Zdenek Zeman curi perhatian Serie A

Arsip foto bertanggal 28 September 2014 menunjukkan Zdenek Zeman saat masih menangani Cagliari. Ahad (19/2/2017), Zeman mencuri perhatian Serie A ketika Pescara diantar menang 5-0 atas Genoa.
Arsip foto bertanggal 28 September 2014 menunjukkan Zdenek Zeman saat masih menangani Cagliari. Ahad (19/2/2017), Zeman mencuri perhatian Serie A ketika Pescara diantar menang 5-0 atas Genoa. | Antonio Calanni /AP Photo

Pescara bukan klub asing bagi Zdenek Zeman, pelatih gaek asal Republik Cek yang sudah karatan di tanah Italia. Ahad (19/2/2017), reuni Zeman dengan Pescara menghasilkan kemenangan 5-0 atas Genoa.

Pelatih 69 tahun itu didatangkan Pescara untuk menggantikan Massimo Oddo yang dipecat pada tengah minggu kemarin. Maklum, Pescara duduk di dasar klasemen Serie A dengan nilai 12 dan dua kemenangan dalam 25 laga.

Kehadiran Zeman, yang pernah membawa Pescara promosi ke Serie A pada 2012 sebelum pindah ke AS Roma, langsung bertuah. Sebelum kehadiran Zeman, Pescara hanya menang sekali --itu pun bersifat "hadiah".

Kemenangan pertama itu terjadi di kandang Sassuolo pada 29 Austus. Ketika itu Pescara sebenarnya menyerah kalah 1-2, tapi kemudian dinyatakan menurunkan pemain tidak sah sehingga kemenangan dialihkan ke Pescara dan skor menjadi 0-3.

Sementara kemenangan di atas lapangan yang pertama tadi malam adalah yang terbesar dalam sejarah Pescara. Terakhir kali mereka menang dengan mencetak 5 gol adalah saat mengalahkan Juventus 5-1 pada Mei 1993.

Boleh jadi kehadiran Zeman menginspirasi para pemain Pescara, seperti disebut media. Pesta gol terjadi sejak menit lima ketika bek Genoa, Lucas Alfonso Orban, mencetak gol bunuh diri.

Hingga turun minum, Pescara unggul 3-0 berkat gol Gianluca Caprari dan Ahmad Benali. Pescara tidak mengendurkan permainan pada babak kedua sehingga Caprari mampu mencetak gol lagi dan ditutup oleh gol Alberto Cerri.

Zeman, yang telah melatih 16 klub Italia dari total 18 klub sejak 1974, mengatakan kehadirannya di Pescara yang kedua kali ini adalah untuk membayar "utang."

Pelatih yang terkenal dengan gaya main menyerang 4-3-3 (Zemanlandia) ini, dalam BBC, mengatakan bahwa utang itu adalah langkahnya meninggalkan Pescara ke Roma sekitar 4 setengah tahun lalu.

Dilansir AFP (h/t Arab News), Zeman mengatakan belum banyak mengubah Pescara peninggalan Oddo. "Saya cuma meletakkan sejumlah dasar. Namun mulai Senin, kami latihan serius...," kata pelatih yang masih merokok ini sembari memberi kode bakal ada latihan fisik nan serius.

Zeman pun menyambut gembira kemenangan besar tadi. Itu membuktikan bahwa para pemainnya cukup fokus dan punya komitmen. "Kami senang karena kemenangan ini menghentikan langkah buruk," ujar Zeman dinukil La Repubblica.

Satu-satunya hal negatif dalam kemenangan Pescara itu adalah minimnya dukungan suporter. Stadion Adriatico yang berkapasitas sekitar 20 ribu penonton hanya diisi oleh sekira 13 ribu penonton.

"Saya akan senang jika mereka hadir di stadion untuk membantu kami. Hari ini, kami meraih kemenangan tanpa mereka, semoga ini bisa meyakinkan mereka," tukas Zeman yang lebih sering menangani klub gurem ini.

Serie A pekan ini seolah hanya punya Pescara sebagai cerita utama. Adapun tujuh klub teratas menjalani bisnis seperti biasa alias menang.

Setelah Juventus meraih kemenangan telak pada Jumat (17/2); AS Roma, Napoli, Inter Milan, Atalanta, Lazio, dan AC Milan tak mau ketinggalan mengamankan angka penuh.

Sejumlah catatan mengiringi kemenangan para tim elite itu. Roma, yang mengalahkan Torino 4-1, untuk kelima kali dalam satu musim Serie A berhasil mencetak minimal 4 gol pada satu laga.

Sedangkan kemenangan 3-1 Napoli di kandang Chievo Verona membuat pasukan Maurizio Sarri tak pernah kalah dalam sedikitnya 14 laga beruntun di Serie A. Ini adalah catatan pertama sejak Januari 2010.

Kemenangan itu juga membuat Marek Hamsik hanya berjarak tiga gol di belakang sang legenda Napoli asal Argentina, Diego Maradona (115 gol). Satu gol Hamsik ke gawang Chievo membuat koleksinya untuk Napoli mencapai 112 gol.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR