SOROTAN MEDIA

150 Berita klarifikasi hoaks Habibie wafat

Ilustrasi: Jurnalis merekam keterangan Presiden Joko Widodo dan Presiden ketiga RI BJ Habibie usai pertemuan tertutup di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/5/2019).
Ilustrasi: Jurnalis merekam keterangan Presiden Joko Widodo dan Presiden ketiga RI BJ Habibie usai pertemuan tertutup di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/5/2019). | Puspa Perwitasari/WSJ /ANTARA FOTO

Sejak subuh (10/9/2019) kabar presiden ke-3 RI Baharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia, viral di media sosial. Informasi tanpa sumber yang jelas itu, megundang reaksi media daring untuk melakukan verifikasi.

Setidaknya hingga siang ini tak kurang 150 berita media daring memastikan informasi tentang wafatnya Habibie adalah hoaks.

Sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, mengkonfirmasi bahwa Habibie sedang menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto oleh tim dokter kepresidenan.

Ringkasan

  • Beredarnya isu Presiden ketiga Republik Indonesia Baharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia, pada Selasa dinihari, dipastikan merupakan berita bohong (hoaks) atau tidak benar.
  • Habibie tengah menjalani perawatan intensif di ruangan CICU lantai 2, Gedung Utama RSPAD sejak Senin 2 September lalu.
  • Saat ini Habibie dalam kondisi sadar dan bisa mendengar perkataan orang di sekitarnya.
  • Sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, mengonfirmasi bahwa Habibie sedang menjalani perawatan intensif oleh tim dokter kepresidenan.
  • Namun Rubijanto belum mau menerangkan penyakit apa yang sedang dialami Habibie, dia hanya menginformasikan bahwa Habibie belum bisa dijenguk.
  • Mewakili keluarga besar Habibie, ia memohon doa agar Habibie segera diberi kesembuhan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 37 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 26 pemberitaan. selanjutnya republika.co.id dengan 5 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 11:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 11:00 WIB dengan total 27 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 25422 interaksi, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 5238 interaksi. Selanjutnya antaranews.com dengan 2805 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR