SEPAK BOLA

Timnas U-22 mulai latihan untuk hadapi tiga kejuaraan

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (kedua kanan) memberikan intruksi kepada pemain saat sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/2019).Timnas U-22 yang terdiri dari 38 pemain hasil seleksi menjalani pemusatan latihan untuk persiapan Piala AFF U-22 di Kamboja, Kualifikasi Piala AFC U-23 di Vietnam, dan SEA Games 2019 di Filipina.
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (kedua kanan) memberikan intruksi kepada pemain saat sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/2019).Timnas U-22 yang terdiri dari 38 pemain hasil seleksi menjalani pemusatan latihan untuk persiapan Piala AFF U-22 di Kamboja, Kualifikasi Piala AFC U-23 di Vietnam, dan SEA Games 2019 di Filipina. | Putra Haryo Kurniawan /Antara Foto

Seminggu memasuki tahun baru, para calon anggota tim nasional U-22 telah berkumpul dalam pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Jakarta, Senin (7/1/2019), untuk mulai berlatih menghadapi tiga kejuaraan usia muda yang akan berlangsung sepanjang tahun ini.

Ada tiga turnamen yang bakal mereka hadapi, yakni Piala AFF U-22, kualifikasi Piala AFC U-23 2020, dan Southeast Asian (SEA) Games 2019.

Piala AFF U-22 2019 di Kamboja, 17 Februari-2 Maret, akan menjadi yang pertama dihadapi Garuda Muda asuhan pelatih Indra Sjafri itu. Untuk itu, Indra telah memanggil 38 pemain yang bakal mengikuti seleksi sebelum menentukan siapa yang berhak ikut ke Kamboja.

Untuk menggembleng para pemain muda itu, Indra ditemani oleh dua asisten barunya, yakni Nova Arianto dan Yunan Helmi, serta pelatih kiper, Hendro Kartiko.

Dari 38 pemain yang dipanggil, 33 tampak mengikuti latihan perdana tersebut. Lima pemain, yaitu Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Firza Andika, Ezra Walian, dan Saddil Ramdani, belum bergabung.

Egy (Lechia Gdansk/Polandia), Ezra (RKC Waajwick/Belanda), dan Saddil (Pahang FA/Malaysia) masih menjalani kewajiban mereka di klub masing-masing. Firza baru menjalani percobaan di klub Belgia AFC Tubize dan klub Spanyol UD Alzira.

Belum ada kabar yang jelas soal ketidakhadiran Osvaldo, pemain muda terbaik Liga 1 Indonesia 2018, tetapi kemungkinan ia masih disibukkan negosiasi kontrak dengan klubnya, Persebaya Surabaya.

"Saya senang pada pagi hari ini, hampir 90 persen pemain hadir, hanya ada lima pemain dari klub luar negeri yang tidak datang. Untuk Saddil, ia sedang pemusatan latihan juga di Pahang. Kita lagi komunikasi dengan klubnya," kata Indra dalam situs resmi PSSI.

Pelatih berusia 55 tahun itu memaparkan bahwa latihan akan berlangsung setiap hari hingga Sabtu (12/1) dan kemudian ia akan mengadakan internal game. Pertandingan tersebut akan menentukan siapa yang pantas untuk tetap berada di tim dan siapa yang harus angkat sepatu.

Indra juga tak menutup kemungkinan akan dipanggilnya pemain baru yang tak ada dalam daftar saat ini. "Jadi jangan bilang pemain yang tidak dipanggil pekan ini, tidak akan terpanggil. Karena ada beberapa pemain yang kualitasnya lebih bagus dari yang ada sekarang ini," jelasnya.

Usai latihan perdana itu Indra menilai belum ada pemain yang tampil prima, tetapi ia memaklumi karena mereka tengah menjalani masa libur kompetisi sebelum datang ke Jakarta.

Selain itu, pelatih asal Sumatra Barat itu mengakui bahwa dirinya juga masih beradaptasi dengan para pemain karena sebagian besar adalah wajah-wajah baru. Meski demikian ia menegaskan takkan butuh lama untuk menentukan 23 pemain yang akan dibawanya ke Kamboja.

Setelah tim inti terbentuk, tim pelatih merencanakan dua laga uji coba sebelum mereka berangkat ke Kamboja. Lawan yang dicari adalah satu tim nasional negara di luar Asia Tenggara dan satu klub Liga 1.

Target utama: emas SEA Games 2019

Kejuaraan di Kamboja nanti adalah edisi ketiga dari Piala AFF U-22 (sebelumnya bernama AFF U-23). Turnamen pemain muda ini sempat terbengkalai.

Edisi pertama diselenggarakan pada 2005 di Thailand (dijuarai oleh tuan rumah), sementara edisi kedua yang dijadwalkan di Palembang, Sumatra Selatan, pada 2011 dibatalkan karena renovasi Stadion Gelora Delta Sriwijaya belum selesai pada waktunya.

Kali ini turnamen tersebut kembali diselenggarakan sebagai pemanasan menjelang SEA Games 2019 di Filipina, yang berlangsung 30 November-11 Desember.

PSSI, dikutip Bola.com (5/1), menyatakan bahwa target utama Garuda Muda adalah merebut medali emas SEA Games 2019 dan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020. Sementara Piala AFF U-22 akan dijadikan sebagai ajang persiapan menuju dua target besar tersebut.

Meski tak dibebani target di Kamboja, Indra Sjafri menyatakan bakal memasang target sendiri yang "realistis". Tetapi ia baru akan mengumumkan target itu setelah tim inti terbentuk.

Pada Piala AFF U-22 Indonesia tergabung dalam Grup B bersama Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Myanmar. Sementara di Grup A ada Thailand, Vietnam, Timor Leste, Laos, Filipina, dan Brunei Darussalam. Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan maju ke semifinal.

Sementara pada kualifikasi Piala AFC U-23, 22-26 Maret, Indonesia masuk Grup K bersama tuan rumah Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam. Juara grup dipastikan maju ke putaran final sementara peringkat kedua harus bertarung lagi.

Putaran final Piala AFC U-23 akan berlangsung di Thailand pada 8-26 Januari 2020.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR