi pagi (pertama), tim Indonesia berhasil meraih tiga medali emas. Lantas, pada sesi siang hari (kedua),tim menambah lima emas. Pada sesi ini Aji menjadi motor dengan mengalahkan pesilat Singapura, Sheik Ferdous Allaudin, lewat skor telak 5-0.

Kemenangan Aji cukup mengejutkan, apalagi dengan telak. Kelima juror, sebutan untuk juri pencak silat, memberi nilai mutlak kepada Aji; masing-masing 14-8, 13-9, 17-8, 11-8, dan 20-10.

Disebut mengejutkan karena dirinya masih berusia 19 tahun dan tidak dibebankan medali emas serta sudah cukup bagus dengan masuk final. Lantas, Sheik Allaudin adalah juara dunia kelas 85-90 kg dan juara SEA Games.

Warna kehidupan Aji pun cukup menarik. Dia bukan berasal dari keluarga berada. Bapaknya, Agus Widodo, hanya bekerja sebagai penjual air galon isi ulang setelah menjadi kondektur.

Penahbisan ratu wushu

Atlet wushu Indonesia, Lindswell Kwok, menunjukkan medali emas yang diperolehnya dari nomor taijijian putri Asian Games 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018).
Atlet wushu Indonesia, Lindswell Kwok, menunjukkan medali emas yang diperolehnya dari nomor taijijian putri Asian Games 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018). | Akbar Nugroho Gumay /Antara Foto/Inasgoc

Prestasi sepertinya sangat akrab dengan Lindswell Kwok. Pewushu berusia 27 tahun itu sudah lima kali menjadi juara dunia: 2009 (nomor taijiquan), 2013 (taijijian), 2015 (taijijian dan taijiquan), serta 2017 (taijiquan).

Jumlah emas yang sama ia peroleh pada SEA Games. Namun, perjalanan gemilangnya dalam dunia wushu belum lengkap karena belum pernah mendapat emas Asian Games. Saat Asian Games 2014 di Incheon, Korea, Lindswell hanya meraih medali perak.

Dan, penantian itu akhirnya tiba pada 2018. Turun di nomor Taijijian putri dan di hadapan Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Senin (20/8/2018) pagi di Hall B JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Lindwell berhasil meraih nilai tertinggi.

Lindswell berhasil membawa pulang emas setelah mengantongi nilai tertinggi 9,75. Dia mengalahkan Mok Uen Ying Juanita (Hong Kong) yang duduk di tempat kedua dan Wong Agatha Chrystenzen (Filipina) di peringkat ketiga.

Jokowi, dalam akun resmi Faceboook miliknya mengatakan bahwa Lindswell merupakan ratu wushu Asia.

Siapa pengganti Syafruddin

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Komjen Pol Syafruddin mengucapkan sumpah jabatan saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018).
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Komjen Pol Syafruddin mengucapkan sumpah jabatan saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018). | Puspa Perwitasari /Antara Foto

Dalam jenjang kariernya, Komjen Syafruddin tak pernah bertanding di arena Asian Games. Maklum, Syafruddin memang menjalani karier di kepolisian dengan jabatan terakhir sebagai Wakil Kepala Polri.

Namun, ia terlibat sangat lekat dalam Asian Games 2018. Musababnya, lelaki 57 tahun tersebut ditunjuk sebagai Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia.

Saat persiapan Asian Games berjalan, Presiden Jokowi me-reshuffle Asman Abnur sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Tak lama kemudian, Syafruddin mengisi pos Asman.

Pertanyaan yang kemudian timbul adalah, siapa pengganti Syafruddin sebagai Wakapolri? Pada Jumat (17/8/2018), tampak Komjen Ari Dono dan Irjen Arief Sulistyanto berbaris sejajar dalam sebuah galdi resik di Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Belakangan diketahui Ari menjadi Wakapolri dan Arief menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Mabes Polri. Sebelum kedua orang tersebut dilantik oleh Kapolri Tito Karnavian, sejumlah nama beredar untuk mengisi pos Wakapolri.

Salah satunya adalah Irjen Idham Azis yang menjabat Kapolda Metro Jaya. Posisi Idham juga disebutkan akan diisi oleh Irjen Rudy Sufahriadi yang saat ini menjabat Kakor Brimob Polri.

Baik Idham atau Rudy merupakan perwira tinggi Polri yang banyak makan asam garam di pemberantasan terorisme, yaitu di Densus 88/Antiteror.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR