10 perusahaan idaman pencari kerja di Indonesia

Ilustrasi logo Unilever
Ilustrasi logo Unilever | LEX VAN LIESHOUT /EPA

Jobplanet.com baru saja merilis hasil riset mengenai perusahaan-perusahaan apa saja yang paling diidamkan oleh para pekerja di Indonesia.

Data yang dihimpun sejak Agustus hingga pertengahan November 2015 dengan mengacu pada analisis data pengguna Jobplanet serta ketertarikan mereka terhadap perusahaan yang terdaftar pada situs tersebut, menunjukkan Pertamina adalah perusahaan yang paling diidamkan oleh para pekerja Indonesia.

Beberapa faktor yang menjadi penilaian antara lain, gaji dan tunjangan, jenjang karier, faktor keseimbangan antara kerja dan kehidupan sosial, budaya dan manajemen perusahaan.

Berikut ini daftar 10 perusahaan yang menjadi tempat idaman para pencari kerja di Indonesia, dari urutan pertama, yakni:

1. PT Pertamina (Persero)

Sebanyak 2.586 pengguna Jobplanet memilih Pertamina karena dinilai memberikan fasilitas serta tunjangan-tunjangan yang menggiurkan untuk para karyawan, termasuk tunjangan kesehatan serta gaji yang tinggi.

2. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)

Sebanyak 2.277 pengguna Jobplanet memilih BRI untuk mengikuti perkembangan perusahaan ini. BRI disukai karena memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia dan banyak memberikan ilmu bagi para karyawannya, selain itu juga gaji dan jenjang karier yang menjanjikan menjadi faktor yang disukai mereka.

3. PT Bank Mandiri Tbk

Berdasarkan penilaian dari 1.872 pengunjung situs itu, Bank Mandiri merupakan tempat terbaik untuk belajar dan memulai karier di bidang perbankan. Suasana kerja di Bank Mandiri dinilai sangat kekeluargaan dan menyenangkan.

Selain memberikan gaji serta tunjangan-tunjangan yang baik, perusahaan juga memberikan kesempatan bagi karyawan untuk berkembang dengan mengadakan program pelatihan, serta memberikan kesempatan promosi bagi karyawan-karyawan berprestasi.

4. PT Bank Central Asia Tbk (BCA)

Sebanyak 1.769 pengunjung situs menilai BCA mampu memberikan tunjangan yang bagus kepada karyawannya dan menjadi perusahaan yang dibanggakan oleh karyawan. Bank swasta terbesar di Indonesia ini juga dinilai sebagai tempat yang baik untuk belajar dan berkembang. Perusahaan juga memberikan kesempatan promosi tanpa memandang senioritas.

5. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Telkom dinilai sebagai perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan karyawan, memiliki suasana kerja yang nyaman namun kompetitif, serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai bagi karyawan. Karena itu sebanyak 1.518 pengguna Jobplanet memberi suara untuk perusahaan ini.

6. PT Chevron Pacific Indonesia

1.234 pengguna menilai perusahaan multinasional yang bergerak di bidang energi ini disukai karena dinilai memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk mengembangkan potensi karirnya melalui beragam pelatihan.

7. PT Unilever Indonesia Tbk

Oleh para karyawannya sendiri, Unilever dinilai memiliki iklim kerja yang profesional, kompetitif, dan adil dalam penilaian kinerja. Sesuai dengan standar kerjanya yang tinggi, perusahaan ini juga memberikan gaji dan tunjangan yang sangat baik, serta memberikan penghargaan yang sesuai dengan kinerja karyawan.

8. PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Perusahaan ini dinilai memberikan asuransi dan jaminan kesehatan yang sangat baik kepada para karyawan dan keluarganya, serta gaji yang baik sesuai dengan jabatan dan kinerja karyawan.

9. PT Astra Honda Motor

Astra Honda Motor dinilai memberikan tunjangan-tunjangan yang sangat bagus bagi karyawannya, termasuk tunjangan transportasi, bonus tahunan, THR, serta jaminan kesehatan. Lingkungan kerja di perusahaan juga dinilai menyenangkan.

10. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI)

BNI dinilai sebagai perusahaan perbankan yang sangat bagus untuk mengawali karir di bidang pelayanan. Selain memberikan gaji yang bagus, perusahaan juga memberikan tunjangan serta bonus bagi karyawan.

Salah satu hal yang menjadi nilai tambah dari perusahaan ini adalah suasana kerjanya yang kondusif serta memberikan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Sebanyak 785 pengguna Jobplanet tertarik dengan BNI.

BACA JUGA